Minggu, 24 Oktober 2021

Lomba Membaca Al Quran secara Virtual

 

Saleh Husin (Ketua Dewan Pembina YMSML) membuka dan memberikan sambutan dalam program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021.

Assalamualaikum, senang sekali setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad pasti anak-anak gembira. Maulid Nabi Muhammad atau biasa disebut Maulud/ Mauludan adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad saw. Di Indonesia perayaan Maulid Nabi Muhammad adalah setiap tanggal 12 bulan ke-3 (Rabiul Awal) dalam penanggalan Hijriyah. 

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa menyelenggarakan kegiatan lomba membaca Al-Qur’an secara daring pada Sabtu (23/10). 


Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad  saw di setiap daerah berbeda-beda tergantung tradisi. Biasanya diadakan sholawatan bersama. Tapi kali ini peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur dan Grand Wisata Bekasi lebih istimewa karena ada lomba membaca Al Quran yang diadakan oleh Sinar Mas Land melalui YMSML secara daring. 


Apa itu YMSML? 

YMSML adalah Yayasan Muslim Sinar Mas Land yang merupakan wadah untuk berbagi kebaikan bagi karyawan muslim di lingkungan kerja Sinar Mas Land. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan YMSML untuk membangun ukhuwah di antaranya:

- Penyerahan ratusan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

- Wakaf Al Quran.

- Berantas buta Al Quran.

- Bazar minyak goreng.

- Pemeriksaan kesehatan gratis pada masyarakat umum.

- Penyediaan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid. 


Ustaz Zacky Mirza memberikan tausiah kepada para peserta lomba secara daring dalam program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021.

Lomba Membaca Al Quran

Kali ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) bekerjasama dengan Yayasan Mama Papa mengadakan lomba membaca Al Quran secara virtual. 


Lomba membaca Al Quran ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan anak-anak membaca Al Quran, mendalami maknanya dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Ketua Dewan Pembina YMSML Saleh Husin mengatakan "Kita berkesempatan memotivasi anak-anak kita memperdalam kemampuan mereka membaca Al Quran, tanpa dibatasi oleh pandemi karena berbasis teknologi secara daring". 


Penyelenggaraan lomba membaca Al Quran oleh YMSML bekerjasama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta menggunakan metode Mama Papa. 



Ratusan peserta yang terdiri dari anak usia 7-15 tahun sangat antusias mengikuti kegiatan lomba membaca Al-Qur’an.


Lomba membaca Al Quran secara daring diikuti oleh 402 anak, usia 7-15 tahun dari perwakilan masjid/mushola di sekitar kawasan Kota Wisata  Cibubur, Legenda Wisata  Cibubur  dan Grand Wisata Bekasi ikut berpartisipasi mengikuti lomba secara daring melalui Zoom pada tanggal 23 Oktober 2021. Kegiatan ini bagian dari program Berantas Buta Al Quran (BBQ) Virtual 2021 yang berlangsung sejak Mei sampai September 2021.


Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori di antaranya:

- Kategori A untuk anak  usia 7-9 tahun. 

- Kategori B untuk anak usia 10-12 tahun.

- Kategori C untuk anak usia 13-15 tahun.


Membaca Al Quran Metode Mama Papa

Penulis Buku Membaca Al Quran Metode Mama Papa, Ustadz Muhammad Taslim menjelaskan bahwa metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al Quran menggunakan pendekatan cerita.


Cara bacanya hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Keunikannya metode membaca Al Quran ini, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari, sehingga mudah dimengerti bagi anak-anak yang belajar membaca Al Quran.


Peserta yang berjumlah ratusan ini merupakan anak didik ustadz dan guru mengaji, yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al Quran menggunakan metode Mama Papa. 


Pelatihan yang merupakan rangkaian kegiatan ustadz dan guru mengaji selama 3 bulan  secara intensif. Selama pelatihan, mereka dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut. 


Program BBQ telah berlangsung sejak 2018 hingga 2019 yang diikuti oleh 600 ustadz/ ustadzah hingga guru mengaji dari 127 masjid dan mushola sekitar kawasan BSD City. Di tahun 2021 YMSML memperluas jangkauan hingga ke masjid/mushola di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur dan Grand Wisata Bekasi. 




Simbolis penyerahan hadiah lomba membaca Al-Qur’an.


Alhamdulillah semoga kegiatan positif seperti lomba membaca Al Quran yang diadakan YMSML ini, bisa terus diadakan dan membawa berkah untuk kita semua. 


Untuk berbagai informasi menarik lainnya klik www.sinarmasland.com. 







1 komentar:

  1. Alhamdulilah ya, ada program pemberantasan buta Al-Qur'an bersama Sinar Mas Land

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Olahraga di Ancol Nyaman dan Asik

  Biasanya saya berolahraga di Car Free Day dekat rumah tapi terlalu ramai. Kemarin pas weekend saya nyobain olahraga ke Ancol pusat wisata ...