Senin, 08 November 2021

Memilih Game yang Tepat

 


Usia boleh tua semangat harus tetap muda, iya kan? Iya dong. Mama-mama seperti saya harus serba bisa memasak, menemani anak belajar dan bermain. Nah saat bosan menjalankan itu semua, saya biasanya cari hiburan. Hiburan sekarang gak harus mahal atau harus keluar rumah. Kita bisa bermain game menggunakan Laptop ataupun Smartphone. 


Beruntung sekali sekarang banyak permainan yang bisa mengasah otak jadi kita gak hanya buang waktu percuma. Saya juga cari game yang bisa dimainkan bersama si kecil. Beberapa waktu lalu saya baru dapat info dari teman kalau ada game seru yang bisa dimainkan bersama si kecil bahkan bisa menambah kemampuan anak yang sedang belajar bahasa Inggris. Namanya websitenya Solitaire .org. 


Karena kita memang berada di era digital, sulit memang untuk melarang anak bermain game. Mama-mama tak perlu khawatir karena tak semua game memberi pengaruh negatif selama masih bisa diawasi dan didampingi saat anak bermain game. Jangan lupa batasi waktu anak bermain game. 


Membantu anak memilih game yang baik untuk tumbuh kembangnya adalah salah satu solusi untuk mengurangi dampak negatif bermain game. 

Berikut langkah-langkahnya:


Pertama pilih resolusi yang baik 

Membantu si kecil memilih game dengan resolusi yang bagus agar lebih jelas dan nyaman bagi penglihatan si kecil. Pilih juga warna yang variatif agar mata anak tidak cepat lelah.


Selipkan pelajaran bahasa 

Sekarang si kecil lebih cepat mengenal bahasa Inggris dibandingkan saat saya masih kecil. Anak-anak sekarang bisa belajar bahasa Inggris melalui game karena kebanyakan vendor game menggunakan bahasa Inggris. Agar aktivitas bermainnya bisa menjadi ajang belajar, kita selipkan game tebak-tebakan berbahasa Inggris di perangkat yang digunakan anak bermain game. Sambil terus dampingi anak bermain game, dengan cara ini anak akan mengenal lebih banyak kata bahasa Inggris dengan cara yang mengasyikkan. 


Pilih game yang penuh teka-teki bermanfaat

Misalnya game tebak kata, tebak gambar atau puzzle untuk melatih ketelitian anak. 


Pilih game yang menambah pengetahuan umum

Game yang cocok untuk anak usia di atas 9 tahun adalah game yang dapat menambah pengetahuan umumnya. Misalnya tentang metode perhitungan, sejarah kerajaan-kerajaan, atau tokoh-tokoh berpengaruh di dunia. Selanjutnya setelah anak selesai bermain ajak anak berdiskusi bisa dipancing dengan pertanyaan mengenai apa saja yang dia mainkan. 


Selipkan juga game tentang strategi gaya hidup sehat 

Misalnya game yang karakter utamanya sayur mayur, buah-buahan, hewan sekaligus menyelipkan gaya hidup sehat misalnya game olahraga, makan makanan sehat dan juga waktu istirahat. Game ini memberikan pengetahuan tentang gaya hidup sehat. Dengan melihat buah dan sayuran merangsang keinginan anak untuk makan makanan sehat. 



Solitaire.org

Setelah tahu tips memilih game untuk kita dan anak langsung saja kita ke website Solitaire.org

Solitaire adalah website game online yang menyajikan banyak jenis permainan. Kita bisa bermain semua game secara gratis tanpa ada iklan dan akses yang cepat. 


Jangan khawatir bosan, karena selain permainan kartu di website solitaire ada banyak juga jenis permainan yang bisa kita temukan. Ada banyak game yang bisa mengasah otak dan bagus untuk melatih kemampuan otak kita. Pas banget kan terlalu banyak rebahan otak jadi lemot. 


Berikut beberapa permainan yang sudah saya coba: 



Candy House 

Permainan Candy House ini hampir mirip dengan permainan candy crush, saya sering bermain permainan candy crush bersama si kecil jadi permainan ini kurang lebih sama.  Saya hanya perlu menghancurkan kotak berwarna yang sama sebanyak minimal 3, secara vertikal ataupun horizontal. Level pada permainan ini ada 50, saya sih ingin mencoba permainan yang lain jadi gak sampai level tinggi banget. 


Permainan Candy House ini terbilang mudah, hanya butuh konsentrasi dan fokus pada tujuan. 


Letter Scramble

Permainan ini cocok untuk mengasah otak karena kita harus menyusun kata dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin. Meskipun permainan Letter Scramble ini hanya sampai level 3 tapi seru, karena kita harus menyusun kata sebanyak 20, 30 hingga 40 kata, tapi waktunya hanya 5 menit saja.  



Permainan ini sangat cocok untuk anak saya yang sedang menambah kosakata baru. Kami bisa bermain bersama dengan game ini, jadi double manfaat saya dan anak bisa sama-sama belajar bahasa Inggris. Nantinya saya akan jadwalkan bermain game ini satu jam sehari agar kemampuan bahasa Inggris saya dan anak semakin bertambah. 


Daily word search

Permainan ini mencari kata tersembunyi, baik secara horizontal, vertikal  maupun diagonal. Sebelum mulai permainan Daily word search, kita harus memilih jumlah kolom, yang terdiri dari 12x12, 14x14 dan 16x16, semakin besar angkanya semakin banyak jumlah kotaknya. 


Jumlah kata yang harus saya cari sebanyak 21 kata dan yang terlihat hanya 10 di sebelah kiri layar. Sisanya tugas kita untuk mencarinya. Permainan ini gak hanya untuk mengisi waktu luang tapi juga bisa melatih konsentrasi. Jadi kita tetap berpikir meskipun sebenarnya sedang bermain game. 


Hidden kitchen

Bagi ibu-ibu seperti saya yang kerjaannya sering di dapur, permainan ini pastinya menyenangkan karena sangat mudah. Mudah banget malahan saya hanya harus mencari 10 benda yang tersembunyi di dapur dalam waktu 5 menit saja. Jika salah mengetik benda yang tersembunyi maka waktu kita berkurang 5 detik. Jika gagal dan ingin mengulang lagi, maka kita harus mencari benda yang berbeda dari yang sebelumnya. 



Permainan Hiden Kitchen sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi ibu-ibu seperti saya. Karena bisa meningkatkan kemampuan saya dalam melihat objek yang samar. Saya juga bisa bermain bersama si kecil sekaligus mengenalkan nama-nama benda yang ada di dapur. 


Cross word  

Siapa yang sering mengisI Teka-Teki Silang (TTS)? Saya malah sering beli buku TTS sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Bahkan setiap ada koran saya paling senang mengisi TTS yang ada. 



Pas banget saat menemukan game Cross  Word ini terasa seperti bernostalgia. Permainan TTS ini punya pertanyaan yang berbeda-beda setiap harinya. Supaya tidak mudah bosan, kita bisa mencari pertanyaan lainnya 6 bulan ke belakang atau enam bulan ke depan. 



Sama seperti game lainnya yang ada di Solitaire.org manfaat bermain TTS ini adalah untuk meningkatkan kemampuan otak secara umum. Bagus banget untuk orang-orang seusia saya yang tidak muda lagi, karena bisa mencegah penyakit mudah lali alias lupa atawa pikun. Salah satu cara mencegah cepat lupa adalah melakukan aktivitas yang bisa menstimulasi kemampuan otak, seperti bermain TTS. 


Bagaimana teman-teman, mau mencoba permainan di Solitaire.org? Seusia kita meskipun tak muda lagi harus tetap semangat ya, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Selain olahraga, ibadah, dan bermain game yang bisa meningkatkan kemampuan otak.

Semoga sehat selalu dan panjang umur ya.


10 komentar:

  1. aku dan krucils main games di Solitaire.org gak ada bosen2nyaaaa..main teross..gaskeun.hahaha

    BalasHapus
  2. Aaaak aku suka semuaaaaa
    Hidden kitchen, crosswords, cards. Ketahuan umur aja deh kalo cards hihii

    BalasHapus
  3. Aku kira hanya game kartu solitaire saja, ternyata ada banyak game menarik lainnya yang bisa dimainkan. Mantap!

    BalasHapus
  4. Zaman masih sekolah pas punya komputer, suka banget install berbagai game supaya punya hiburan pas suntuk belajar. Sekarang sih udah enak banget yaa udah ada banyak webnya, dan salah satunya yang direkomendasikan ini. Hehe

    BalasHapus
  5. Hahahaha...ini game yang pertama ku mainin waktu punya komputer jadul. Emang enak sih..nyantai bikin mood naik, asal jangan kelamaan.

    BalasHapus
  6. Game emang bikin ketagihan buat ngilangin stress. Tapi otak jd bisa berpikir namun tetep santai. Kl solitare nih games jaman dulu ya. Di komputer tuh pasti ada games ini.

    BalasHapus
  7. Permainan ini bikin ketagihan hehehe tapi ke arah positif. Aku suka main yang kartu atau yang crossword. Salam kak Ria @dewi_puspa

    BalasHapus
  8. Aku juga kalau lagi dagang suka main GAME ini, seru banget dan bkin greget kalau kalah

    BalasHapus
  9. main game online emang addict sih ya buat anak-anak, dewasa juga, makanya mesti ada pendampingan plus pilih2 games yg ada edukasinya juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Olahraga di Ancol Nyaman dan Asik

  Biasanya saya berolahraga di Car Free Day dekat rumah tapi terlalu ramai. Kemarin pas weekend saya nyobain olahraga ke Ancol pusat wisata ...