Selasa, 18 Mei 2021

Tumbuhkan Rasa Cinta Anak pada Buku Bersama Let's Read




Assalammualaikum apa kabar? Masih suasana lebaran saya ucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin". Tidak mudik, ngapain aja di rumah bersama si kecil? Bermain bersama atau membaca buku cerita adalah salah satu cara saya mengisi liburan. Nah ngomongin buku saya baru tahu ada aplikasi Let's Read yang bisa diakses melalui android atau website. 


Informasi mengenai Let's Read saya dapat saat mengikuti webinar tanggal 11 Mei 2021 lalu. Webinar yang sangat bermanfaat untuk para orang tua seperti saya. 




Dipandu oleh Kak Desy Yusnita dari Blogger Perempuan, ada dua narasumber yang hadir saat webinar yaitu Kak Elsa Agustin dan Ibu Roosie Setiawan.


Kak Elsa menceritakan bagaimana awal mula terbentuknya Let's Read. Teman-teman sudah pernah mengetahui tentang The Asia Foundation? Saya baru tahu dari Kak Elsa saat webinar kemarin. 


Elsa Agustin

The Asia Foundation sudah ada sejak 1955, salah satu program pertamanya adalah Books For Asia (BFA), jumlah buku yang didonasikan di Indonesia lebih dari 3,5 juta eksemplar. 


Tapi sayangnya buku yang didonasikan berbahasa Inggris dan ada kendala lainnya, oleh karena itulah tahun 2017 mulai diperkenalkan Let's Read, perpustakaan digital cerita anak. 


Jadi Let's Read adalah cerita bergambar digital untuk PAUD dan SD kelas rendah. Let's Read diterjemahkan dalam beberapa bahasa, seperti bahasa Jawa, Sunda, Bali dan Minang. Buku cerita di Let's Read  dapat diunduh maupun dicetak. Tapi tidak boleh diperjualbelikan. Let's Read dapat diakses melalui android maupun website secara gratis, praktis sekali bukan?


Konten lokal di Let's Read didapat dari lokakarya dan hasil kerjasama pakar buku anak dan komunitas. Buku yang diupload di Let's Read sudah melalui kurasi tersendiri kemudian dilakukan proses selanjutnya agar menjadi buku yang berkualitas.


Jadi buat para mom yang membutuhkan buku cerita untuk anak di rumah, langsung saja buka Let's Read dan unduh untuk si kecil baca-baca di rumah. Karena dengan mengajak anak membaca bersama dapat menumbuhkan rasa cinta anak pada buku.


Apa saja yang diperbolehkan di Let's Read: 

✳Mengunduh.

✳Mencetak.

✳Merekam kegiatan.

✳Membaca nyaring dengan menyebutkan atribusi. 


Cara menggunakan aplikasi Let's Read

Pemateri kedua dalam webinar ini adalah Ibu Roosie Setiawan, Founder Reading Bugs dan Komunitas Read Aloud Indonesia yang mempunyai: 

Visi membuat anak Indonesia tumbuh menjadi anak pembaca sepanjang hayat. 

Misi menjadikan Read Aloud sebagai budaya di sekolah, keluarga dan masyarakat. 


Melalui Read Aloud atau membaca nyaring banyak sekali manfaatnya:

✅Meningkatkan daya imajinasi anak.

✅Melatih anak memahami alur cerita.

✅Menambah perbendaharaan kata.

✅Meningkatkan kelancaran membaca

✅Melatih berbicara dan berdiskusi.

✅Menguatkan bonding ibu dan anak.

✅Menjadikan anak Mau & gemar Membaca

✅Memberikan teladan


Ibu Roosie

Ibu Roosie menjelaskan melalui Read Aloud hanya butuh waktu 5-7 menit saja, namun banyak manfaat yang dirasakan anak. Anak bisa dibacakan buku satu level lebih tinggi dari usianya, tapi tidak bisa sebaliknya karena justru akan membuat anak bosan.




Reading Bugs adalah komunitas Read Aloud Indonesia yang terinspirasi dari sebuah buku. Reading Bugs sendiri berdiri sejak tahun 2008. Visinya adalah membuat anak-anak Indonesia sebagai pembaca sepanjang hayat.


Read Aloud bisa menjadi metode pembelajaran anak untuk pengetahuan huruf, kesadaran fonologis, dan kesadaran terhadap materi cetak. Dan yang perlu disiapkan untuk membaca nyaring adalah prabaca, tahapan membaca anak dan pemilihan buku.


Tips memilih buku untuk membaca nyaring: 

⛔Konten 

⛔Keterbacaan

⛔Kegrafikaan 

⛔Genre


Setelah membaca nyaring minta anak mengajukan pertanyaan, dan jika anak tidak ada pertanyaan kita yang bertanya. Minta anak menceritakan kembali dengan kata-katanya sendiri. Letakkan buku atau materi bacaan di tempat yang mudah dijangkau anak-anak.




ManfĂ at Buku sebagai Cermin:

🔜Menemukan cermin untuk mencerminkan identitas diri.

🔜Melihat orang-orang seperti diri mereka sendiri dalam cerita (refleksi).

🔜Membentuk persepsi mereka tentang diri dan potensi mereka.

🔜Tokoh dalam buku yang melakukan hal-hal hebat, membantu mereka membayangkan bahwa mereka dapat melakukan hal-hal hebat.


Manfaat Buku sebagai Jendela: 

Memberi pengetahuan baru karena buku yang kaya dan bermakna tentang berbagai tokoh, kejadian-kejadian yang dapat diterima atau di luar pengalaman normal anak dapat membuka pintu menuju hal-hal penting (baru). 


Membaca nyaring dapat membangun banyak ketrampilan dasar yang penting seperti, bagaimana membaca yang benar, membaca lancar dan merasakan membaca itu ternyata menyenangkan. Saat bahasa tubuh anak menunjukkan rasa tidak tertarik maka kita harus berhenti, tapi cerita harus berhenti dengan menimbulkan rasa penasarannya pada anak.


Bagaimana Mom? Tertarik untuk mempraktekkan Read Aloud dengan si kecil di rumah. Yuk segera download aplikasinya dan jangan lupa follow juga Instagram @letsread_id



11 komentar:

  1. Waktu ponakan masih tinggal di rumah, setiap hari khbacain cerita kenceng-kenceng. Dianya cuek sambil lari sana-sini, tapi tyt dia aware ama ceritanya ya.

    BalasHapus
  2. aplikasi Let's Read banyak banget manfaatnya kak, jadi pengen tak terapin ke sepupu agar demen baca dan download aplikasinya. Belajar bisa lewat mana aja ya, sekarang jaman serba digital lebih praktis dan nyaman.

    BalasHapus
  3. Untuk mulai belajar membaca dan memperbanyak kosakata, melalui bacaan yang ada di Lets Read menurut daku sangat membantu. Apalagi ceritanya itu beragam, jadi banyak variasinya

    BalasHapus
  4. Aku suka bgt mba sama.aplikasi ini, ku jadi punya bahan banyak buat cerita ke anak setiap hari, yang aku suka aplikasinya lengkap bgt ceritanya, tampilannya menarik bgt, yuk.semangat terus bacanya

    BalasHapus
  5. Bener lho itu poin poin manfaat buku. Anyway terima kasih banyak buat informasinya yang lengkap ini mba

    BalasHapus
  6. Eh, beneran ya kalau di aplikasi Lets Read, kita bisa mencetak kisah kisah di sana?

    Selama ini aku hanya sampai tahap mengunduh saja, sehingga mudah kalau mau ceritain isi cerita tertentu tanpa perlu terhubung dengan internet.

    BalasHapus
  7. Aplikasi yang menarik. Jadi semacam perpustakaan online gitu ya mba
    Bagus banget sih untuk menumbuhkan semangat dan minat baca pada anak
    Apalagi ada berbagai macam buku cerita yang disediakan

    BalasHapus
  8. Wah anakku suka baca nih, coba aku download in aplikasi Lets Read ahh. Thanks infonya.

    BalasHapus
  9. Seru banget bisa praktek baca pakai Let's Read ini. Mengasah pengumpulan kata-kata buat anak-anak sebelum sekolah.

    BalasHapus
  10. Wah asyik banget nih ada aplikasi Let's read. Mengajarkan baca dan membaca bersama anak jadi lebih menarik. Thanks for sharing yaa

    BalasHapus
  11. Huaah ada Ibu Roosie! Beliau pakarnya read Ă loud banget hehe tapi belum pernah ikutan kelas beliau nih. Pengen sesekali ikutan buat bekal ngedongengin Icham.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Hilangkan Stres dengan Bermain Game

Hampir dua tahun sejak virus corona masuk ke Indonesia, aktivitas menjadi terbatas, jalan-jalan untuk sementara dilarang. Kebayang kan di ru...