Senin, 12 Juni 2017

Tetap Selamat Aman Nyaman Mudik Dengan Transportasi Udara



Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, siapa yang sudah berencana mudik? Ada berbagai transportasi yang bisa digunakan saat mudik. Mudik antar kota biasanya dengan bus, kereta api, atau dengan pesawat udara jika ingin cepat tiba di kota kelahiran. Berdasarkan kalkulasi Kementerian Perhubungan RI, jumlah penumpang melalui jalur udara naik sekitar 9% dibanding musim mudik tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi tingginya arus mudik jalur udara tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan RI membuat beragam kebijakan.



Oh ya kita semua pasti berharap bisa mudik selamat sampai tujuan, dan bisa kembali lagi dengan selamat. Senangnya saya sudah bergabung dengan komunitas #SobatAviasi. Melalui komunitas Sobat Aviasi kita dapat mengetahui berbagai tips aman nyaman menggunakan transportasi udara. Caranya kita bisa bergabung di https://www.facebook.com/djpu151 atau #SobatAviasi. Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara – Kemenhub RI. Sobat Aviasi akan banyak memberikan info yang bermanfaat bagi kita semua.



Chek-in online

Terakhir saya bepergian dengan pesawat terbang bulan Mei lalu, karena takut terlambat saya beserta rombongan melakukan chek-in online yang sekarang sudah banyak disediakan maskapai penerbangan di Indonesia. Situasi jalanan di Jakarta yang lebih sering macet membuat saya sangat terbantu dengan situs aplikasi online ini. Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan dan batas waktu chek-in yang berbeda. Pastinya dengan memanfaatkan teknologi kita semua akan terbantu, sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan mudik seperti kemudahan, kecepatan dan efisiensi waktu pelayanan bisa kita dapatkan.
Aturan batas waktu chek-in telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18. Walaupun ada aplikasi chek-in online alangkah baiknya tiba lebih awal di bandara, biasanya batas waktu penutupan chek-in di bandara adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara. Seperti dianjurkan oleh #SobatAviasi tibalah di bandara lebih awal agar perjalanan penerbangan kita #SelamatAmanNyaman#Selamanya.




Melindungi barang bawaan

Tips lainnya dari #SobatAviasi bagaimana melindungi dan menjaga barang bawaan agar tidak hilang. Alhamdulillah selama ini saya belum pernah kehilangan barang saat melakukan penerbangan.
Berikut tips agar kita bisa mengawasi barang bawaan secara maksimal dari #SobatAviasi:
  1. Hindari untuk meletakkan uang dalam kotak keamanan saat proses Security Check Point
  2. Hindari pergi mendahului tas kamu saat melewati detector logam
  3. Selalu awasi barang dan tas bawaan anda, usahakan juga untuk memberikan tanda atau label
  4. Ingatlah benda-benda yang kita bawa

Saran tambahan dari saya sebaiknya jam tangan jangan dipakai dulu dan disimpan di dalam tas, untuk mengurangi keribetan saat proses chekc-in. Petugas biasanya akan meminta kita meletakkan koper termasuk aksesori berbahan logam di Conveyor Belt untuk selanjutnya dipindai dengan mesin x-ray. Check-in berlaku di semua bandara di Indonesia tujuannya adalah agar pihak keamanan bisa mendeteksi benda-benda berbahaya yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Sekaligus pemeriksaan untuk mencegah peredaran barang-barang yang dilarang oleh hokum Indonseia seperti narkotika.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara - Kemenhub RI mengajak kita semua untuk membudayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan. Sekaligus ajakan untuk kita semua khususnya pengguna transportasi udara untuk mengutamakan keselamatan diri. Teman-teman juga bisa mengikuti lomba Vlog dan info lengkapnya di sini http://selamanya.id

Berikut lirik jingle yang dibuat oleh #SobatAviasi:

Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat-ingatlah wajah
Yang menunggu tanpa lelah
Kehadiranmu lagi
Untukmu terbang, terbang kembali
Pulang ke rumah kita dan bersama selamanya
Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman
Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang damai
Kan bawa pulang senyuman
Selamanya

Untuk kita semua yang akan mudik dengan transportasi udara #SobatAviasi menyarankan membawa barang secukupnya atau gunakan koper yang ringan. Karena jika berlebihan akan dikenakan Excess Baggage atau biaya tambahan kelebihan bagasi. Periksa kembali barang bawaan, jangan sampai melebihi berat yang ditentukan maskapai seperti yang tercantum pada tiket. Biasanya per tiket dibatasi tidak lebih dari 20 kg.



Barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat

Seringkali saya mengabaikan ini, air yang berlebihan juga dilarang untuk dibawa ke kabin pesawat. Teringat waktu saya terbang bulan Mei lalu, saat baru akan terlelap pramugari membangunkan saya karena ada air menetes dari bagasi di atas tempat duduk saya. Ternyata teman di sebelah saya membawa air mineral dan airnya pun tumpah hingga menetes. Berikut kelompok barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat, seperti objek dengan ujung tajam misal gunting dan silet. Jika membawa barang tersebut sebaiknya letakkan di bagasi tercatat.


Keselamatan dan keamanan penerbangan akan terwujud jika kita semua ikut menjaganya, termasuk kita para penumpang sebagai pengguna jasa angkutan udara. Bercanda tentang bom tidak diperbolehkan. Bagi yang sengaja dan terbukti melakukan akan dikenakan pasal pidana dengan hukuman penjara paling lama satu tahun. Ini sudah diatur dalam UU No 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, pasal 437.




Senang sekali bisa bergabung bersama #SobatAviasi yang mengajak kita semua menjaga agar perjalanan kita selama dalam penerbangan selalu #SelamatAmanNyaman #Selamanya. Kementerian Perhubungan RI juga mengajak kita #AyoMudikLewatUdara, dan ayo gabung juga di https:www.instagram.com/djpu. Semoga perjalanan mudik tahun ini menyenangkan. Kita bisa bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta dengan selamat.


Sumber : Pengalaman pribadi dan https://www.facebook.com/djpu151 / #SobatAviasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...