Selasa, 14 Februari 2017

Belajar Vlogging Dan Fotografi Di Little Talk Coffee

Little Talk Coffee

Tanggal 11 Februari 2017 saya melangkahkan kaki untuk menuju Bekasi, walaupun cuaca gerimis tetap semangat. Saya penasaran dengan lokasi  Little Talk Coffee yang berada di area Perumahan Vida Bekasi. Vida Bekasi adalah sebuah kawasan terpadu seluas 130 hektar yang dikembangkan oleh Gunas Land di Narogong Bekasi. Little Talk Coffee adalah tempat acara berlangsung yang berupa kedai kopi  yang nyaman dengan banyak kursi di dalam dan luar ruangan. Sepertinya pas untuk talk show, launching produk  atau acara komunitas. Sebelum sampai lokasi Little Talk Coffee saya sempat melewati Perumahan Vida Bekasi yang  memang cukup luas dan sebagian dalam proses pembangunan. Kabarnya di Vida Bekasi juga ada fasilitas olahraga, lahan kebun organik yang dikelola oleh Farm4Life dan juga ada tempat pengolah limbahnya.
Lokasi acara 

Dari rumah saya di daerah Ciracas Jakarta Timur, sebenarnya akan lebih dekat jika lewat Pondok Gede atau bisa juga lewat Cibubur, hanya saja saya memang senang mencoba hal baru. Saya memilih naik bus Trans Jakarta sehingga rutenya agak jauh. Okelah ga masalah, yang penting sekarang saya jadi tahu ternyata Vida Bekasi mudah diakses asalkan tahu rute yang pas. Pesan mas ojek online yang mengantar saya pulang, google maps ya diupdate setiap hari hehehe.

Just A Little Talk

Oh iya saya ke Little Talk Coffee Vida Bekasi dalam rangka mengikuti acara Just a Little Talk belajar  vlogging dan shooting bersama Mas Gun yang akun instagramnya @GEONROCK, dan belajar fotografi bersama Jonathan dengan akun Instagram @JONATHANEND yang sudah saya follow keduanya lho. Acara pun dimulai karena waktu sudah menunjukan pukul 14.30. Narasumber yang mendapat kesempatan pertama berbagi ilmu ngevlog adalah Mas Gun . Berikut pemaparannya yang sempat saya tangkap walaupun pasti ada yang terlewat, hehehe.

Mas Gun 

Vlog adalah singkatan dari video blog atau bisa juga diartikan blog dalam bentuk video. Vlog biasanya merekam kegiatan seseorang atau pembahasan topik tertentu. Vlog identik dengan youtube dan travel blogger. Vlogging adalah berbicara di depan kamera menceritakan tentang sesuatu, berbicara berbagi tips yang menarik. Sekarang biasanya setiap berpergian baik ke pantai, menginap di hotel, semua dibuat videonya. Tujuannya untuk berbagi informasi.

Serius menyimak
Sumber Foto @umenumen

Langkah-langkah membuat vlog : yang pertama  harus mebuat akun youtube, kedua harus punya kamera yang bagus, minimal kamera dengan resolusi video  720p atau 1080p agar vlog makin maksimal.
Menurut Mas Gun pemilihan kamera sangat penting tapi sesuaikan saja dengan kondisi  yang kita punya. Dengan kamera murah pun tetap bisa membuat vlog. Selain itu faktor terpenting dalam membuat vlog  adalah pencahayaan yang baik, vlog akan terlihat profesional dan asyik untuk ditonton. Contoh kamera yang oke untuk vlog misalnya Action Camera GoPro, Brica B-Pro atau Xiaomi Yi. Tapi kamera i-phone atau Apple juga oke sepertinya. Sudah lama saya mengimpikan punya alat-alat pendukung untuk membuat vlog supaya bisa mengikuti jejak teman-teman lainnya yang sudah duluan ngevlog.
Kualitas audio dari vlog juga perlu diperhatikan, jika built in microphone yang ada pada kamera tidak menghasilkan suara yang bagus, kita bisa menggunakan microphone eksternal yang harganya cukup murah.

Little Talk Coffee tampak dari luar

Sumber foto @jonathanend


Tips agar vlog banyak ditonton adalah pilihlah topik yang disukai atau dibutuhkan masyarakat. Tidak ada istilah durasi ideal pada vlog karena vlog bukan TV. Batasannya bukan durasi tapi kuota. Yang terpenting konten padat dan menarik, durasi efektif. Namun saat awal ngevlog buatlah durasi yang tidak membuat calon subscriber sayang buang-buang kuota 3-5 menit dengan konten menarik. Jika viewer demanding, perpanjang  durasi dengan konten  yang tetap padat.
Proses terakhir dari pembuatan vlog adalah editing. Jika menggunakan desktop bisa menggunakan aplikasi antara lain movie maker, adobe premier. Jika menggunakan smartphone (android) bisa mengedit  dengan aplikasi antara lain vidioshow, adobe premier clips, power director.
Selanjutnya giliran Jonathan berbagi ilmu cara membuat foto-foto yang bagus. Pesan dari Jonathan yang pertama adalah jangan berpikir tentang apa yang akan dikatakan orang tentang foto kita. Kita harus bersikap tenang, melakukan observasi dan temukan apa yang kita suka.
Buatlah foto dengan menyerupai garis-garis yang kemudian membentuk obyek gambar, akan membuat viewer tertarik dengan foto yang kita posting.

Sumber Foto @jonathanend

Memotret dengan dibantu grid dapat menguatkan materi foto yang kita buat.
Memotret di saat terjadi peristiwa-peristiwa penting. Peristiwa penting ini bisa berupa hal-hal yang ekstrim atau emosional dan bersifat alamiah sehingga akan menghasilkan foto-foto yang menarik.
Memotret dengan pencahayaan yang bagus, misalkan dekat jendela besar. Bisa juga dengan mengelilingi subyek foto kita hingga cahaya tertangkap lensa kamera. Cahaya dapat memberikan efek magis dan spiritual ke dalam foto yang kita buat.
Selalu menakjubkan untuk memotret di malam hari. Jadi ketika matahari telah tenggelam ada hal-hal menarik untuk ditangkap kamera kita.



Jonathan
Sumber foto: Ria Bilqis

Foto Bersama 
Sumber: @geonrock


Setelah Jonathan memberikan trik-trik membuat foto yang keren, acara pun diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pengumuman 5 orang pemenang livetweet dan foto bersama. Acara ini sangat menarik karena saya bisa belajar dengan susana yang akrab dan santai. Memandang ke luar ada danau yang indah. Saya tertarik untuk datang ke Little Talk Coffee lagi, apalagi sudah tahu rute ke sana.

Pemandangan di depan Little Talk Coffee
Sumber Foto Ria Bilqis

Yeay pemenang livetweet
Nasi Goreng menu
Pasta 
(Menu di Little Talk Coffee)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...