Selasa, 12 Desember 2023

10 Rekam Jejak Prabowo Subianto

Sumber foto Twitter @prabowo

Siapa yang tidak kenal dengan Prabowo Subianto? Akhir-akhir ini namanya makin sering terdengar di TV karena merupakan Calon Presiden 2024, berpasangan dengan Gibran Rakabuming. Yuk kita kulik rekam jejak Prabowo Subianto.


Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo  Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Ternyata Prabowo Subianto sejak kecil sudah menempuh pendidikan di luar negeri.  Saat duduk di bangku sekolah dasar di Hongkong. Pernah juga Malaysia dan Swiss, juga Inggris saat Sekolah Menengah Atas. Setelah pensiun menjadi abdi negara rekam jejak Prabowo menjadi Pengusaha.. 


Prabowo Subianto merupakan Ketua Umum Partai Gerindra memiliki rekam jejak, pernah menempuh pendidikan Akabri di Magelang pada tahun 1970-1985. Beliau pernah bertugas di Kopassandha, dulu adalah pasukan Khusus TNI AD. 



Di usianya yang ke 26 tahun, Prabowo Subianto mendapat tugas penting. Menjabat sebagai Komandan Pleton Operasi Seroja, yaitu menangkap Nicolau dos Reis Lobato. 




Karir Prabowo di militer pada tahun 1995 semakin baik, menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus. Rekam jejak tugas yang diemban adalah melaksanakan operasi pembebasan sandera Mapenduma dari tangan OPM. 



Rekam jejak Prabowo pada tahun 1996-1998 menjadi Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat. Selanjutnya menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI. 


Berikut rekam jejak Prabowo Subianto di Militer secara lengkap:


✅Pada tahun 1974 hingga tahun 1985 Prabowo bertugas di komando Pasukan Sandi Yudha atau Kopassandha, yang dulu merupakan pasukan  khusus TNI AD. Tugas Prabowo dalam pasukan ini adalah sebagai komandan pleton grup I/Para Komando, bagian dari pasukan operasi Nanggala di Timor-Timur.



✅Menjadi Komandan Pleton Operasi Seroja, pada usia 26 tahun. Dengan tugas penting memimpin misi penangkapan Nicolau dos Reis Lobato, pimpinan Fretilin. 



✅Mendirikan Datasemen Khusus 81, Satuan Elit Anti Teror Kopassus.


✅Diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus pada tahun 1995, dengan salah satu tugasnya adalah melaksanakan operasi pembebasan sandera Mapenduma dari tangan OPM.


✅Menjadi wakil komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328, tahun 1995. 


✅Memimpin ekspedisi puncak everest, menjadikan  Indonesia terkenal sebagai negara dari Asia Tenggara pertama yang berhasil menaklukan puncak everest. 


✅Lulusan terbaik Fort Bragg, sekolah pasukan khusus tersulit dl dunia.


✅Menjadi pelatih pasukan khusus Kamboja dan mendapatkan penghargaan dari PM Kamboja. 


✅Saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam 100 hari pertamanya berhasil meyakinkan Kongres Amerika, untuk menyetujui penjualan pesawat tempur supersonik canggih F15ID ke Indonesia. 


✅Dalam pendidikan militer, Prabowo mengembangkan program studi sarjana Kedokteran Militer dan Sarjana MIPA militer di UNHAN. Prabowo juga membebaskan biaya kuliah bagi kader berprestasi. 




Rekam Jejak Politik Prabowo Subianto 

Selain jadi pengusaha Prabowo juga terjun ke dunia politik. Pada tahun 2009 rekam jejak Prabowo untuk pertama kali menjadi calon wakil presiden Megawati yang pada saat itu mengusung ekonomi kerakyatan. 

Pernah menjadi calon presiden juga pada pemilu lima tahun kemudian. 



Rekam jejak prabowo dipilih menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Prabowo Subianto dilantik menjadi Menteri Pertahanan, dilantik pada 23 Oktober 2019. Selama menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo berhasil menjalin beberapa kerjasama strategis untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan negara. Belum lama ini prabowo menjalin kerjasama dengan Arab Saudi dalam rangka memperkuat hubungan bilateral kedua negara tersebut. 


Sebagai orang nomor satu di Kementerian Pertahanan rekam jejak Prabowo sangat positif. Terbukti dengan citra positif sebagai salah satu kementerian yang paling strategis di bawah pemerintahan Kabinet saat ini. Berdasarkan data survei Indonesia Political Opinion (IPO), periode 5-13 Juni 2023 Kementerian Pertahanan terbukti keluar sebagai salah satu kementerian dengan kinerja paling positif.


Itulah rekam jejak Prabowo Subianto jika ada yang kurang atau terlewat Monggo ditambahkan ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...