Senin, 13 Juli 2020

Penyebab Haid Tidak Teratur


Terlambat haid adalah sesuatu yang biasa bagi sebagian orang. Tapi tidak dengan saya, biasanya setiap bulan haid saya teratur. Dengan siklus normal 27- 35 hari. Lebih sering maju dari jadwal tanggal bulan sebelumnya, entah mengapa bulan Mei bertepatan dengan bulan  ramadhan haid saya gak datang juga. Ketika telat 9 hari saya mulai khawatir kok telatnya terlalu jauh, meskipun ada rasa senang, karena saya bisa terus menjalankan ibadah puasa. Akhirnya saya coba membeli test pack dan hasilnya negatif. 

Jika memang rezeki hamil lagi tidak apa, hanya saja waktunya tidak tepat. Saya juga mempertimbangkan usia saya yang sudah hampir 40 tahun dengan riwayat penyakit, tentunya akan lebih berisiko jika hamil lagi. Setelah telat 20 hari saya coba test pack lagi hasilnya tetap negatif. Telat 30 hari saya test pack lagi, hasilnya tetap negatif. 

Sambil saya membaca-baca apa penyebab haid menjadi tidak teratur. Dari artikel yang saya baca ternyata ada banyak penyebab haid tidak teratur seperti saya tuliskan di bawah ini.

hasil testpack negatif

Obesitas
Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah  satu penyebab haid jadi tidak teratur. Memang iya sih berat badan saya sudah di ambang batas normal dengan tinggi 154 seharusnya berat ideal saya di angka 54 Kg. 

Stres
Terlalu stres bisa menyebabkan gangguan hormon. Yang saya rasakan memang semenjak pandemi saya kesulitan tidur. Kadang hanya tidur 4 jam saja. 

Berat Badan Turun Secara Drastis 
Bisa juga menyebabkan haid tidak teratur tapi ini tidak berlaku untuk saya karena berat badan saya berlebih. 

Efek Samping Kontrasepsi
Kontrasepsi hormonal seperti pil dan suntik dapat menyebabkan haid tidak teratur. Tapi saya sedang tidak mengkonsumsi  pil KB atau suntik dalam waktu 1 tahun terakhir. 

Sindrom Ovarium Polikistik
Polycistyc Ovary Syndrome disingkat PCOS adalah  suatu kondisi kelainan hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Kondisi ini bisa menyebabkan menstruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sekali, dan dapat mempengaruhi kesuburan. 

Peny├Ębab PCOS belum diketahui secara pasti, kondisi ini juga berhubungan dengan kondisi lain, seperti resistensi insulin, dan sindrom metabolik. Gejala PCOS lainnya seperti jerawat, berat badan meningkat, sulit mendapat keturunan juga tumbuh rambut berlebih di wajah, dada dan perut. 

Penyakit Kronis
Salah satu penyakit kronis yang dapat menyebabkan haid tidak teratur adalah diabetes. Karena gula  darah pada penderita diabetes tidak terkontrol sehingga mengakibatkan haid tidak teratur. 

Masalah Tiroid  
Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid bermasalah dapat dikenali dengan gejala tubuh terasa sangat lelah, berat badan menurun drastis, rambut rontok, sensitif  terhadap suhu panas atau dingin. 

Menopause Dini
Menopause menyebabkan pelepasan sel telur berhenti, sehingga haid terlambat atau bisa berhenti sama sekali. Usia subur wanita normalnya hingga 49 tahun dan menopause dimulai pada usia 45 - 55 tahun. Tapi ada juga wanita yang mengalami gejala menopause dini pada usia di bawah 40 tahun. Ini bisa  disebabkan kurang olahraga atau faktor makanan. 


Setelah 60 hari haid belum datang juga saya putuskan untuk memeriksakan diri ke Puskesmas. Tadinya akan langsung ke poliklinik ibu hamil, tapi karena belum hamil disarankan ke dokter umum. Maksud hati ingin periksa darah atau minta untuk dilakukan pemeriksaan USG sekalian, supaya dapat jawaban yang pasti. Tapi dokter hanya menganjurkan tes urine. Lalu setelah hasilnya sama seperti hasil test pack saya yaitu negatif, disarankan jika saya ingin KB untuk datang ke poliklinik KIA untuk konsultasi terlebih dahulu. 

Hikmahnya karena terlambat haid saya jadi bergabung dengan grup facebook PCOS. Dari sana saya jadi menambah pengetahuan. Saya juga jadi merasa lebih bersyukur karena diberi kemudahan oleh Allah untuk mendapatkan keturunan. Mereka ada yang menunggu hingga 10 tahun tapi belum juga diberi kepercayaan untuk mempunyai anak. Ada banyak yang mengalami gangguan haid, seperti haid 5 bulan sekali, bahkan hingga 1 tahun tidak haid. 

Saya hanya bisa mendoakan semoga mereka yang ingin mendapatkan momongan segera dimudahkan dan terus semangat. Alhamdulillah setelah telat hampir 75 hari tamu bulanan saya datang. Selanjutnya semoga pandemi segera berakhir supaya saya bisa berolahraga lagi, bisa jalan-jalan juga untuk mengurangi stres. 

Saya juga ingin sekali menurunkan berat badan dan rutin berolahraga supaya sehat. Karena kurang olahraga, stres, dan kegemukan memberikan dampak yang tidak baik bagi saya. Saya juga sekarang rajin minum minuman kesehatan yang saya racik sendiri. 
Minuman yang terdiri dari rebusan air dicampur potongan serai, jahe, kunyit dan perasan jeruk nipis ditambah sedikit gula batu jika ada. 

Semoga bisa terlaksana ya teman-teman, salam sehat selalu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Kebun Singkong

Mengenang masa kecil saya sekitar tahun 1990an. Di sekitar rumah saya masih banyak sekali kebun sayur mayur dan kebun singkong juga....