Minggu, 09 Juli 2017

Ekstrak Cranberry Mengatasi Anyang-Anyangan

Sumber foto web Uri-cran

Beberapa waktu lalu saya terjebak macet di dalam Bus Trans Jakarta, macet yang lebih parah dari biasanya. Busway terasa berjalan merayap, inilah alasan saya selektif memilih daftar dan datang ke event Blogger atau berbagai komunitas yang saya ikuti. Apesnya pas terjebak macet beberapa waktu lalu, saya ingin buang air kecil, saya tahan saja sampai busway berhenti dan saya menemukan toilet umum. Setelah kurang lebih satu jam akhirnya saya berhenti di Pusat Grosir Cililitan untuk buang air kecil. Walaupun rumah saya masih separuh perjalanan lagi. Yang penting jangan sampai ngompol di jalan.
Setibanya di rumah perut saya terasa tidak nyaman dan perasaan ingin buang air kecil terus tapi air yang keluar sedikit, kebayang kan gak nyamannya. Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mengalaminya, hal ini sering disebut anyang-anyangan. Waktu mengandung dulu saya juga pernah mengalaminya. Saran ibu dan para orang tua waktu itu perbanyak minum air putih, dan ada juga yang menyarankan minum air kelapa kuning atau kelapa gading.

Jadi ingat beberapa waktu lalu keponakan saya seorang anak laki-laki juga pernah mengalami anyang-anyangan, dan saya yang mengantarnya berobat ke dokter. Sempat khawatir ini gejala penyakit berat atau batu ginjal, pikiran sudah kemana-mana waktu itu. Memang saya perhatikan keponakan saya jarang minum air putih dan banyak merokok, ditambah banyak minum-minuman instan. Akhirnya saya mencari informasi tentang apa itu anyang-anyangan dan penyebabnya.


Anyang-Anyangan atau Infeksi Saluran Kemih

Walaupun anyang-anyangan lebih banyak diderita oleh wanita akan tetapi para pria juga berisiko terkena anyang-anyangan. Mengapa wanita lebih sering menderita anyang-anyangan? Hal ini disebabkan karena secara anatomi, jarak saluran kemih (ureta) ke saluran pembuangan air besar lebih dekat sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.
Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Ternyata infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua, yaitu infeksi saluran kemih bawah dan atas.
Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejalanya meliputi :
·         Rasa ingin selalu buang air kecil.
·         Nyeri atau perih saat buang air kecil.
·         Warna urin yang keruh.
·         Bau urin yang menyengat.

Sedangkan infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejalanya nyeri pada bagian selangkangan, mual dan demam. Berikut tanda-tanda yang dirasakan saat mengalami anyang-anyangan :
·         Rasa ingin terus buang air kecil.
·         Buang air kecil lebih sering, tapi volume sedikit-sedikit.
·         Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
·         Jika terjadi pada pria akan menimbulkan nyeri pada anus.
·         Rasa perih ketika buang air kecil.
·         Urin berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
·         Merasa kurang sehat.
·         Demam.

Selain karena telalu lama menahan buang air kecil, ada beberapa penyebab anyang-anyangan lainnya adalah seperti dibawah ini:
- Uretra atau saluran kencing yang meneruskan irine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh dekat dengan anus.
- Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar seperti ecoli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing.

Sumber web Uri-cran


Kembali ke anyang-anyangan yang saya alami, untuk mengatasinya saya minum Uri-Cran dengan ekstrak Cranberry yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. Setelah minum Uri-cran dua kali pada malam hari dan pagi hari alhamdulillah anyang-anyangan saya sudah berangsur hilang. Sejak itu setiap akan berpergian lama saya usahakan buang air kecil terlebih dahulu.

Tentang Uri-Cran
Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penebalan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.

Uri-cran diproduksi oleh Combiphar dengan latar belakang :
·         Cranberry sulit dicari di pasaran.
·         Harga Cranberry cukup mahal.
·         Rasa agak pahit dan asam.
·         Tidak praktis karena harus dibuat jus terlebih dahulu.

Mulai sekarang saya akan lebih berhati-hati agar anyang-anyangan tidak terulang lagi. Saya juga selalu sedia Uri-cran ekstrak Cranberry yang mencegah bakteri E-coli menempel di saluran kemih. Info lebih lengkap tentang anyang-anyangan bisa di cek di website Uricran.

Uri-cran dapat dibeli di



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Wahana Baru di Ocean Dream Samudra Mola-Mola Jet Spinner

Halo semua apa kabar, semoga sehat selalu. Supaya sehat kita harus rajin berolahraga dan aktivitas fisik. Salah satu aktivitas fisik y...