Jumat, 26 April 2024

Podcast IWITA & Wedding Batak Exhibition



Sejarah dan Asal Usul Batak 

Kita semua pasti mengenal orang batak baik di lingkungan rumah, sekolah maupun pekerjaan. Ternyata suku batak ini punya sejarah. Berdasarkan buku sejarah karya Giyanto nenek moyang suku batak yang biasa disebut sebagai melayu tua. Awalnya kelompok Proto Melayu berasal dari Asia Selatan, lalu bermigrasi ke Indonesia melalui pulau Sumatra lewat Semenanjung Malaya.


Setelah sampai di pulau Sumatera, kelompok tersebut menetap di sekitar Danau Toba Sumatera Utara. Kemudian kelompok tersebut membuat pemukiman di Sianjur. Kemudian seiring berjalannya waktu berkembang dan menyebar ke wilayah sekitarnya. Asal usul dan sejarah suku batak memang banyak versi katena minimnya catatan sejarah. 




Wedding Batak Exhibition 

Wedding Batak Exhibition bertujuan mempromosikan keberagaman budaya batak sebagai Identitas Indonesia. Berikut rangkuman podcast IWITA bersama Hongki Doni Silalahi yang biasa disapa Doni.   

Hongki Doni Silalahi adalah seorang pebisnis muda yang memiliki beberapa bidang bisnis dengan nama brand helaparumaen, diantaranya restoran, souvenir, studio dan songket . Bagaimana kiprahnya di dunia bisnis membawa nama helaparumaen dikenal di Indonesia dia ceritakan saat podcast bersama Martha Simanjuntak. 


Marta Simanjuntak sebagai pendiri IWITA Indonesia Women Awareness atau organisasi perempuan Indonesia tanggap teknologi. 


Doni menceritakan awal mula mengelola akun helaparumaen sehingga bisa besar, awalnya ini adalah akun media sosial, dikelola sejak 6 tahun. Konsepnya membantu calon pengantin mendapatkan informasi tentang vendor MUA, fotografer dan kebaya. Juga sebagai wadah informasi, kemudian berlanjut menjadi the reel vendor. Kemudian Doni membuat akun baru dan followers semakin meningkat hingga 60 ribu. 



Pertama bisnis souvenir tapi saat pandemi ada ide baru membuat studio foto. Buka bulan Agustus, setelah bulan desember buka lagi songket . Tahun 2023 buka lagi restoran, dilanjutkan mengadakan konser musik. 


Helaparumaen menyelenggarakan Wedding Batak Exhibition (WBE) untuk membantu calon pengantin. WBE Akan menghadirkan kurang lebih 100 tenan. Dengan adanya WBE ini akan banyak manfaatnya, menghadirkan vendor kecil sampai besar.  


Siapa Saja yang Bisa  Join WBE?

"Semua kita rangkul siapapun bisa ikutan" kata kak Doni. Gak mesti orang batak. Contohnya orang Chinese yang punya bisnis perhiasan, nah boleh join . Atau properti, klinik-klinik kecantikan juga boleh join. Before after setelah menikah jadi Wedding Batak Exhibition ini menampilkan Indonesia dalam budaya Batak. 


Semua boleh join vendor kecil atau besar bisa join. Vendor bisa dari Jakarta atau Bali, Bandung bisa ikutan. Persiapan bisa dilakukan mulai sekarang karena waktunya masih panjang 7,8 September 2024 nanti. 


Pertanyaan dari kak Septi, apakah event ini berbayar? 

Berbayar Rp 25.000 tapi dengan harga terjangkau. Tiketnya bisa mulai dibeli bulan Agustus untuk pengunjung. Sedangkan untuk tenant yang ingin bergabung bisa mulai mendaftar sekarang. 


Tenant yang bisa bergabung dengan WBE diantaranya: 

✅Gedung Pernikahan

✅Wedding Organizer

WO Batak itu sangat diperlukan karena rangkaian acara sangat panjang. WO Batak harus terampil untuk mempersiapkan rangkaian acara secara tepat. 

✅MUA

 Sekarang MUA datang ke lokasi acara pernikahan baik di rumah maupun di gedung /hotel. Beda dengan dulu, pengantin yang harus ke salon.

✅Busana Pengantin 

Busana Pengantin Batak disimpan seumur hidup, biasanya calon pengantin membeli busana tidak menyewa. 

✅Catering Batak 

Catering sagat diperlukan disetiap pernikahan, di WBE nanti kita bisa test food.  Catering di WBE nanti nanti makanan halal. 

✅Musik

Pernikahan dengan adat budaya Batak pasti ada musik karena kalau gak menari (goyang) kurang seru 😁. 

✅Souvenir

Setiap pernikahan pastinya ada souvernir sebagai kenang kenangan. Makin unik dan cantik souvernir pernikahan makin bagus. 

✅Undangan 

Undangan pernikahan salah satu yang paling penting di pernikahan. Pada pernikahan adat batak tidak mungkin hanya satu lembar karena keluarga besar yang turut mengundang akan di tulis di Undangan. 

✅Wedding Car

✅Perhiasan

✅Perbankan

✅Paket Halimun/Hotel/Travel


Jadi gak sabar menunggu perhelatan Wedding Batak Exhibition bulan September Nanti. Bagi teman teman yang penasaran bisa nonton siaran ulang podcast WBE di akun Instagram Helaparumaen



Dengan menggunakan internet dengan baik dan benar akan menciptakan peluang bisnis baru.

2 komentar:

  1. Belajar budaya adat Batak kaya seru apalagi bisa ikutan tari manotor di wedding Batak exhibition

    BalasHapus
  2. Kalau dateng ke wedding exhibition bawaannya seneng, seneng ngeliat portofolio wedding dari berbagai vendor
    Dengan datang kesini, kita jadi mempunyai banyak referensi vendor yang pas dengan budget kita
    dan budaya batak memang menarik di pelajari, aku aja kalau dikasih informasi sama temenku masih ga begitu paham soal marga marga dan sebutannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Dirut BPJS Kesehatan Rilis Buku Roso Telo Dadi Duren Biyen Gelo Saiki Keren

Dinamika Perjalanan JKN, Dirut BPJS Kesehatan Rilis Buku Terbaru Dari judulnya saja saya tertarik dengan buku ini. Buku “Roso Telo Dadi Dure...