Selasa, 19 Maret 2024

Makanan Penurun Tekanan Darah


Beberapa bulan terakhir saya merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saja tekanan darah saya 140/90. Ini sudah masuk kategori hipertensi. Apa yang harus saya lakukan?


Dari Puskesmas saya sudah diberikan obat Amlodipin 0,5 untuk 10 hari. Setelah 10 hari saya diminta untuk kontrol lagi ke Puskesmas. Tensi saya tetap 140/90. Berarti konsumsi obat tidak terlalu berpengaruh pada tekanan darah saya. Saya berpikir lagi apa ya yang  salah?



Memang saya akui pola makan saya yang salah. Saya terlalu banyak konsumsi makanan asin, gorengan, dan juga terlalu banyak minum kopi. Sedikit demi sedikit saya mulai mengurangi makanan tersebut dan perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. 


Saran teman minum rebusan daun salam atau daun seledri yang disiram air panas juga sudah pernah saya lakukan tapi tidak terlalu memberikan dampak pada tekanan darah saya. 


Masalah lain timbul setelah saya rutin konsumsi obat penurun tekanan darah. Saya sembelit dan sakit pinggang. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti konsumsi obat darah tinggi. Saya berusaha menurunkan tekanan darah dengan cara alami. Saya coba konsumsi buah-buahan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Berikut buah dan sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah: 


Pisang

Pisang termasuk buah tinggi kalium yang bisa menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium pisang akan membantu proses sekresi natrium dan air dalam darah. Dimana natrium memicu peningkatan volume tekanan darah. Sehingga apabila kandungan natrium dalam darah dijaga, tekanan darah pun akan menurun. 


Buah Bit

Buah Bit direkomendasikan untuk penderita hipertensi karena buah bit mengandung zat nitrat yang nantinya akan diolah menjadi nitrit oksida dalam dimana nitrit oksida akan membantu memperlebar pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap stabil. 


Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran penurun tekanan darah tinggi lantaran memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium yang mempengaruhi tekanan darah.

Selain itu kandungan mineral dalam brokoli dapat membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah arteri. Konsumsi brokoli secara rutin dapat membantu mencegah terjadi berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.


Wortel

Wortel juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Wortel mengandung senyawa fenolik yang dapat mengurangi peradangan serta mengendurkan pembuluh darah.


Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibiotik alami allicin yang membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan yang dapat memperburuk hipertensi. Pada bawang putih juga terdapat senyawa yang mampu melebarkan pembuluh darah. 


Ikan Laut

Ikan laut seperti Salmon dan Tuna dianjurkan untuk penderita hipertensi karena ikan tersebut mengandung lemak sehat omega tiga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 


Kentang 

Kentang adalah karbohidrat yang baik untuk penderita hipertensi. Selain mengandung magnesium, kalium dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. 


Ada banyak lagi buah-buahan dan sayuran yang baik dikonsumsi. Tapi saya pilih yang mudah saya temukan dan harganya juga terjangkau.  Kemarin saat jadwal kontrol Alhamdulillah tekanan darah saya 132/80. Semoga saat kontrol lagi bulan depan tekanan darah saya semakin turun bukan sebaliknya.

6 komentar:

  1. Pisang, brokoli, kentang, ikan laut dan wortel adalah bahan-bahan yang selalu ada di kulkas dan selalu beli lagi sebelum kehabisan. Soalnya ibu saya juga penderita hipertensi jadi pola makannya memang harus diatur sebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brokoli tuh enak, tapi sayang harganya agak mahal.

      Hapus
  2. Itu pengolahan bit digimanain kak? Untung semua makanan itu favoritku semua. Wortel mah sering aku beli juga. Enak jd kudapan yang wortel baby. Manis dan seger

    BalasHapus
  3. kentang juga bisa ya buat menurunkan tekanan darah?
    wuah, berarti saat konsumsinya juga perlu hati-hati ya, khususnya buat yang rendah tekanan darahnya

    BalasHapus
  4. Selama ini saya konsumsi bawang putih yang dipanggang gitu trus dimakan (kunyah), pertama kali ngrasa aneh demi ketahanan tubuh hehehe, baru tahu kalau ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah juga..

    BalasHapus
  5. Kalau darahku darah rendah, jadi gak disarankan makan makanan di atas secara berlebihan, begitu ga ka.. logikanya?
    Maaff, aku awam banget. Tapi karena tekanan darah rendah ini bikin aku sering pusing dan lemeess..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Pelepasan Ekspor PT Tata Metal Lestari Ke 3 Negara

  Purwakarta 21 Juni 2024  Suatu kebanggaan bagi saya bisa hadir di acara pelepasan ekspor PT Tata Metal Lestari bersama tim Blomil.