Rabu, 02 November 2022

Resep Gimbab Sederhana

Pusing mikirin bekal anak sekolah, maunya kekinian. Andai dia mau makan apa saja misalnya lauk sederhana seperti tumis bihun, tempe orek atau dibelikan nasi uduk seporsi 7 ribu. Tapi bosen katanya, terkadang nasi uduknya kurang pas di lidah. 

Googling lah ibu-ibu enaknya bikin bekal apa buat Kaka yang sudah beranjak remaja. Obrolan di grup WhatsApp ada teman yang baru saja belajar bikin Gimbab, itu lho lontong ala Korea wkwkwk. Mengapa saya bilang lontong karena bentuknya panjang seperti lontong saat belum dipotong. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah beli norinya dulu di market place. Nori khusus untuk membuat Gimbab atau sushi ini agak sulit dicari di pasaran. Adanya di toko Frozen Food, itupun saya harus beli banyak kemasan 50 lembar dengan harga kurang lebih Rp. 70.000. Karena saya baru mau belajar jadi saya beli online saja dulu, bisa beli kemasan isi 10 lembar dengan harga 23.000 sudah termasuk ongkir. Berikut bahan-bahan yang saya siapkan untuk membuat Gimbab: 

✓Nori 

✓Nasi pulen 

✓Crab Stick

✓Telur dadar beri sedikin kaldu bubuk

✓Minyak wijen (Saya ganti kecap asin)

✓Wijen (optional)

✓Timun/Wortel

Cara Membuat:

Campurkan nasi dengan kecap asin dan aduk rata. Ratakan di atas selembar Nori, yang kasar bagian atas. Susun telur dadar dan crab stick yang sudah dipanaskan dengan sedikit mentega di teflon. Tambahkan potongan timun dan gulung sambil ditekan perlahan agar Nori tidak sobek. Selanjutnya oleskan minyak wijen dan taburkan wijen di atas gulungan Nori. Lalu potong, jangan lupa pisaunya diberi sedikit minyak agar tidak lengket. 

Mudah bukan cara membuatnya, he he he itu mah kata ibu Sisca. Beneran mudah kok, lumayan enak buat bekal anak. Saya kalau bikin dua gulung dihabisin kakak sendirian. Dua gulung jadi sekitar 8 potong Gimbab. Isinya bisa diganti sosis atau abon tapi saya belum pernah mencobanya. Next time saya mau isi abon sepertinya enak. 

Tips memilih frozen food untuk isian Gimbab, bagi saya yang penting ada label halal, jelas produsennya, cek juga kandungannya. Dan jangan lupa cek tanggal kadaluarsa dari produk frozen food yang kita beli. 


13 komentar:

  1. Makasih banyak resepnya, udah gak sabar nyobain resepnya ni, mudah-mudahan anak - anak pada suka

    BalasHapus
  2. kesukaan istri buat yang kayak gini, anak belum bisa makan aja sudah mikiran bekal kayak gini haha. langsung saya forward ke istri ini haha, nice info kak terima kasih ya

    BalasHapus
  3. Bisa jadi alternatif bekal anak ya, isinya komplet, ada karbo, protein, dan sayur juga....

    BalasHapus
  4. Wah, saya pun sedang belajar nih Mbak, buat bekal model2 begini hi3. Tapi belum pernah coba dengan minyak wijen, masih seadanya dengan taburan nori. Jadi mau coba praktek seperti ini rasanya..

    BalasHapus
  5. Sebagai penggemar wijen rada sedih waktu baca minyak wijennya diganti kecap asin hehe

    BalasHapus
  6. terima kasih tipsnya mbak, mau ikutan buat ah untuk bekal sekolah anak-anak supaya ga bosen bekalnya itu-itu aja

    BalasHapus
  7. Gulungnya rapi banget mbak. Kl saya yang buat seringnya berantakan hiks...

    BalasHapus
  8. Waaa terimakasih banyak mba resepnya. Itu gulungnya rapih bangettt. jadi mau ikutan buat jugaaa!

    BalasHapus
  9. Aku jadi kangen sama Gimbab, hehe..
    Tapi sejujurnya ya.. Yang paling terasa di lidah tuh sushi. Gatau kenapa, Gimbab di lidahku kaya yang nanggung. Mungkin karena aku penyuka daging mentah kali yaa..

    Tapi Gimbab ini istimewa sih ya..
    Bikin kenyang dan semua kebutuhan gizi bisa terpenuhi karena bisa diisi protein hewani, nabati, dan karbo.

    BalasHapus
  10. Tim gagal gulung gimbab? Aku aku aku! Hahaha. Entah kenapa tanganku ajaib banget gulung beginian mesti gak pernah beres, ada aja yang brodol isinya. Heran. Haha. Makasih mbak resepnya. Aku tim trima jadi aja tinggal makan, nyerah nggulung beginian 🥲🥲

    BalasHapus
  11. Menarik buat dicoba.. Sepertinya enakk.. Pgn saya cobaa lahh setelah ini..

    BalasHapus
  12. Bisa jadi alternatif bekal nih.. Makasih resepnya ya kak. Simple dan mengenyangkan pastinya

    BalasHapus
  13. Sangat perlu untuk dicoba, mengingat anak banyak cerita tentang bekal teman-temannya yang variatif. Semoga nggak ambyar pas nggulungnya...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Masker Wajah Penghilang Flek Hitam

Setahun lalu muncul flek hitam pipi kiri bagian atas. Panik gak? Tentu tidak tapi setelah saya perhatikan flek ini semakin tebal dan sedikit...