Kamis, 05 Juli 2018

Imunisasi Dasar Untuk Bayi


Halo apa kabar? Kali ini saya mau bahas tentang imunisasi (vaksin) dasar pada bayi. Imunisasi dasar itu penting karena sekarang setiap anak yang akan masuk Sekolah Dasar (SD) akan ditanya mana catatan imunisasinya. Selain berupa buku, Puskesmas tempat bayi saya imunisasi bersedia membuatkan sertifikat. Bagaimana tidak bersyukur coba, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan kemudahan.

Beberapa Macam Imunisasi Dasar
HBO
Imunisasi HBO diberikan saat bayi baru lahir atau 0-7 hari.

BCG
Imunisasi BCG diberikan pada bayi usia 1 bulan, disuntikkan di lengan kanan. Biasanya setelah 1 atau 2 minggu bekas suntikan seperti bernanah. Jangan dipencet, cukup diseka dengan air hangat. Memang bekas suntikan vaksin BCG meninggalkan bekas pada lengan anak.

Polio
Imunisasi Polio diberikan sebanyak 4 kali dimulai sejak bayi usia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Imunisasi Polio 1-3 diberikan dengan cara diteteskan di mulut, sedangkan imunisasi polio 4 disuntikkan di paha bayi. Setelah diberikan vaksin polio sebaiknya tunggu 10 menit baru berikan ASI.

DPT - IPV
Imunisasi DPT diberikan sebanyak 3 kali sejak bayi usia 1-4 bulan berupa suntikan. Biasanya suhu tubuh bayi akan panas setelah disuntik DPT. Saran dari petugas kesehatan, berikan saja ASI yang banyak. Tapi jika bayi masih rewel atau suhu tubuhnya di atas 38°C berikan obat penurun panas.

Campak
Untuk imunisasi ini bayiku diberikan jadwal bulan November nanti setelah berusia 9 bulan.

Sempat juga imunisasi untuk bayi saya ditunda karena badannya agak panas sewaktu akan diimunisasi. Walaupun bukan halangan tapi kasihan bayi saya nanti tambah rewel.


Berikut ini hal yang perlu diperhatikan bagi para ibu sebelum melakukan imunisasi:
  • Jarak antara (interval) pemberian vaksin DPT-HB-HIB minimal 4 minggu, dan jarak antara pemberian vaksin polio minimal 4 minggu.
  • Anak di atas satu tahun yang belum lengkap imunisasinya tetap harus diberikan imunisasi dasar lengkap. Sakit ringan seperti batuk, pilek, diare, demam ringan, dan sakit kulit bukan halangan untuk imunisasi.
  • Pemberian imunisasi DPT-HB-HIB lanjutan diberikan minimal 12 bulan setelah pemberian imunisasi DPT-HB-HIB 3, dan dapat diberikan dalam rentang usia 8 - 24 bulan.
  • Pemberian imunisasi campak lanjutan diberikan minimal 6 bulan setelah pemberian imunisasi campak terakhir (usia 18 - 24 bulan).

Jadwal Imunisasi:
0- 7 hari : HB0
1 Bulan : BCG, Polio 1
2 Bulan : DPT - HB - HIB 1, Polio 2
3 Bulan : DPT - HB - HIB 2, Polio 3
4 Bulan : DPT - HB - HIB 3, Polio 4, IPV
9 Bulan : Campak
18 Bulan : DPT - HB - HIB lanjutan dan Campak lanjutan

Mengapa Imunisasi Itu Penting?
Karena imunisasi untuk melindungi anak dari berbagai penyakit.

Vaksin Untuk Mencegah Penularan Penyakit
Polio : mencegah penyakit polio.
IPV : mencegah TBC (tuberkolosis) yang berat.
DPT HB HIB : mencegah Difteri yang menyebabkan penyumbatan jalan nafas, batuk rejan (batuk 100 hari), Tetanus, Hepatitis B yang menyebabkan kerusakan hati, infeksi HIB menyebabkan meningitis (radang selaput otak).
Campak : mencegah Campak yang dapat mengakibatkan komplikasi radang paru, radang otak dan kebutaan.

Beruntung sekali tempat anak saya imunisasi tidak terlalu jauh dari rumah, jadi bisa ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor. Yang terpenting saat membawa anak dengan sepeda motor pakaikan baju yang tebal ya. Ngomongin tentang motor, saya jadi ingin punya motor baru apalagi lihat motor Yamaha-nmax-abs.
Bagaimana dengan anak-anak kalian, sudah lengkapkah imunisasinya?

7 komentar:

  1. Ini bisa jadi ilmu baru bagi kita yang sedang punya anak atau kaya Mpo yang beluman punya anak.

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali bun, Alhamdulillah anak-anak imunisasi nya lumayan hampir lengkap.. terakhir campak beberapa bulan lalu..

    BalasHapus
  3. Jadi teringat buat ngingetin adik-adikku agar gak kelewat jadwal imunisasi anak-anaknya, imunisasi juga penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak ya mbak...

    BalasHapus
  4. Dahulu sih sering bertanya2 ko..imunisasi ank/bayi itu banyak bgt ya? Dan semua terjadwal di susunan waktunya, kalau kelewat bagaimana itu ya ??

    BalasHapus
  5. Imunisasi memang penting banget untuk kekebalan dan perlincungan tubuh. Nah, yang perlu diperhatikan para ibu adalah jadwal imunisasi agar tidak terlewat. Terima kasih informasinya, kakak!

    BalasHapus
  6. Penting bgt nih ngejadwal imunisasi biar gak kelewat..jd dpt info baru

    BalasHapus
  7. Enak ya kalau temoat imunisasi anak dekat dengan rumah. Udah gitu tempatnya terpercaya lagi. Moga si dede sehat terus ya bun

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

4 Cara Belajar Bahasa Inggris Jadi Menyenangkan

Ribet, itu yang sering muncul di pikiran kalau sudah bicara soal belajar bahasa Inggris. Memang nyatanya belajar bahasa asing itu buka...