Sabtu, 26 Desember 2020

Mengenal Susu A2 dan Manfaatnya untuk Anak

 


Halo semua apa kabar? Di masa pandemi meskipun di rumah saja tetap semangat ya karena banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Selain memasak untuk keluarga, saya juga sering ikut webinar mengenai nutrisi ataupun parenting. Saya juga ikut live instagram, seperti yang diadakan di instagram @buumiplayscape pada Kamis, 10 Desember 2020 // 14.00 - 15.00 WIB.

 

Pembicara yang hadir adalah DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) (dokter anak, konsultan gastroenterologi). Dipandu oleh Host: Natasha Guna (co-founder Buumi Playscape sekaligus mom influential figure). Tema yang dibahas kali ini adalah “Kenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya untuk Anak”.



Banyak sekali informasi yang bermanfaat dan sangat penting untuk kita para orangtua seperti rangkuman di bawah ini. 


- Masa pertumbuhan tercepat seorang anak adalah 1000 hari pertama kehidupannya, termasuk saat anak mulai menginjak masa balita. Pada masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Oleh karena itu pemenuhan nutrisi berperan penting untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif. 

- Namun pada periode ini, anak juga rentan mengalami gangguan pencernaan. Padahal sistem pencernaan berurusan dengan penerimaan makanan dan mempersiapkannya untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Pencernaan yang baik akan mendukung tumbuh kembang anak yang sehat. 

- Gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak dalam masa pertumbuhannya dapat menyebabkan penyerapan nutrisi yang tidak optimal, sehingga dapat mengganggu perkembangan anak dan proses belajarnya. 

- Produk susu yang sering dikonsumsi anak pada umumnya dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi anak untuk tumbuh kembangnya. 

- Walaupun semua susu terlihat sama, namun susu memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Protein susu terdiri dari 2 jenis, whey dan casein. 

- Casein adalah kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 82% dari total kandungan protein dalam susu. Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein. 

- Beta-casein terdiri hingga 45% dari total casein. Beta-casein sendiri memiliki beberapa varian, yaitu A1 dan A2. 

- Susu A2 merupakan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 aman untuk sistem pencernaan. Beta-casein A2 mudah diserap dalam sistem pencernaan anak dan dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan ringan.

- Pilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan anak, misalnya jika mencari susu untuk anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan. Agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya perhatikan juga kandungan tambahan yang terdapat dalam suatu produk, misalnya pilih yang dilengkapi dengan kandungan seperti DHA, Kolin ataupun Omega 3 dan 6 untuk mendukung perkembangan otak anak.



Senangnya saat live instagram para peserta boleh bertanya langsung pada dokter Ariani. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sudah dijawab langsung oleh dokter Ariani. 


Tanya - Jawab: 

Q    Dok, apakah semua susu mengandung protein yang sama? 

A    Tidak. Ada 2 jenis protein susu: whey dan casein. Komposisi kedua kandungan ini tidak sama dalam setiap susu. Namun normalnya, casein menjadi kandungan terbanyak dalam susu. Casein sendiri terdiri dari beberapa jenis, tetapi yang paling terkenal adalah beta-casein. Beta-casein sendiri dibagi lagi menjadi beta-casein A1 dan beta-casein A2. Kandungan ini terdapat dalam susu yang diproduksi oleh jenis sapi yang berbeda. Ada jenis sapi yang menghasilkan susu A1 dan A2; dan ada pula sapi yang hanya menghasilkan susu A2 saja. Beta-casein A2 hanya terdapat dalam susu A2 yang diproduksi oleh sapi A2, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak semua protein susu itu sama.


Q    Bagaimana cara mengenali jenis susu A2 yang ada di pasaran? Adakah label tersendiri? 

A    Susu A2 dapat ditemukan di pasaran dalam bentuk susu bubuk, UHT ataupun yogurt dengan label A2. Izin penulisan label bahan susu A2 dalam setiap negara itu berbeda, tetapi biasanya ditulis beta-casein A2.


Q    Apakah protein susu A2 lebih baik dari susu yang lain? 

A    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan beta-casein yang terdapat dalam susu A2 lebih mudah dicerna dan diserap lebih cepat, sehingga gangguan pencernaan juga berkurang.


Q    Apakah susu A2 tidak menimbulkan sembelit jika dikonsumsi anak setiap hari? 

A    Respon setiap anak terhadap susu berbeda-beda, tetapi susu yang mudah diserap dan dicerna akan sedikit menimbulkan masalah pencernaan. Namun sembelit tidak hanya akibat faktor proteinnya, karena ada faktor lain yang dapat menimbulkan sembelit seperti jumlah cairan dalam tubuh, serat, dan toilet training si anak.


Q    Susu A2 dapat dikonsumsi oleh konsumen usia berapa? 

A    Tidak ada batasan usia yang khusus untuk mulai mengkonsumsi susu A2, tetapi sebaiknya ikuti petunjuk usia dalam kemasan produk susu.


Q    Dok, apakah anak yang mempunyai alergi ringan dengan susu sapi dapat mengkonsumsi susu A2? 

A    Secara garis besar, alergi protein susu sapi disebabkan oleh saluran cerna yang belum matang, sehingga seorang anak yang mempunyai alergi protein susu sapi tidak bisa mengkonsumsi susu sapi (dairy product) dan turunannya. Namun biasanya sekitar 70% anak yang sudah mencapai usia 1 tahun sudah tidak alergi lagi, dan sekitar 90% akan hilang di usia 3 tahun ketika saluran cernanya sudah mulai matang.


Q    Amankah susu A2 dikonsumsi oleh anak usia 15 bulan? Jika iya, berapa porsi konsumsi yang disarankan?

A    Takaran konsumsi susu A2 dengan susu lain kurang lebih sama, harus sesuai kebutuhan dan usia anak. Sebaiknya, ikuti petunjuk saran penyajian yang tertera dalam kemasan. Sesuaikan juga pemberian susu dengan porsi, takaran, dan jadwal makan anak.


Jadi sudah paham dong tentang susu A2 dan manfaatnya untuk anak. Sekarang kita bisa menentukan mana yang terbaik untuk anak kita, asal disesuaikan dengan kemampuan daya beli kita ya moms. Salam sehat selalu, dan jangan lupa disiplin 3M supaya pandemi segera usai.


Doorprize dari @buumiplayscape

1 komentar:

  1. doorprize nya menarik banget :D jadi pengen ikutan kalo ada event lagi nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi

Senang sekali tanggal 27 Mei 2021 lalu saya mengikuti webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Webinar ini diikuti oleh 1000 pe...