Rabu, 18 Desember 2019

BPJS SATU Membantu Peserta BPJS Mendapatkan Layanan Terbaik

Logo BPJS SATU

Halo semua, apa kabar? Tak terasa ya kita sudah di penghujung tahun, tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun baru 2020. Semoga kita semua sehat selalu dan panjang umur. Bagi yang sedang sakit semoga diberi kesehatan dan kemudahan. Untuk yang sehat yuk terus rajin olahraga dan makan makanan yang sehat.

Pernahkah teman mempunyai keluhan mengenai pelayanan BPJS? Lalu apa yang teman lakukan? Curhat di medsos, atau "mengharamkan" untuk datang lagi ke rumah sakit yang memberikan pelayanan tidak memuaskan. Saya sendiri merasa pelayanan BPJS sudah cukup memuaskan, hanya saja memang untuk berobat terkadang antrinya cukup lama. Saya juga heran mengapa yang sakit segitu banyaknya ya hingga nomor antrian bisa sampai ratusan. 

Terkadang ada juga yang rela datang subuh demi mendapat antrian awal. Saya kadang stres duluan kalau mikir mau berobat, makanya saya mending sehat terus saja deh, daripada sakit. Nah ngomong-ngomong ada kabar gembira untuk kita semua, lagi lagi bukan buah manggis ada ekstraknya ya. Ini kabar tentang BPJS yang mempunyai program baru yaitu BPJS SATU.

Bertempat di Hongkong Cafe, tanggal 16 Desember 2019 lalu saya bersama teman-teman blogger mendapat kesempatan, bertemu langsung dengan Ibu Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan. Beliau mengenalkan tentang program terbaru BPJS Kesehatan. Apa saja yang Ibu Dwi sampaikan? Saya tulis di sini ya, semoga bermanfaat untuk semua. 




Seperti kita ketahui program JKN-KIS terus berkelanjutan 
Penyesuaian iuran antara biaya pelayanan kesehatan dengan sumber pembiayaan. Juga likuiditas BPJS baik. 

Kondisi keuangan faskes membaik dapat dilihat dari pembayaran klaim tepat waktu, cashflow faskes terjaga, serta pembayaran nakes dan supplier terpenuhi.

Kualitas layanan meningkat, ruang rawat tersedia, peralatan dan obat lengkap, dan dipastikan juga kompetensi tenaga kesehatan terus meningkat.







Dalam rangka membantu pesertanya mendapat kemudahan, BPJS Kesehatan kini berinovasi dengan program yang bernama BPJS SATU (SIAP MEMBANTU) yang merupakan optimalisasi peran petugas penanganan pengaduan peserta di Rumah Sakit melalui Rebranding pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan Rumah Sakit. BPJS SATU mulai diimplementasikan sejak tanggal 9 Desember 2019, dengan rompi bertuliskan BPJS SATU.

Rebranding yang dilakukan BPJS Kesehatan di antaranya: 
  • Penggunaan rompi BPJS SATU.
  • Pemasangan poster informasi PIC Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan RS pada beberapa titik strategi RS.
  • Penyediaan alat mobilisasi (optional sesuai kebutuhan).



Apa saja layanan BPJS SATU?
  • Pemberian Informasi.
  • Penanganan pengaduan.
  • Pendaftaran bayi baru lahir peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Pekerja Penerima Upah.
  • Denda pelayanan.
  • Pengecekan status kepesertaan.


Kesimpulannya 
Jika kita peserta BPJS Kesehatan mempunyai berbagai keluhan, monggo disampaikan baik melalui petugas pelayanan informasi pengaduan yang bertugas. Ataupun melalui aplikasi JKN mobile. Bisa juga melalui nomor 1500400 yang beroperasi selama 24 jam. Agar apa yang menjadi keluhan bisa ditindaklanjuti. Supaya anak gak gampang sakit jaga kebersihan peralatan makannya di DISINI


Petugas BPJS SATU menghampiri Peserta yang membutuhkan informasi.







1 komentar:

  1. Terima kasih atas informasi bermanfaatnya, jadi tau lebih luas soal BPJS dan BPJS satu. Karena sebelumnya, saya masih buta dan nggak terlalu tau banyak hal related to BPJS :D

    Keep writing mba~ <3

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Mengatasi Masalah Rambut Dengan Mylea

Assalammualaikum apa kabar? Sudah 2 bulan sejak diberlakukan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Semoga kita bisa mengatasi ra...