Kamis, 17 Desember 2020

Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi

 Sumber foto: Twitter Halodoc

Halo apa kabar? Tahun 2020 akan segera berganti. Saya merasakan tahun ini cukup berat karena adanya pandemi Covid 19 yang mulai merebak di Wuhan, China sejak akhir 2019. Di Jakarta dan Indonesia pada umumnya sejak tanggal 16 Maret 2020 anak-anak mulai belajar secara online. Aktivitas di luar rumah yang tidak penting juga dikurangi dan mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar memutus mata rantai penularan virus corona ini. 


Cara mudah menjaga kesehatan keluarga adalah dengan mematuhi anjuran pemerintah yaitu melakukan 3M. Sebagai warga negara yang baik kami sekeluarga dengan senang hati mematuhi protokol kesehatan 3M.


Memakai Masker

Memakai masker kini sudah menjadi kewajiban, setiap saya dan semua anggota keluarga yang akan keluar rumah wajib memakainya. Bahkan anak saya yang berusia 2 tahun pun sudah terbiasa dan selalu memakai masker saat keluar rumah. Ini untuk kebaikan kita sendiri sehingga memakai masker bukan karena takut didenda atau takut dengan pemerintah, akan tetapi untuk melindungi diri kita dari virus dan juga melindungi orang lain jika kita yang tak sadar membawa virus.


Mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir

Saya selalu mencuci tangan dengan sabun setiap dari luar rumah. Juga menyediakan hand sanitizer di rumah. Hand sanitizer biasanya saya gunakan saat berada di luar rumah ataupun jika berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun. 


Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Saya berusaha sebisa mungkin menghindari kerumunan yang tidak penting. Tapi pada situasi tertentu misalnya saat ke pasar terkadang tidak bisa menjaga jarak. Pada situasi seperti ini jangan berlama-lama. Setelah selesai segera pulang, mandi dan ganti pakaian. 


Menjaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi

Selain menjalankan 3M, makan makanan bergizi sangat penting di masa pandemi ini. Supaya imun tubuh meningkat jangan lupa makan buah dan sayur. Makanan yang mengandung protein hewani seperti daging, ikan, dan telur. Sedangkan tempe dan tahu mengandung protein nabati. Sayuran kangkung, bayam, pakcoy juga sangat baik untuk tubuh. Brokoli dan wortel juga banyak mengandung anti oksidan. 


Untuk buah-buahan 2 atau 3 hari sekali kami selalu membeli. Kalau membeli terlalu banyak terkadang tidak segar lagi saat akan dikonsumsi. Buah yang biasa kami konsumsi adalah apel, pir, jeruk, dan pepaya. Mangga jika sedang musimnya pasti akan menjadi buah favorit keluarga saya. Selain itu jangan lupa minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari. Suplemen tambahan seperti Vitamin C jika memang merasa perlu untuk menambah imun tubuh bisa kita beli di apotek atau toko obat. 


Olahraga

Olahraga penting juga untuk tetap dilakukan di masa pandemi. Jangan sampai kita hanya makan lalu rebahan. Berat badan saya cepat sekali bergerak ke kanan jika hanya makan dan rebahan. Usahakan bergerak aktif 30 menit setiap hari. Banyak sekali video aerobik di YouTube yang bisa kita ikuti supaya tubuh tetap bugar dan sehat di masa pandemi. 



Halodoc 

Meskipun sudah berusaha menjaga kesehatan terkadang masih juga ada anggota keluarga yang terkena flu atau demam. Saya tidak buru-buru ke dokter karena ada aplikasi yang bisa membantu saya, yaitu aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan sebuah aplikasi situs web Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. PT Media Dokter Investama, perusahaan aplikasi ini didirikan sejak tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta. 


Fitur yang ada di aplikasi Halodoc seperti:

Tanya Dokter melalui fitur ini kita bisa chat dengan Dokter Umum dan Dokter Spesialis kapan saja dan di mana saja.




Beli Obat 

Beli obat dan vitamin dalam waktu 60 menit tanpa harus keluar rumah melalui fitur beli obat di Halodoc.


Kunjungan ke Rumah Sakit

Kunjungan ke rumah sakit jadi lebih mudah karena kita bisa membuat janji terlebih dahulu sebelum ke rumah sakit. 


Cari Dokter

Cari dokter yang tepat dan sesuai kebutuhan bisa melalui fitur cari dokter di Halodoc. 


Cek Covid

Cek gejala yang dirasakan dan dapatkan segera penanganan melalui aplikasi Halodoc. Informasi mengenai Vaksin Covid juga bisa kita dapatkan melalui aplikasi Halodoc. 




Tunda Bepergian ke Luar Kota

Akhir tahun bersamaan dengan Hari Natal dan Tahun Baru biasanya dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Tapi melihat kondisi pandemi saat ini sebaiknya ditunda dulu rencana untuk mudik atau keluar kota karena ada persyaratan khusus untuk yang akan keluar kota dan kembali lagi ke ibukota. 


Alhamdulillah saya merasa terbantu dengan adanya  aplikasi  Halodoc. Karena di masa pandemi seperti sekarang ini agak takut jika harus datang langsung ke Pusat Layanan Kesehatan. Saya bisa tanya dulu dengan dokter, dan jika butuh obat juga bisa langsung diantar. Kalau memang terpaksa harus ke rumah sakit bisa membuat janji terlebih dahulu supaya tidak terlalu lama mengantre dan tidak menimbulkan kerumunan. 



Tetap patuhi 3M ya kawan. Jangan lupa berdoa dan jaga imun, iman dan aman. Semoga kita terhindar dari virus corona dan berharap pandemi ini segera berakhir supaya kita bisa hidup normal lagi dan bebas beraktivitas kembali. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi

Senang sekali tanggal 27 Mei 2021 lalu saya mengikuti webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi". Webinar ini diikuti oleh 1000 pe...