Minggu, 24 Juli 2022

Penanganan Saraf Kejepit Di RS Premier Bintaro

Tanggal 19 Juli 2022 lalu saya mendapat kesempatan ke RS Premier Bintaro yang terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya. Rumah Sakit dengan luas bangunan 12.000 m2 desainnya unik. Rumah sakit Premier Bintaro ini mulai beroperasi sejak 12 Oktober 1998. 


RS Premier Bintaro adalah bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group yang merupakan grup Rumah Sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia dan Indonesia.


Tiba di Rumah Sakit jam 08:00, sebelum masuk saya scan dulu aplikasi Peduli Lindungi dan mendapat stiker berwarna hijau. Di lobby sudah ada beberapa pasien yang hendak berobat, pelayanan sudah dibuka. Kesan pertama yang saya rasakan adalah saya merasa tidak sedang berada di rumah sakit. Karena ruang tunggu sangat luas dan nyaman. Tidak juga tercium bau obat dan sangat bersih.  



Tepat jam 9 kami mulai hospital tour didampingi Mas Deny, ruang pertama yang saya bersama 10 teman lainnya kunjungi adalah ruang radiologi. Melihat ruang USG, CT Scan, MRI dan juga Xray. Di ruang radiologi tersedia  ruang tunggu VIP agar pasien lebih nyaman. Selanjutnya ke ruang MRI dengan teknologi modern 3 Tesla Signa Pioner. MRI adalah alat untuk memeriksa anatomi terutama bagian saraf terjepit. Keunggulan ruang MRI 3 Tesla Signa Pioner ini tidak menyebabkan paparan radiasi karena menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi.


Rumah Sakit Premier Bintaro memiliki layanan unggulan salah satunya layanan ortopedi yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dengan dukungan spesialis ortopedi dari berbagai subspesialisasi  mulai dari bedah pinggul dan lutut. Bedah tangan hingga bedah ortopedi terkait olahraga. 


Spine Center

Ramsay Spine Center juga merupakan layanan terbaik dari Rumah Sakit Premier Bintaro. Spine Center merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua masalah tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Didukung tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialis (bedah tulang belakang, spesialis neurologi dan sub-neuro-fusiologi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dan spesialis radiologi).  


Ruang Flamingo khusus untuk pemeriksaan jantung, lambung dan endoskopi.

Health Talk Penanganan Saraf Kejepit

Setelah selesai melihat ruang pemeriksaan kami masuk ke ruangan untuk mendengar penjelasan dari Dr  Ajiantoro Sp.OT mengenai saraf terjepit dan bagaimana penanganannya. 


Nyeri 

Sensasi dan emosi yang tidak menyenangkan yang dialami oleh tubuh, terkait dengan kerusakan jaringan di dalam tubuh dan merupakan alarm dari tubuh kita. 

Jenis nyeri ada dua: 

- Nyeri akut

- Nyeri kronis


Low Back Pain - Saraf Kejepit

Nyeri punggung bawah hampir setiap orang pernah mengalami. Saya sendiri pernah mengalaminya. Biasanya saya perbanyak minum air putih dan istirahat. Alhamdulilah hilang rasa nyeri. Berarti ini bukan saraf terjepit. Jika rasa nyeri tidak sembuh dengan istirahat dan terus berlanjut sebaikya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Siapa saja yang bisa mengalaminya? Biasanya sih Ibu-ibu sepeti saya. Akan tetapi bagi pekerja yang setiap hari kerjanya lebih banyak duduk di depan laptop juga berisiko mengalami saraf terjepit. Agar terhindar dari saraf terjepit biasakan posisi duduk yang sempurna jangan membungkuk. 


Pada usia produktif: 

- 80% populasi mengalami minimal 1 kali nyeri pinggang dalam episode kehidupan

- Angka absensi tertinggi

- Urutan kedua tersering kunjungan ke dokter

- Urutan kelima penyebab masuk rumah sakit

- Urutan ketiga penyakit yang butuh pembedahan

- Penyebab disabilitas tinggi 



Red Flags

- Nyeri yang terjadi mendadak dan tidak tertahankan.

- Nyeri yang bersifat progresif dan tidak hilang dengan istirahat.

- Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai kaki.

- Nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi.

- Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki.

- Kesemutan, baal atau kebas pada tungkai kaki.

- Kelemahan kedua tungkai kaki saat berdiri atau berjalan.


Penunjang Diagnosis:

# Laboratorium

# Radiologi

~ USG

~ Xray

~ CT Scan

~ MRI

~ BMD

# Rehabilitasi Fisioterapi


Penatalaksanaan: 

# Diagnosis ditegakkan 

# Konservatif Non Operative

~ Diet dan berat badan ideal

~ Perbaiki pola hidup dan aktivitas harian 

~ Bed Rest saat nyeri timbul

~ Menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri

~ Obat-obatan anti nyeri, radang, dan vitamin


Rehabilitasi Medik

~ Modalitas nyeri

~ Latihan fisik dan penggunaan otot (olahraga)

~ Alat bantu dan korset


Kesimpulan

- Endoskopi dapat memberikan hasil yang sama baiknya dengan operasi bedah tulang belakang terbuka..

- Keuntungan Endoskopi adalah lebih sedikit kerusakan jaringan, kehilangan darah, lebih rendah angka kejadian jaringan parut, rawat inap lebih pendek, pemulihan fungsional lebih dini dan peningkatan kualitas hidup serta kosmetik luka yang lebih baik. 

- Saraf terjepit adalah keluhan yang sering kali ditemui dalam bidang Ortopedi (80% populasi).

- Saraf terjepit dengan tanda bahaya haruslah dipahami sehingga tidak membahayakan pasien.

- Penegakan diagnosis dan tata laksana dengan pemeriksaan serta fasilitas yang lengkap menjadi keutamaan dalan terapi pasien. 


Bila terjadi masalah pada tulang belakang, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Premier Bintaro. Karena alat pemeriksaan yang lengkap dan dokter yang sudah berpengalaman. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Masker Wajah Penghilang Flek Hitam

Setahun lalu muncul flek hitam pipi kiri bagian atas. Panik gak? Tentu tidak tapi setelah saya perhatikan flek ini semakin tebal dan sedikit...