Rabu, 10 Januari 2018

Berbagai Keluhan Saat Hamil


Selamat pagi apa kabar semua, kali ini saya mau cerita tentang berbagai masalah yang muncul di trimester ketiga kehamilan. HPL (Hari Perkiraan Lahir) bayi saya tanggal 21 Februari, beda sehari dengan hari ulang tahunku. Tapi HPL hanya perkiraan karena pengalaman waktu anak pertama, saya melahirkan lebih cepat 14 hari dari HPL. Mudah-mudahan kali ini juga lebih cepat, soalnya badan saya sudah mulai terasa berat, dibuat duduk lama begah, tiduran juga udah ga nyenyak, miring ke kiri salah, ke kanan juga salah. Nikmat sekali rasanya he he he. Untuk bumil (ibu hamil) seperti saya tidak dianjurkan tidur terlentang lebih dari 10 menit, karena menurut informasi yang saya baca, saat kita tidur terlentang bayi menendang-nendang di dalam rahim dan dikhawatirkan mengenai organ tubuh kita seperti lambung atau hati. Pernah saya coba emang iya sih jadi ga nyaman.

Alasan utamanya ketika bumil berbaring terlentang, beban dari rahim bumil akan memperlambat sirkulasi darah ke area jantung. Akibatnya jantung jadi kesulitan memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh termasuk janin. Selain membahayakan bayi, tidur terlentang saat hamil juga bisa menimbulkan berbagai risiko bagi bumil. Beberapa di antaranya adalah nyeri punggung, pusing, wasir (hemorrhoid), sulit bernapas, tekanan darah rendah (hipotensi), dan gangguan pencernaan.

Sembelit
Selain itu keluhan lain yang saya rasakan dan lumayan mengganggu adalah sembelit. Sembelit bisa terjadi karena asupan zat besi yang cukup tinggi selama hamil. Tentu saja zat besi penting untuk calon ibu agar terhindar dari risiko anemia. Tetapi pada sebagian calon ibu termasuk saya, ini menyebabkan kesulitan buang air besar hingga akhirnya terjadi wasir. Dan untuk tablet penambah darah juga saya tidak minum karena semakin memperparah sembelit saya. Ini jangan dicontoh para bumil ya. Baca juga Nutrisi PAS untuk Bumil.

Untuk mengatasi sembelit, saran bidan saya perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi karbohidrat dan minum air putih 2 liter sehari. Kopi dan teh sebaiknya dihindari, tapi waktu saya konsultasi ke dokter lain, menurutnya boleh saja minum kopi asalkan jangan dihitung minum, jadi tetap konsumsi air putih 2 liter setiap hari. Sembelit jangan diabaikan karena bisa mengakibatkan wasir.



Wasir 
Wasir alias ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus. Peradangan di dalam atau luar anus ini terjadi karena sulitnya proses pembuangan “sampah” metabolisme. Menurut dokter, wasir akan semakin parah jika kita akan melahirkan secara normal karena proses mengejan membuat otot di daerah anus semakin besar.

Cara mengatasi wasir saat hamil:
  • Konsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran. 
  • Minumlah air putih yang cukup banyak. Paling tidak 2 liter dalam sehari.
  • Biasakan buang air besar secara rutin pada waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari. Sebelum buang air, minum saja air hangat.
  • Minumlah yogurt atau susu fermentasi yang dapat merangsang kerja usus agar lebih aktif. Jumlah konsumsi saat hamil dapat anda konsultasikan dengan dokter gizi.
  • Lakukan renang atau olahraga ringan, seperti jalan kaki yang sesuai dengan ibu hamil. Gerakan yang anda lakukan ini diharapkan dapat membantu otot-otot di saluran pencernaan untuk bergerak mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.
  • Hindari mengejan ketika buang air besar saat hamil. Dengan tidak mengejan, ini berarti kemungkinan terjadinya pembengkakan maupun peradangan pada pembuluh-pembuluh darah di daerah anus bisa diperkecil.


Kaki Kram
Inilah mengapa bapak-bapak atau wanita usia muda sebaiknya mengalah pada ibu hamil saat di transportasi umum. Saya sendiri sebenarnya malu minta kursi prioritas, saya tahu kalian juga capek ingin duduk di Busway atau KRL. Pernah saya paksakan berdiri karena dekat tapi ternyata kemacetan membuat perjalanan menjadi lama. Karena saya berdiri terlalu lama mengakibatkan kaki saya kram pada malam harinya. Bagi yang belum pernah merasakan kram, rasa sakitnya luar biasa. Otot seperti ditarik berlawanan arah, biasanya hal ini terjadi saat saya akan merubah posisi tidur dan sebaiknya langsung berdiri untuk meluruskan kaki. Untuk mencegah terjadinya kram saat tidur saya biasanya mengoleskan krim dan mengurut kaki sebelum tidur.




Gatal di perut
Untuk gatal di perut tidak dianjurkan digaruk karena akan menyebabkan stretch mark. Untuk mengatasinya cukup oleskan minyak telon atau minyak kayu putih saja.

Sakit di selangkangan 
Malu sebenarnya ngomongin hal ini 🙊, tapi memang benar saya rasakan. Ternyata menurut buku yang saya baca dari berbagai sumber, sakit di selangkangan disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Disfunction (SPD). Hal ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin yang jumlahnya akan maksimal pada usia kandungan trimester 3 (34-40 minggu), yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya tulang panggul. Peregangan ini mengakibatkan terbentuknya celah pada sambungan tulang. Selain itu kondisi kepala janin yang sudah mulai memasuki jalan lahir menyebabkan adanya tekanan pada sambungan tulang yang menimbulkan rasa sakit ketika berjalan, berdiri untuk waktu yang lama, naik tangga, dan membalikkan badan saat tidur.

Untuk mengurangi keluhan ini cobalah beberapa hal berikut ini:
  • Tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan.
  • Hindari berdiri, jongkok, dan berjalan terlalu lama.
  • Duduklah ketika melakukan pekerjaan yang cukup lama.
  • Jangan mengangkat dan menjinjing benda berat.
  • Jangan melakukan gerakan melompat atau membuka kaki terlalu lebar.
  • Tekuk lutut dan rapatkan kedua kaki ketika hendak naik dan turun dari tempat tidur.
  • Lakukanlah olahraga khusus untuk ibu hamil seperti pregnancy pilates dan pregnancy fitness.


Itu saja sih keluhan yang sering saya rasakan saat kehamilan ini. Kalau baper dan mudah tersinggung mah sudah biasa, abaikan saja ga usah dibesar-besarkan hehehe, itu mungkin bawaan bayi #alesan. Kalau ibu-ibu waktu hamil apa keluhannya? Sama atau ada yang beda? 

14 komentar:

  1. Kalau ngidam itu termasuk keluhan atau anugerah mbak? Saya denger orang hamil itu ngidamnya aneh aneh

    BalasHapus
  2. Kalau ngidamnya makan makanan enak dan ada yang beliin itu anugrah mba hehehehe.

    BalasHapus
  3. Banyak cobaan dalam masa kehamilan, semoga lahiran ini di lancarkan

    BalasHapus
  4. Asupan gizi sangat penting dan di butuhkan oleh tubuh. Sayuran dan buah. Salah satu miss ngebahas tentang keuangan selama kehamilan dan kelahiran buat aplikasi. Ternyata biaya banyak. Semoga mba tambah rezeki

    BalasHapus
  5. Dua kali mmerasakan hamil, hampir sama sih keluhan di trimester ketiga.

    Sehat-sehat terus ya, bayi dan ibunya. Semoga nanti persalinannya lancar.

    BalasHapus
  6. Jd inget masa2 hamil trimester3 masa2nya ripuh pisan. Tidur susah, badan pada sakit, pas lahir plongggg hehehe

    BalasHapus
  7. Perjuangan seorang Ibu yang sedang Hamil teramatlah berat, mungkin karena itulah sehingga derajat seorang ibu lebih tinggi dari seorang bapak.

    Untuk menghormati seorang ibu maka ada hari khusus yg diperingati untuk kaum Ibu.

    BalasHapus
  8. Waktu hamil Sagara aku ngalamin sembelit dan pupnya jadi warna hitam akibat zat besi itu. Setelah baca ini aku jadi ingat setahun lalu mak.

    BalasHapus
  9. wkwkwk ibu hamil baper mah biasyaaaa, keluhanku gak boleh capekan sih, klo kecapekan gitu langsung nge-flek, alhamdulillah persalinan lancar

    BalasHapus
  10. Ternyata tidur terlentang ketika hamil itu kurang dianjurkan ya, untuk masalah kenyamanan dan kesehatan. Masalah berbagi kursi di angkutan umum, memang ketika melihat ibu hamil, ibu gendong anak, atau orang tua, saya selalu milih ngasih kursi deh, karena tentunya akan jauh lebih lelah kakinya ya.

    BalasHapus
  11. Kalau baper dan moody itu lagi haid pun gitu kan mbak hehe

    Btw, waktu hamil anak kedua ini sempet ngidam apa mbak? :D

    BalasHapus
  12. Saya juga sering keram kaki sama sembelit waktu hamil anak kedua kemarin mbak, syukur sekarang si baby sudah lahir sehat dan selamat. Tapi dibalik semua keluhan para ibu saat hamil, ada kebahagiaan tersendiri pastinya ya mbak :)

    BalasHapus
  13. Mba Ria semoga lancar ya bentar lagi y mba?aku HPL April dan keluhan aku selama hamil kaki kram sama itu sembelit mba padahal sayur dan buah sering makan alhasil pernah sampe berdarah p*p-nya sedihhh hehehehe

    BalasHapus
  14. Alhamdullilah dah lahor lancar dan sehat. Tapi kuliat mak Ria hamil kuat bisa aktif bahkan jelang hari H ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

4 Cara Belajar Bahasa Inggris Jadi Menyenangkan

Ribet, itu yang sering muncul di pikiran kalau sudah bicara soal belajar bahasa Inggris. Memang nyatanya belajar bahasa asing itu buka...