6/12/2017

Tetap Selamat Aman Nyaman Mudik Dengan Transportasi Udara



Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, siapa yang sudah berencana mudik? Ada berbagai transportasi yang bisa digunakan saat mudik. Mudik antar kota biasanya dengan bus, kereta api, atau dengan pesawat udara jika ingin cepat tiba di kota kelahiran. Berdasarkan kalkulasi Kementerian Perhubungan RI, jumlah penumpang melalui jalur udara naik sekitar 9% dibanding musim mudik tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi tingginya arus mudik jalur udara tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan RI membuat beragam kebijakan.



Oh ya kita semua pasti berharap bisa mudik selamat sampai tujuan, dan bisa kembali lagi dengan selamat. Senangnya saya sudah bergabung dengan komunitas #SobatAviasi. Melalui komunitas Sobat Aviasi kita dapat mengetahui berbagai tips aman nyaman menggunakan transportasi udara. Caranya kita bisa bergabung di https://www.facebook.com/djpu151 atau #SobatAviasi. Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara – Kemenhub RI. Sobat Aviasi akan banyak memberikan info yang bermanfaat bagi kita semua.



Chek-in online

Terakhir saya bepergian dengan pesawat terbang bulan Mei lalu, karena takut terlambat saya beserta rombongan melakukan chek-in online yang sekarang sudah banyak disediakan maskapai penerbangan di Indonesia. Situasi jalanan di Jakarta yang lebih sering macet membuat saya sangat terbantu dengan situs aplikasi online ini. Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan dan batas waktu chek-in yang berbeda. Pastinya dengan memanfaatkan teknologi kita semua akan terbantu, sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan mudik seperti kemudahan, kecepatan dan efisiensi waktu pelayanan bisa kita dapatkan.
Aturan batas waktu chek-in telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18. Walaupun ada aplikasi chek-in online alangkah baiknya tiba lebih awal di bandara, biasanya batas waktu penutupan chek-in di bandara adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara. Seperti dianjurkan oleh #SobatAviasi tibalah di bandara lebih awal agar perjalanan penerbangan kita #SelamatAmanNyaman#Selamanya.




Melindungi barang bawaan

Tips lainnya dari #SobatAviasi bagaimana melindungi dan menjaga barang bawaan agar tidak hilang. Alhamdulillah selama ini saya belum pernah kehilangan barang saat melakukan penerbangan.
Berikut tips agar kita bisa mengawasi barang bawaan secara maksimal dari #SobatAviasi:
  1. Hindari untuk meletakkan uang dalam kotak keamanan saat proses Security Check Point
  2. Hindari pergi mendahului tas kamu saat melewati detector logam
  3. Selalu awasi barang dan tas bawaan anda, usahakan juga untuk memberikan tanda atau label
  4. Ingatlah benda-benda yang kita bawa

Saran tambahan dari saya sebaiknya jam tangan jangan dipakai dulu dan disimpan di dalam tas, untuk mengurangi keribetan saat proses chekc-in. Petugas biasanya akan meminta kita meletakkan koper termasuk aksesori berbahan logam di Conveyor Belt untuk selanjutnya dipindai dengan mesin x-ray. Check-in berlaku di semua bandara di Indonesia tujuannya adalah agar pihak keamanan bisa mendeteksi benda-benda berbahaya yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Sekaligus pemeriksaan untuk mencegah peredaran barang-barang yang dilarang oleh hokum Indonseia seperti narkotika.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara - Kemenhub RI mengajak kita semua untuk membudayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan. Sekaligus ajakan untuk kita semua khususnya pengguna transportasi udara untuk mengutamakan keselamatan diri. Teman-teman juga bisa mengikuti lomba Vlog dan info lengkapnya di sini http://selamanya.id

Berikut lirik jingle yang dibuat oleh #SobatAviasi:

Sebelum kau melangkah
Keluar dari rumah
Ingat-ingatlah wajah
Yang menunggu tanpa lelah
Kehadiranmu lagi
Untukmu terbang, terbang kembali
Pulang ke rumah kita dan bersama selamanya
Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang nyaman
Kan bawa pulang senyuman
Jaga keselamatanmu
Amankan perjalananmu
Karena hati yang damai
Kan bawa pulang senyuman
Selamanya

Untuk kita semua yang akan mudik dengan transportasi udara #SobatAviasi menyarankan membawa barang secukupnya atau gunakan koper yang ringan. Karena jika berlebihan akan dikenakan Excess Baggage atau biaya tambahan kelebihan bagasi. Periksa kembali barang bawaan, jangan sampai melebihi berat yang ditentukan maskapai seperti yang tercantum pada tiket. Biasanya per tiket dibatasi tidak lebih dari 20 kg.



Barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat

Seringkali saya mengabaikan ini, air yang berlebihan juga dilarang untuk dibawa ke kabin pesawat. Teringat waktu saya terbang bulan Mei lalu, saat baru akan terlelap pramugari membangunkan saya karena ada air menetes dari bagasi di atas tempat duduk saya. Ternyata teman di sebelah saya membawa air mineral dan airnya pun tumpah hingga menetes. Berikut kelompok barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat, seperti objek dengan ujung tajam misal gunting dan silet. Jika membawa barang tersebut sebaiknya letakkan di bagasi tercatat.


Keselamatan dan keamanan penerbangan akan terwujud jika kita semua ikut menjaganya, termasuk kita para penumpang sebagai pengguna jasa angkutan udara. Bercanda tentang bom tidak diperbolehkan. Bagi yang sengaja dan terbukti melakukan akan dikenakan pasal pidana dengan hukuman penjara paling lama satu tahun. Ini sudah diatur dalam UU No 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, pasal 437.




Senang sekali bisa bergabung bersama #SobatAviasi yang mengajak kita semua menjaga agar perjalanan kita selama dalam penerbangan selalu #SelamatAmanNyaman #Selamanya. Kementerian Perhubungan RI juga mengajak kita #AyoMudikLewatUdara, dan ayo gabung juga di https:www.instagram.com/djpu. Semoga perjalanan mudik tahun ini menyenangkan. Kita bisa bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta dengan selamat.


Sumber : Pengalaman pribadi dan https://www.facebook.com/djpu151 / #SobatAviasi

52 komentar:

  1. Waahh ternyata sobat Aviasi ngebantu banged ya Mba untuk yg berencana Mudik menggunakan pesawat. Jadi tambah tau juga peraturan dan info untuk kesalamatan dalam mudik lewat udara.

    Thanks for share Mba Ria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Betul mba aku dulu kerja di penerbangan memang peraturannya seperti ini. Buat keamanan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet ya ngerasain buka pasang jam ,mending ga pake jam .polos.saja

      Hapus
  3. Aku baru sekali naek pesawat tapi info ini bermanfaat banget nih siapa tau aja nanti naek pesawat lagi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga segera kesampaian ya

      Hapus
  4. wah lengkap banget tipsnya. Tasku pernah dicurigai karena bawa kamera. Dikira barang berbahaya apa gitu. Btw, tongsis juga ga boleh dibawa lho ke kabin, takut buat pentungin orang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tongsis juga dilarang ya heheheh kita harus patuhi ya agar selamat aman, nyaman

      Hapus
  5. Komunitas #SobatAviasi ini penting buat penyebaran informasi2 yg terkesan remeh tapi fatal klo dilakuin, kecelakaan transp udara terjadi kadang karena ulah penumpang yg tidak taat aturan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang masalah HP walaupun mode pesawat mending matiin saja kata aku mah.

      Hapus
  6. Meski banyak peraturan yang kadang membuat kita ribet tapi harus dipatuhi untuk keselamatan bersama ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, akhirnya ada mba Tati.

      Hapus
  7. Aku juga sering dapat info dari sobat aviasi mbak tentang keselamatan penerbangan... Makasih infonnya mbaj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, ayo ikutan lomba blog nya

      Hapus
  8. Tipsnya bermanfaat banget mbak. Nanti aku praktekin

    BalasHapus
  9. jadi kangen pengen bolak-balik naik pesawat. sekarang udah ga mudik lagi, jadi ga kemana2 :D

    BalasHapus
  10. Pas banget nih tipsnya buat mudik nanti. Tapi saya agak seyeeem naik pecawat, soale ke jogja terkenal seyem landingnya. Jam tangan & Belt emang sering bgt bikin ribet yaa...bener banget, mending taruh di tas dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau ke Jogya butuh muter+muter baru kandung, karena bandaranya kecil jadi harus gantian.

      Hapus
  11. Walaupun saya takut keginggian alias takut terbang hihihii tapi informasinya bermanfaat sekaliii bund Ria

    BalasHapus
  12. Walaupun saya takut keginggian alias takut terbang hihihii tapi informasinya bermanfaat sekaliii bund Ria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bun, saya juga takut ketinggian๐Ÿ˜€

      Hapus
  13. Wahh tips yg berguna banget nih untuk yg mudik dgn jalur udara, nice share sist ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga perjalanan mudik nanti aman,nyaman dan selamat.

      Hapus
  14. Harus taat peraturan agar kita sama" emak dalam perjalanan ya... Makasih informasinya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat

      Hapus
  15. Banyak manfaatnya yaa bergabung dengan sobat aviasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sudah gabung juga kan mba

      Hapus
  16. Aku baru sekali naik pesawat hehe.. mudiknya deket.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agustus kalau diajak ke Jogya ya, naik pesawat sama si merah

      Hapus
  17. Banyak manfaatnya yaa bergabung dengan sobat aviasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mba ,sudah gabung kan ?

      Hapus
  18. Kapannn naik pesawatt barengg???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya diajak ke Jogya lagi

      Hapus
  19. Suamiku prnh ngalamin mba hp + charge yang hilang tasnya dh d obrak abrik...�� Noted tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di taruh di Bagasi ya mba? Kalau barang berharga baiknya di bawa ke kabin.

      Hapus
  20. mudik dengan pesawat terbang asik ya mba :)

    BalasHapus
  21. Excess Baggage ini kenanya bisa ngalahin harga tiketnya :(
    Kadang sebelumnya kutimbang dulu di rumah hihihi.

    BalasHapus
  22. aku biasanya udah gak mau pake barang2 yg bakal bikin sensor bunyi nguing-nguing. Asesoris pun aku pake yg plastik atau kain. Soalnya gara2 pemeriksaan ini pernah asesorisku smp ilang :))))

    BalasHapus
  23. Saya belum pernah naik pesawat, atuutt.. *norak ya mbk ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  24. Terimakasih untuk info dan tips-tipsnya mba ria, walaupun saya blm pernah naik pesawat, tp kalo ada kesempatan bisa naik pesawat, bakal saya ingat nih tipsnya. Daripada nanti jadi ribet ya....makasih mba.

    BalasHapus
  25. Saya baru tau tentang kampanye 'Selamanya' Dirjen Perhub Udara ini Mba. Bagus juga ya kampanyenya :)

    BalasHapus
  26. Aku mudiknya masih satu propinsi, nggak jauh-jauh amat..tapi tetep seneng sih..karena bisa ngumpul dengan keluarga besar

    BalasHapus
  27. Semangat mudik sudah menggebu gebu. jangan lupa untuk persiapan matang supaya ngga keteteran mudik saat sudah deket hari H. Semangaaatttt

    BalasHapus
  28. Kalau ke luar negeri malah nggak boleh sama sekali bawa air ya. Inget mesti ngabisin minum yang masih setengah. Kalau botol air mineral mah ikhlasin aja, lah ini tupperware, hahah... Becanda bawa bom waktu itu sampe jadi kasus ya. Ini yang saya takutkan kalau dekat2 dengan mulut corong. Nggak bisa membedakan kapan mesti jaga mulut kapan bebas ngomong.

    BalasHapus
  29. Sekarang mah gampang ya, check in tinggal online, jadi lebih mudah :)

    BalasHapus
  30. Sekarang sih lebih nyaman lah, banyak kemudahan asal ngikutin aturan yang sudah disampaikan diatas semuanya bisa lebih mudah dan gampang. apalagi semua sudah bisa online

    BalasHapus
  31. Tipsnya lengkap banget, jadi makin tahu neh ... makasih ya

    BalasHapus
  32. Suka liriknya jingle #SobatAviasi, terutama yang bagian ini: Karena hati yang nyaman Kan bawa pulang senyuman :)

    BalasHapus
  33. Wah iya soal barang bawaan harus diperhatikan baik baik. supaya perjalanan lancar hehehe

    BalasHapus
  34. Sukaaa sama jinglenya #sobataviasi ini, rasa-rasanya terngiang terus di kepala hihihi selamat mudik ya mbaaa :)

    BalasHapus
  35. halo sobat aviasi,
    anyway lagunya lumayan bikin gerak2 yah :D
    oia tips packingnya oke punya tuh mba, mirip2 lah kalau saya mau packing :D

    BalasHapus
  36. Dari dulu selalu lupa sama peraturan tentang perihal bawa cairan kalo naik pesawat, hehehe, makasih tipsnya, jadi diingatkan lagi ^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.