Rabu, 26 Juli 2023

PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin


Saya mau sedikit cerita pengalaman anakku ikut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA NEGERI Unggulan MH Thamrin Jakarta. Sekolah yang berada di jalan Bambu Wulung Cipayung ini berasrama. PPDB lebih awal karena peminatnya lumayan banyak. 


Waktu itu PPDB mulai disosialisasikan bulan Desember 2022 dan PPBD 2023 mulai bulan Februari. Diawali dengan pembuatan akun dan seleksi berkas. Jika lolos seleksi berkas lanjut dengan tes akademik. 


Syarat ikut PPDB SMA NEGERI Unggulan MH nilai Sistem Data Nilai Raport (SIDANIRA) 5 Semester minimal 90 meliputi pelajaran: 

✅Bahasa Inggris

✅Matematika

✅Bahasa Indonesia

✅IPA

✅IPS


Setelah dinyatakan layak mengikuti PPDB calon siswa mengikuti tes akademik. Peserta yang mengikuti lumayan banyak ada sekitar 2000 peserta dari seluruh wilayah Jabotabek. Lokasi tes juga dibagi di beberapa sekolah. Anakku kebagian di SMA Negeri 39 Jakarta. 


Seminggu setelah tes Akademik pengumuman anak yang lolos ada 300 calon siswa. Alhamdulillah anakku menjadi salah satu yang lolos seleksi tes akademik. Selanjutnya ada psikotes, jumlah soalnya lumayan banyak. Oh iya saat saya datang untuk verifikasi berkas ada banyak penjual contoh soa tes akademik dan psikotes. Iseng saya bertanya berapa harga contoh soal. Waktu itu 150.000 wow lumayan juga ya. Tapi saya tidak beli. Karena gak jamin juga anak lolos seleksi to?



PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin 2023 dimulai 27 Februari hingga 2 Maret 2023. Daya tampung 88 siswa yang terdiri dari 44 siswa putra dan 44 siswa putri. Yang dibagi menjadi 4 kelas. Penerimaan Calon Peserta  Didik Baru (CPDB) melalui 3 jalur: 

✅Jalur umum

✅Jalur khusus presentasi

✅Jalur khusus afirmasi


Jalur prestasi adalah jalur bagi calon peserta didik baru yang memiliki presentasi di bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN), International Teenager Mathematical Olympiad (ITMO), atau International Junior Science Olympiad (IJSO), yang berdomisili di DKI Jakarta. Dengan kuota 10 persen dari daya tampung atau setara dengan 8 siswa. 


Jalur umum adalah jalur bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik yang berdomisili di Jakarta. Kuota Calon Peserta Didik Baru (CPDB) SMAN Unggulan MH Thamrin 40% atau setara 36 siswa. 


Jalur Afirmasi adalah jalur khusus bagi CPDB dari keluarga kurang mampu, memiliki prestasi akademik yang berdomisili di DKI Jakarta. Jalur afirmasi dibuka untuk maksimal daya tampung 50% setara dengan 44 calon siswa. 


Tes akademik lulus, lanjut psikotes dan wawancara, sayangnya anakku belum beruntung bisa sekolah di SMAN Unggulan MH Thamrin. Tetap berprasangka baik mungkin Allah punya rencana yang lebih indah. Dimana pun anakku sekolah semoga tetap semangat dan bisa berpartisipasi. 


Sebagai orang tua saya hanya bisa mendoakan dan terus mendukung agar cita-citanya terwujud.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...