Kamis, 14 Desember 2023

Talk Show Suara Untuk Indonesia Bebas Kusta

 


Kasus Baru kusta di Indonesia mengalami stagnasi selama 10 tahun terakhir dengan jumlah mencapai 18.000 kasus. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kasus kusta tertinggi ketiga di dunia. 


Kusta merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan disabilitas. Pada tahun 2017, angka disabilitas akibat kusta masih mencapai 6,6 orang per 1.000.000 penduduk. Padahal pemerintah punya target angka disabilitas kusta kurang dari 1 orang per 1000.000 penduduk. 


Ini menunjukkan masih adanya masalah dalam penanganan kusta di Indonesia. Salah satunya terkait sosialisasi apa itu kusta dan apa dampaknya bila penyakit ini terlambat di tangani. Penyakit kusta juga cepat menular jika tidak segera ditangani. 


Pada tahun 2021, dilaporkan adanya peningkatan jumlah pasien kusta baru secara global, yaitu sebanyak lebih dari seratus empat puluh ribu. Meskipun demikian, jumlah pasien baru yang tercatat saat ini masih lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi covid 19, yang mencapai sekitar dua ratus ribu kasus. Hal ini mengindikasikan adanya keterlambatan dalam penemuan dan pengobatan kusta. 


Dalam Rangka meningkatkan kesadaran kolektif mengenai kusta, diadakan acara talk show #SuarauntukIndonesiaBebasKusta yang diselenggarakan bulan Juli 2023 bertepatan dengan kunjungan dan diskusi Sasakawa Health Foundation (SHF), salah satu donor potensial yang dihubungi oleh NLR. SHF sedang mengunjungi proyek PEP ++ NLR Indonesia di Jakarta dan Jawa Timur untuk mempelajari bagaimana NLR Indonesia mengelola program PEP++ dan program kusta lainnya di Indonesia. 



Seperti apa program Sasakawa Health Foundation (SHF) menangani kusta di Indonesia? Berikut pemaparan narasumber saat talk show. 


Ms  Aya Tobiki- Chief Program Officer, Hansen's Disease Program, Sasakawa Helath Foundation.


Mencegah penyebaran kusta, agar kusta ini dan agar kusta ini benar benar tereliminasi dari Indonesia dan dunia. 

Mengatasi masalah kusta

Menghilangkan diskriminasi

Memelihara sejarah tentang riwayat penanganan kusta. 


Miss Aya menjelaskan  1974, fokusnya ke penyakit kusta. Kista tidak hanya di jepang tapi juga di seluruh dunia. 


Misi SHF adalah semua manusia berhak atas nilai nilai kemanusian. 

Memberi dukungan pada orang-orang untuk meningkatkan kesehatan dan memiliki martabat yang sama. 



Miss Aya menceritakan bagaimana kesannya, mengunjungi 3 tempat melihat bagaimana stakeholder bekerja sama sangat baik, bagaimana pkk senam dengan latar belakang musik kusta dan menjelaskan bagaimana itu kusta. Bagaimana dinas kesehatan bekerjasama dengan baik untuk menangani pasien kusta. Bagaimana sistem rujukan dibangun.


Miss Aya juga bertemu dengan gadis kecil yg cantik dan kena kusta. Tapi karena neneknya mempunya stigma bahwa harus disembunyikan sehingga pengobatan tidak berlanjut. Tapi setelah orang tua si gadis kecil pulang dari luar negeri barulah dibawah ke puskesmas dan mendapatkan pengobatan. 


Pesan Miss Aya untuk penderita kusta:

Orang orang dengan sakit kusta patut untuk mendapat perlakuan yang sama jangan dikucilkan.


Asken Sinaga - Executive Director NLR Indonesia 

Dari NLR kita mempunyai tiga program unggulan untuk mengentaskan kusta. 

Desa Sahabat Kusta 

Suara Untuk Indonesia bebas kusta

Advokasi Indonesia bebas Kusta 

Mendorong inklusi, menyarankan NLR, permata dan pemerintah untuk bekerjasama. 



Ardi Yansyah - OYPMK & Ketua Permata Bulukumba


Bagaimana orang orang di sekeliling mas Ardi apakah pernah mengalami diskriminasi? Status ekonomi miskin seringkali membuat OYPMK mendapat perlakuan berbeda. Jika dulunya ramah sekarang menjauh, sehingga membuat OYPMK merasa diperlakukan tidak adil. Tetapi setelah mas Ardi berkolaborasi dengan NLR sejak 2018 alhamdulillah sudah mendapat perlakuan yang baik kembali. 


Diperlukan kesadaran masyarakat, jika merasakan gejala kusta sebaiknya segera memeriksakan diri.


Kusta bukan kutukan hilangkan stigma. Obat kusta tersedia secara gratis di Puskesmas. Kita harus tahu fakta kusta, kita harus peduli tentang kusta. Pentingnya pemahaman dan edukasi tentang kusta. Hapus stigma negatif kusta, berikan pendekatan pada penderita kusta agar mereka nyaman berobat.  


Untuk talk show lengkapnya silahkan nonton langsung di link berikut https://youtu.be/P_69fRS7xLE?si=jmGaDkTZ3Ze5i80A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Pelepasan Ekspor PT Tata Metal Lestari Ke 3 Negara

  Purwakarta 21 Juni 2024  Suatu kebanggaan bagi saya bisa hadir di acara pelepasan ekspor PT Tata Metal Lestari bersama tim Blomil.