Minggu, 24 Juni 2018

Cara Mengatasi Gangguan Saluran Cerna

Sumber interlacprobiotics

Apa kabar, bagaimana puasanya masih lancar? Saya tidak berpuasa karena bayi saya masih berusia 3 bulan. Awalnya saya coba berpuasa tapi baru jam 10 pagi bayi saya gumoh, dan ini beda dari biasanya gumohnya cukup banyak. Saya langsung membatalkan puasa dengan minum susu hangat dan teman-temannya 🤗. Ternyata gumoh juga merupakan salah satu gangguan saluran cerna.

Gangguan di saluran pencernaan di antaranya:
  • Diare yaitu frekuensi BAB meningkat dibanding biasanya dan feses lebih lunak dan cair. Bagi ibu yang memiliki bayi seperti saya diare ini penyakit yang cukup menakutkan. Karena jika tidak ditangani segera bayi bisa dehidrasi, dan itu berbahaya.
  • Konstipasi adalah kebalikannya frekuensi BAB berkurang daripada biasanya dan feses lebih keras dan besar.
  • Kolik adalah kondisi di mana bayi menangis terus menerus secara berlebihan. Setidaknya 3 jam/ hari, 3 hari/ minggu tanpa sebab yang jelas. Jumlah Lactobacillus rendah pada bayi yang menyebabkan bayi kolik.
  • Gumoh adalah muntah ringan pada bayi yang mengeluarkan sedikit isi lambung. Kalau kata orang tua jaman old nyiram badan hehehe.
  • Kembung kadang salah diartikan masuk angin.
  • Sakit perut dan yang ditanyakan pertama pasti makan apa sebelumnya.



Cara mengatasi gangguan saluran cerna
Tanggal 2 Juni 2018 lalu saya hadir di JCC Assembly mengikuti talk show mengenai “Tips Mengatasi Gangguan Saluran Cerna Pada Bayi dan Anak” bersama dr. Maria Magdalena. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, kebersihan yang buruk, stres, diare maupun pemakaian obat yang berlebihan. Cara mengatasi gangguan saluran cerna yang tepat adalah dengan suplemen bakteri baik yaitu probiotik.

Bayiku sering kali memasukkan tangannya ke mulut. Saya khawatir tangannya dalam kondisi tidak higienis. Karena tangan yang kotor bisa menyebabkan bayi diare. Seperti diketahui bayi usia 0-2 tahun terserang diare 2-3 kali per tahun. Dan itu benar saya alami saat anak pertama masih bayi. Diare cepat sekali membuat berat badan bayi berkurang karena diare menyebabkan dehidrasi kronis, gangguan pencernaan dan mal nutrisi. Oleh karena itu Asosiasi Dokter Anak merekomendasikan penggunaan Interlac untuk terapi diare pada bayi dan anak. Interlac terbukti klinis mempercepat penyembuhan diare 19-32 jam lebih cepat.

Apa itu Interlac?
Interlac adalah produk probiotik yang mengandung Lactobacillus reuteri, strain probiotic dari BioGia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Interlac terjamin keamanannya untuk semua usia dan sudah mendapatkan predikat keamanan tertinggi. Interlac bukan obat, BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Probiotik adalah bakteri baik yang memegang peranan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia. Interlac juga sudah memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO.

Interlac terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia termasuk:
  • Bayi prematur dan bayi baru lahir
  • Anak-anak
  • Remaja
  • Dewasa
  • Lansia
  • Ibu hamil
  • Pasien dengan gangguan imun


Interlac aman untuk bayi sejak hari pertama karena tidak mengandung laktosa. Alhamdulillah saya melahirkan melalui proses normal, menurut penemuan medis bayi yang lahir secara normal dalam ususnya mengandung bakteri baik dalam jumlah yang lebih banyak dibanding pada usus bayi yang lahir melalui proses operasi sesar. Hal ini terjadi karena saat bayi melewati vagina ibu, bayi tersebut terpapar bakteri baik yang tumbuh di area vagina ibu. Sedangkan bayi yang lahir dari operasi sesar lebih berisiko terkena alergi dan asma. Pemberian probiotik dapat menurunkan risiko alergi pada bayi yang lahir dari operasi sesar.

Interlac tersedia dalam kemasan:
  • Interlac Drops cocok untuk bayi hingga usia 1 tahun.
  • Interlac sachet.
  • Interlac tablet kunyah dengan rasa strawberry dan lemon.

Keunggulan Interlac di antaranya:
  • Satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik lactobacillus reuteri protectis.
  • Aman dan teruji klinis untuk segala usia.
  • Keamanan terjamin.
  • Formula bebas laktosa.
  • Praktis cukup satu kali sehari.
Interlac Tablet Kunyah &Drops

Interlac didosiskan satu sachet/ hari atau satu tablet/ hari. Sedangkan Interlac Drops didosiskan 5 tetes setiap hari. Tapi jika takut ada yang tertinggal di sendok teteskan 8 sendok juga tidak apa. Berikut ini rekomendasi penggunaan Interlac:
  • Diare 5 hari pemakaian
  • Konstipasi 2 minggu pemakaian
  • Gumoh 4 minggu pemakaian
  • Kolik 3 minggu pemakaian
  • Imunitas pemakaian jangka panjang

Alhamdulillah sekarang gumoh anakku sudah mulai berkurang sejak kuberikan Interlac Drops. Konstipasi yang sering kualami juga hilang sejak aku rutin konsumsi Interlac tablet. Semoga kita semua sehat selalu ya.

12 komentar:

  1. Dulu kalo anakku ada masalah ama pencernaan, pasti dokter Anaknya juga ngasih ini. Termasuk pas anakku dibilang beratnya kurang. Dokter resepin interlac, supaya pencernaannya lbh bagus dan gizi makananbya bisa diserap maksimal :)

    BalasHapus
  2. Interface memang baik buat atasi gangguan pencernaan, aku juga pakai produknya untuk anak-anak saat mengalami gangguan pencernaan.

    BalasHapus
  3. Anakku tuh pas masih kecil sering kembung, mba. Asik nih skarag ada juga ya pilihan yang tepat untuk saluran cerna. Makasih ya mbaa

    BalasHapus
  4. Beli satu pack cocok buat satu keluarga. Meski harus ada nih di kotak p3k

    BalasHapus
  5. Interlac recommend nih buat yang punya baby. Oh, ya semoga dede bayinya sehat2 selalu yaa
    mbak... Aamiin YRA 😇😇

    BalasHapus
  6. Interlac recommend nih buat yang punya baby. Oh, ya semoga dede bayinya sehat2 selalu yaa
    mbak... Aamiin YRA 😇😇

    BalasHapus
  7. Banyak yg bilang interlac ini bagus banget ya mba. Tapi aku belom pernah coba sih.next mau coba ahh

    BalasHapus
  8. Kemarin anak saya sering gumoh juga..rupanya efek alergi dari ibu akibat banyaknya kandungan laktosa..tidak diberikan obat apa apa hanya disarankan kurangi konsumsi laktosa dari susu terutama sapi

    BalasHapus
  9. Berarti interlac bs buat org dewasa jg ya mba? Recommended bgt nh terutama buat bayi ya, dl aq klo lg gendong ponakan trus gumoh sk panik

    BalasHapus
  10. aku salfok sama bando di kepala dita XD iyesss namanya buibu punya bayik kudu sedia produk2 buat ngatasin masalah kesehatan yg terjadi pada bayik

    BalasHapus
  11. Syukurlah dede Dita nggak gumoh lagi berkat ada Interlac. Sehat terus ya nak..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

4 Cara Belajar Bahasa Inggris Jadi Menyenangkan

Ribet, itu yang sering muncul di pikiran kalau sudah bicara soal belajar bahasa Inggris. Memang nyatanya belajar bahasa asing itu buka...