Rabu, 13 Juni 2018

Minyak Telon Halal Untuk Pijat Bayi


Setelah menyaksikan YouTube Baby HUKI saya jadi paham bagaimana cara memijat bayi dengan benar. Bayi saya sangat menikmati saat dipijat. Tidurnya sekarang jadi lebih nyenyak. Walaupun tahun ini tidak mudik tapi belajar tehnik pijat bayi tetap perlu karena saat lebaran nanti pasti bayi saya kelelahan diajak bersilaturahmi ke rumah kerabat. Jika sebelumnya saya memijat bayi dengan ilmu yang “ngasal”, setelah mengikuti Blogger Gathering bersama Baby HUKI dan Komunitas Blogger Crony bertempat di Hotel Ashley saya jadi lebih banyak tahu.

Selain itu saya juga senang sekali sekarang karena sudah ada Minyak Telon Huki. Minyak Telon Halal produk lokal Baby HUKI, saya bisa pijat bayi sekaligus menghangatkan dengan satu produk. Karena minyak telon Baby HUKI mengandung Oleum Cocos (minyak kelapa) yang berfungsi sebagai pelicin. Baby Huki Minyak Telon Murah dan sangat terjangkau bisa dibeli di berbagai supermarket maupun minimarket, juga apotik tertentu.

Tuang 2-3 tetes minyak telon ke telapak tangan

Bagi para bunda yang hendak mudik ataupun Travelling dengan anak, banyak sekali yang harus diperhatikan. Apalagi mudik bersama bayi dan anak-anak. Jangan sampai di perjalanan bayi rewel. Saya pribadi setiap mudik selalu membawa minyak kayu putih untuk si kakak dan karena sekarang bayi saya masih berusia 4 bulan sudah pasti saya akan membawa Minyak Telon yang bagus, Baby HUKI.


Baby HUKI Minyak Kayu Putih anak untuk si kakak, atau anak-anak usia 3+ dan orang dewasa, sedangkan Baby HUKI Minyak Telon cocok untuk anak usia 0-3 tahun, karena itu jangan sampai lupa dibawa, agar si kecil terhindar dari kembung dan masuk angin juga menghangatkan. Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon  Baby HUKI efektif sebagai obat kembung anak, ataupun sebagai obat masuk angin anak.Bahkan saya sendiri saat di perjalanan dan merasa pusing bisa menghirup aroma Minyak Kayu Putih Baby HUKI. Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Baby HUKI tersedia dalam ukuran 30ml, 60ml, dan 125ml, tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Kalau saya pilih yang ukuran 60ml.

Sudah bisa dipastikan perjalanan saat mudik macet, kalaupun lancar itu berarti beruntung banget. Anak dan bayi biasanya akan kedinginan jika terlalu lama di dalam bus atau mobil ber-AC. Penting sekali membuat suasana mudik nyaman dengan anak, karena itu waktu Baby HUKI mengadakan Blogger Gathering pada tanggal 9 Juni 2018 bagaimana memijat bayi yang baik dan benar saya sangat tertarik. Jangankan mudik, diajak ke mall berbelanja kebutuhan lebaran yang antrian kasirnya panjang seperti gerbong kereta, bayiku pulangnya rewel. Kasihan kan kalau bayi rewel digendong nangis, diletakkan di kasur apalagi.

Berikut ini tehnik memijat bayi dengan Minyak Telon atau bisa juga dikatakan minyak pijat bayi Baby HUKI, yang dipraktekkan langsung oleh fisioterapis Arina Sungguh pada saat Blogger Gathering, diawali dengan menuangkan 2-3 tetes minyak telon ke telapak tangan.


Bagian DADA
Gerakan pertama : LOVE MOTION
Mengikuti gerakan membentuk seperti hati, dimulai dari ulu hati mengarah ke bahu atas lalu turun lagi ke ulu hati. Ulangi sebanyak 3 kali.
Gerakan kedua : CROSS
Dari bawah ke atas bahu, kemudian bersilangan di sisi lainnya. Lakukan berulang sebanyak 3 kali. Bermanfaat untuk membantu otot-otot pernafasan bayi di bagian dada depan.

BAGIAN PERUT
Gerakan ke 3 : I LOVE U
Gerakan pijat membentuk huruf I, L, U. Dimulai dari bagian kiri bayi. Lakukan sebanyak 3 kali. Ulangi untuk bagian sebelah kanan bayi. Fungsinya untuk otot-otot perut apabila bayi dalam keadaan kembung ataupun susah buang air besar.
Gerakan ke 4 : Walking Finger
Lakukan di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri perut bayi. Fungsinya untuk mencegah kembung, kram otot perut, dan kolik pada perut bayi.



BAGIAN LENGAN TANGAN
Gerakan ke 5 : Milking / Memerah
Gerakannya seperti memerah. Mulai dari bagian atas ke arah bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot lengan pada bayi ketika bayi dalam posisi tengkurap. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan bayi sebelah kiri.
Gerakan ke 6 : Rolling / Memutar
Lakukan gerakan memutar dengan 2 tangan bunda, dari pangkal lengan sampai ke pergelangan tangan. Fungsinya untuk membantu menguatkan otot lengan menopang badan bayi saat posisi tengkurap.
Gerakan ke 7 : Finger Shake
Gerakan memijat jari-jari tangan bayi satu per satu. Lakukan gerakan memutar dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya untuk menguatkan motorik halus serta otot lengan dan jari tangan agar bayi bisa menggenggam sesuatu lebih kuat.
BAGIAN TUNGKAI KAKI
Gerakan ke 8 : Milking / Memerah
Gerakannya seperti memerah. Dimulai dari atas ke arah pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. Fungsinya untuk  menguatkan otot-otot besar di tungkai kaki untuk menopang ketika bayi berdiri sampai berjalan.
Gerakan ke 9 : Squeezing / Memeras
Gerakan memutar/sirkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan kaki. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai.
Gerakan ke 10 : Finger Shake
Gerakan memijat jari-jari kaki bayi satu per satu dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot jari kaki bayi.

BAGIAN PUNGGUNG
Gerakan ke 11 : LOVE MOTION
Gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggung ke arah bahu kemudian kembali ke arah tengah punggung. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot punggung saat menopang ketika bayi tengkurap maupun duduk.
Gerakan ke 12 : Spiral
Dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong bayi. Fungsinya untuk relaksasi punggung dan menguatkan otot-otot sepanjang punggung.
Gerakan ke 13 : Menggaruk
Dari bawah leher turun sepanjang punggung,pinggang sampai ke arah bokong. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar punggung, pinggang, dan bokong bayi.

Kalau kalian apa saja yang diperhatikan saat membeli produk perawatan untuk bayi. Kalau saya banyak sekali, seperti tanggal kadaluarsa, harga, termasuk ke”HALAL”an produk. Berikut ini alasan mengapa saya memilih Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Baby HUKI seperti yang dijelaskan oleh Risa Trisanti selaku Marketing Manager Baby HUKI:
  • HALAL, sudah tersertifikasi MUI dan terjamin kehigienisan serta kehalalannya dari pemilihan bahan hingga ke proses akhir.
  • Kehangatannya disesuaikan dengan kulit anak.
  • Tekstur pada Minyak Telon Baby HUKI lebih pas untuk dioleskan di badan bayi/anak dan lebih pas ketika dipakai untuk memijat bayi.
  • Kemasan praktis (Flip cover).

Pijat bayi bersama ahlinya

Sedangkan dokter spesialis rehabilitasi medik anak dr. Amendi Nasution menjelaskan manfaat memijat bayi, di antaranya:
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak.
  • Mendukung pertumbuhan otak bayi.
  • Bayi menyusu lebih banyak, dan meningkatkan nafsu makan pada anak-anak.
  • Melancarkan saluran pencernaan dan pernafasan.
  • Meningkatkan bonding antara ibu dan anak.
  • Bayi sehat dan ceria.
Minyak Telon Halal

Perlu diperhatikan juga saat memijat bayi adalah suhu ruangan tidak boleh terlalu panas atau dingin, jangan gunakan perhiasan karena dikhawatirkan menggores bayi. Dan yang terpenting lakukan pemijatan saat bayi sehat atau tidak dalam keadaan sakit. Buat suasana pemijatan senyaman mungkin, bila perlu putarkan musik. Dan memijat bayi sebaiknya dilakukan pada pagi hari 😉.

Bagi bunda yang tidak sempat memijat bayi sendiri di rumah bisa langsung ke Brawijaya Hospital Antasari. Karena di sana tersedia pelayanan unggulan. Di Brawijaya Hospital Antasari ada Baby Massage atau Pijat Bayi yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Pijat Bayi berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil melalui stimulasi sentuhan yang dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya.

Senang sekali mengikuti Blogger Gathering bersama Minyak Telon Baby HUKI. Untuk informasi menarik lainnya yuk kita kunjungi:

6 komentar:

  1. Emang penting banget ya nemijat bayi mom. Aku selama ini mengandalkan nenek pijat, hiks.. skrg bertekad mau memijat sendiri mumpung babu belum setahun hehe

    BalasHapus
  2. Wah, ada 13 gerakan ya mbak dalam memijat bayi. Harus hati2 ya, soalnya kulit bayi kadang sensitif. Minyak telon sangat cocok buat bayi ya

    BalasHapus
  3. Dengan pijatan ini bisa menguatkan hubungan ibu dan anak. Minyak telon berbagai ukuran membantu ibu kondisi kantongnya

    BalasHapus
  4. Wehh dd Dita anteng bgt dipijit ibu, btw byk jg ya Tahapannya mesti siapapun nih, aq mupeng jg sm minyak kayu putihnya nih

    BalasHapus
  5. wanginya memang enak pas ngak terlalu mrnyengat, pijetin anak jg jd lebih enak.

    BalasHapus
  6. Dulu pijat bayi belun begitu familiar ya Bun.kalau ada mahal biayanya Tetapi sekarang bisa kita lakukan sendiri di rumah ya. Saya pengen juga bljar pijat bayi

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Melatih Motorik Si Kecil dengan Kegiatan Sehari-hari

Kemasan praktis dibawa Halo buibu apa kabar? Tak terasa sudah akhir tahun. Pastinya buibu pada sibuk mempersiapkan liburan bersama k...