Rabu, 14 Juni 2017

Tips Mudik Lebaran

Sumber foto google.co.id


Menjelang hari raya biasanya tradisi tahunan mudik dimulai. Mudik bisa diartikan kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halaman. Saya sebagai salah satu perantau di Jakarta hampir setiap tahun mudik. Transportasi yang saya pilih biasanya bus ataupun pesawat terbang. Ada kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan bila lebaran bisa berkumpul bersama keluarga.
Tahun ini saya berencana mudik ke pulau Bangka, dan di sana ada kakak dan adik-adik saya. Saya sudah membeli tiket pesawat sebulan menjelang Ramadan, hal itu saya lakukan untuk mendapatkan harga promo dan menghindari kehabisan tiket. Jika mendekati hari Lebaran harga tiket pesawat biasanya bisa dua kali lipat. Alhamdulillah untuk urusan tiket sudah beres. Sekarang saya tinggal mempersiapkan apa saja yang sebaiknya saya bawa saat mudik nanti, baca juga Mudik.

Yang perlu diperhatikan saat mudik:
·         Karena ini dalam rangka mudik lebaran dan dalam kondisi berpuasa, beberapa hari sebelum mudik konsumsi makanan bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur, perbanyak juga karbohidrat dan protein secukupnya sebagai sumber tenaga.
·         Pakailah pakaian yang nyaman saat di perjalanan.
·         Jika perjalanan memakan waktu yang lama hingga berbuka, siapkan bekal makanan yang tahan lama. Bila perlu bawa termos kecil untuk membuat minuman hangat saat di perjalanan. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menghemat pengeluaran selama di perjalanan karena harga minuman bisa lebih mahal berkali lipat.
·         Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum melakukan perjalanan mudik.
·         Membawa obat-obatan seperti minyak kayu putih ataupun obat sakit kepala.
·         Saat waktu berbuka tiba jangan lupa cuci tangan sebelum makan, atau gunakan cairan pembersih tangan maupun tisu basah.
·         Beberapa kali saya membeli makanan di diperjalanan, rasanya tidak enak dan harganya sangat mahal. Alangkah baiknya jika membawa bekal dari rumah. Akan tetapi jika terpaksa harus membeli, pilihlah restoran atau warung makan yang bersih.
·         Waspada terhadap orang yang baru dikenal karena banyak sekali terjadi kasus pembiusan. Oleh sebab itu jangan pernah mau menerima makanan atau minuman dari orang yang baru dikenal.

Sumber foto pixabay



Saya mudik bersama suami dan anak yang sudah berusia 10 tahun. Akan beda lagi persiapannya jika mudik bersama BALITA ataupun BATITA, pasti lebih banyak lagi yang dipersiapkan. Selain persiapan di atas saya juga sudah menanyakan bagaimana cuaca di sana? Termasuk sinyal provider apa yang jaringannya paling oke dan bisa mengakses internet dengan cepat. Karena walaupun mudik ada beberapa pekerjaan yang tetap harus saya selesaikan nantinya. Untuk masalah jaringan saya sudah percayakan pada XL karena selama ini saya selalu berselancar dan berkomunikasi dengan provider tersebut. Sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain banyak promo-promo menarik, nelfon ke semua operator tarifnya tetap sama. Jadi makin tak sabar ingin segera mudik dan berkumpul bersama keluarga. Kalau teman-teman, apa saja yang sudah dipersiapkan untuk mudik lebaran nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...