Rabu, 03 Agustus 2022

Rayakan Hari Anak Hebat Nasional


Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Pas banget bertepatan dengan hari Sabtu, saya mengajak si kecil ke Kebun Binatang Ragunan. Di usianya yang ke 4 Dita anakku lagi senang-senangnya bermain  dan bersosialisasi.  


Di Kebun Binatang Ragunan, Dita melihat  banyak hewan mulai dari macan, ular, rusa, gajah dan lainnya. Dia senang sekali dan  berkomentar khas anak kecil. Di Kebun Binatang Ragunan juga banyak permainan seperti seluncuran, ayunan, jalan di atas tali dan lainnya. Alhamdulillah saya merasa bahagia bisa mengajak Dita ke kebun binatang dan melihat dia bahagia. 


Tantangan membesarkan  anak di setiap tahapan usianya selalu berbeda. Saya merasa di usia yang sekarang Dita agak cengeng, mudah sekali menyerap pelajaran yang baik ataupun hal yang kurang  baik. 




Bebelac Rayakan Hari Anak Hebat Nasional 

Asiknya bisa mengikuti webinar bersama Bebelac dalam rangka memperingati Hari Anak. Bisa nambah ilmu parenting lagi. Sebagai ibu memang saya harus sering mengikuti webinar tentang parenting. Karena seorang ibu harus terus belajar dalam mendampingi Si Kecil.

Hadir sebagai narasumber:

- Nadya Pramesrani, M. Psi (Psikolog Keluarga Rumah Dandelion)

- dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) Dokter Spesialis Anak - Konsultan Gastrohepatologi) Brand Director Bebelac Indonesia.

- Putri Titian (Mom Influencer/Ibu Hebat Bebelac)


Untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal Putri Titian sebagai Ibu Hebat Bebelac juga suka mengikuti bebeclub bersama anak-anaknya di rumah, ada berbagai kegitan positif seperti worksheet. 



Hari Anak Hebat Nasional

Apa yang dapat dilakukan orangtua:

- Pemberian asupan nutrisi yang tepat.

- Menetapkan struktur dan rutinitas baru yang sesuai dengan perubahan yang terjadi. Struktur dan rutinitas membantu anak-anak merasa aman dan mempermudah mereka dalam bersosialisasi.

- Kreatif di rumah yang diberikan melalui kerjasama antar orangtua. Melalui kegiatan bermain yang menyenangkan, terstruktur dan bertujuan. 

- Kesempatan bergerak aktif agar anak dapat tumbuh sehat dan berani, 300 menit per hari. 

- Interaksi dua arah untuk mengembangkan 'social emotional skill' dan melatih kebaikan dalam diri.

- Ajak anak melihat sekeliling apa ada yang butuh bantuan dan bagaimana cara membantunya. Contoh bantu ibu menulis data belanja, bantu ayah siapkan lemari baju, bantu mbak membuat adonan makanan.


Masalah yang sering ditemui pada anak

- Anak menempel pada orangtua tidak mau berpisah.

- Anak takut bertemu orang baru/ anggota keluarga yang lama tidak ditemui.

- Penurunan aktivitas fisik dan peningkatan 'screen time'.

- Perilaku dan suasana hati anak yang memburuk.

- Anak hiperaktif dan berkurangnya fokus.


Mengutip kalimat dari Annisa Ardelliaputri (Marketing Manajer Bebelac)

"Bebelac mendukung tumbuh kembang si kecil karena kandungan kadar gulanya sesuai persyaratan BPOM dan diseimbangkan dengan zat gizi lain seperti FOS:GOS, minyak ikan, zat besi, triple A (DHA, LA, ALA)".




Ditambahkan juga oleh ibu Frieda Handayani Kawanto, Sp. A (K) bahwa "Pentingnya triple  A (DHA, LA, ALA) asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh bisa memperkuat integritas struktur dan perkembangan otak, meningkatkan kemampuan kognitif, serta mendukung perilaku yang baik dan Happy Heart". 


ALA (Alpha Linorecic Acid) merupakan asam lemak pendukung kinerja DHA sehingga dapat bekerja dengan maksimal untuk membentuk sel otak.


DHA merupakan asam lemak esensial panjang tidak jenuh berperan penting dalam struktur fungsi jaringan saraf terutama jaringan saraf retina mata dan pertumbuhan otot.


Keunikan dan kelebihan kombinasi IcFOS:scGOS 1:9 yaitu: 

☆Kadar antibodi pada selaput lendir saluran cerna lebih tinggi dibanding prebiotik lainnya.

☆Formula yang mengandung prebiotik FOS dan GOS mencegah infeksi saluran cerna dan ISPA.

☆aIcFOS dan GOS menstimulasi pertumbuhan bakteri baik Bifidobacterial dan Lactobacili.

☆Meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi infeksi, alergi dan masalah saluran cerna.


Apa perbedaan Prebiotik dan Probiotik pada saluran cerna? 

● Prebiotik substrat berupa karbohidrat yang tidak dapat dicerna, yang penting untuk pertumbuhan bakteri baik contohnya: Fructo-oligosaccharides (FOS), Galacto-oligosaccharides (GOS), inulin, polidekstrose, pektin, lactulosa.

● Probiotik bakteri/ mikro organisme hidup bila dikonsumsi dalam jumlah cukup akan mendatangkan  manfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya: Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus ruteri, Bifidobacterium infantis. 


Gut Brain Axis: komunikasi dua arah otak dan saluran cerna saling mempengaruhi satu sama lain. 

Asam lemak rantai pendek berperan pada perkembangan saraf anak. Mendukung fungsi memori dan kecerdasan otak melalui neurottransmiter Triptofab yang dapat meningkatkan produksi serotonin.


Serotonin

Serotonin adalah hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel dalam otak. Hormon ini sangat penting dalam mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi. Jika hormon serotonin cukup maka mood, suasana hati dan perilaku anak menjadi lebih baik


Penting juga saluran cerna karena saluran cerna lebih dari sekedar mencerna, tidak hanya mengandung enzim-enzim untuk membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Faktanya di saluran cerna juga merupakan organ imun terbesar di tubuh dan lokasi 100 triliun bakteri. 


Bagaimana dengan si kecil bunda? Sharing yuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Rayakan Hari Anak Hebat Nasional

Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Pas banget bertepatan dengan hari Sabtu, saya mengajak si kecil ke Kebun Bina...