Kamis, 04 Agustus 2016

Serempak Memberdayakan Perempuan

                                                              Sumber foto Ria Bilqis

1 Agustus 2016 saya hadir di acara Roadshow serempak di Hotel Sari Pan Pacific, ada banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang saya dapat, sedikit cerita bisa saya ingat saat acara berlangsung.  Lagu Indonesia Raya sebagai pembuka acara. Dilanjutkan tari Kipas Ganjen persembahan dari SMA 45 Jakarta.
Menurut Ibu Ir. Agustiani Erni M.Sc. dari Deputi  Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak. “Teknologi Informasi dan Komunikasi  (T IK)  sangat bermanfaat bagi perempuan, untuk mendapatkan informasi secara cepat seperti mencari  info kesehatan, pendidikan, resep dan lain-lain”. 
Acara diselingi kuis oleh Ani Berta dan yang berhasil menjawab pertanyaan  mendapatkan hadiah menarik. Hadir  juga Windy Ghemary membawakan lagu cinta yang dulu dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Tidak bisa dipungkiri perempuan sangat aktif dalam perkembangan IT. Dampak dari internet seperti dua sisi mata pisau yang tajam, ada sisi positif-negatifnya. Seperti konten pornografi yang aksesnya walaupun sudah ditutup selalu ada lagi dan ada lagi.
Dalam penggunaan IT perempuan harus berhati-hati agar tidak terjerat hukum seperti kasus Prita beberapa tahun lalu. Selain itu perempuan sebagai manager teknologi di rumah bisa membatasi  penggunaan internet. Saat anak-anak bermain game harus diperhatikan apakah game tersebut sesuai usianya. Bisa juga dengan memasang roadmap children online protection agar anak  terlindung dari pengaruh buruk internet. Perempuan diharapkan membuka pintu pengetahuan, kesempatan dan kualitas kehidupan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu perempuan diharuskan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam pendayagunaan TIK di manapun berada. Semua peserta yang hadir diberikan buku  “Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Perempuan“.

Sumber foto Ria Bilqis
Nuniek Tirta Ardianto (blogger, community builder, digital networker) membahas tentang “Aku dan Internet”. Nuniek dulunya pengguna MIRC sejak tahun 1997 dan ngeblog sejak tahun 2001. Nuniek juga bercerita bertemu pasangannya melalui blog, bahkan Nuniek berkesempatan ke Irlandia karena ngeblog.
Nova Eliza menceritakan tentang Yayasan Suara  Hati, bermula dari banyaknya korban kekerasan di Aceh yang merupakan kerabatnya, Nova  menggagas Yayasan Suara Hati. Nova mengajak semua perempuan bergabung di Yayasan Suara Hati untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan. Yayasan Suara Hati melakukan  penggalangan dana untuk rumah singgah. Nova melalui Yayasan Suara Hati  juga menjual kaos seharga Rp 150.000 yang hasilnya digunakan untuk kegiatan dan membantu perempuan korban kekerasan.

Tentang Serempak
Ibu Martha Simanjuntak sebagi ketua Pokja (Kelompok Kerja) Roadshow  Serempak dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesetaraan gender di bidang TIK atau wujud kesetaraan gender melalui TIK berbasis masyarakat yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat  menuju perubahan yang positif dan arah yang lebih baik. Serempak  adalah media yang melibatkan masyarakat dalam memberikan informasi , ide dan pemikiran melalui  TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
                                                             Sumber foto Ria Bilqis
 Serempak memperkenalkan Serempak.id.
Keunggulan Serempak :
-          Prakarsa Pemerintah
-          Gerakan komunitas
-          Berbasis teknologi
-          Konten mudah diakses dan digunakan
-          Mendukung berbagai macam format media (live chat dan jurnalisme warga)
-          Memiliki struktur organisasi

                                                     Sumber foto Twitter @CiputPurwianti

Pada saat sesi tanya jawab Ibu Wally Hartati, penyandang disabilitas yang duduk satu meja bersama saya, perwakilan dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), memberikan usulan untuk mengadakan pelatihan bagi teman-teman mereka di daerah. Perempuan disabilitas banyak yang menjadi korban kekerasan tetapi sulit melaporkan.  Karena kesulitan berkomunikasi, seperti saat memasukan data ke website. Ada 97 kekerasan yang terjadi terhadap penyandang disabilitas yang ada di 32 daerah, selama ini mereka hanya berkomunikasi melalui pesan singkat (WA). Diharapkan mereka yang kurang beruntung menjadi prioritas utama yang akan dibantu oleh Serempak.id.  Alamat Komunitas HWDI : Menteng Square Matraman Raya no 30 A. Telepon / fax (021) 29614294.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...