Selasa, 31 Juli 2018

Senam Sehat Kolosal Sebagai Bentuk Pola Hidup Sehat Masyarakat


Senam Sehat Kolosal


Selamat pagi, siang, sore, malam. Kali ini kita bicara tentang pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu mudah sekali diucapkan, tapi yang paling penting menjalankan pola hidup sehat dan jangan cuma ngomong saja, iya kan. Nah dalam rangka menerapkan pola hidup sehat tanggal 29 Juli 2018 lalu saya mengikuti Senam Sehat Kolosal 18.8.18. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini diikuti oleh 18.818 orang, mulai dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait juga para Duta BPJS Kesehatan di lapangan Monumen Nasional (Monas). Acara ini dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke -50.

Fachmi Idris

Hidup sehat itu mudah dan murah. Hal tersebut senantiasa digaungkan oleh BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat modern.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dalam sambutannya mengatakan “Melalui kegiatan ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat”.

Wakil Presiden RI


Acara Senam Sehat Kolosal 18.8.18 juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla yang dalam sambutannya mengatakan “BPJS Kesehatan tidak mengharapkan anda sakit, melainkan anda sehat. Orang menganggap untuk sehat itu harus ke rumah sakit padahal rumah sakit adalah langkah terakhir yang diharapkan. Langkah pertama dimulai dari kebiasaan dan lingkungan kita. Ada beberapa cara hidup sehat seperti olahraga, makan yang sehat, jangan stres, tidur yang cukup, periksa kesehatan. Dan yang terpenting membiasakan pola hidup sehat. Ke rumah sakit memang dijamin BPJS tapi anda lebih baik sehat”. Setuju banget Pak, sehat adalah rezeki yang paling utama karena walaupun banyak uang kalau sakit ga enak pake banget.

Pola hidup sehat

Tak hanya di Monas, kegiatan Senam Sehat Kolosal 18.8.18 tersebut juga diselenggarakan serentak di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia. Fachmi menyebutkan bahwa dengan mengajak serta masyarakat untuk membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia.


Menurut Fachmi, tahun 2017 biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik telah mencapai Rp 18,4 triliun atau 21,8% dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan juga fokus untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif yang dilaksanakan. Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN-KIS.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Kesehatan menjadi salah satu pilar yang menentukan kemajuan suatu bangsa, sebab kesehatan mempengaruhi produktivitas penduduknya. Ke depannya kami berharap kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dapat meningkat dari waktu ke waktu,” ujar Fachmi.

Sampai dengan 20 Juli 2018, terdapat 199,8 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 22.322 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 2.406 rumah sakit dan klinik utama, 1.599 apotek, dan 1.078 optik.


Tips Pola Hidup Sehat:
  • Rutin berolahraga
  • Perbanyak makan buah dan sayur
  • Minum air putih 2 liter setiap hari
  • Rutin cek kesehatan
  • Kurangi stres
  • Hindari asap rokok
Kalau kalian bagaimana cara menjaga kesehatan?

***
Informasi lebih lanjut hubungi:   
Humas BPJS Kesehatan   
BPJS Kesehatan Kantor Pusat   +62 21 424 6063
Twitter       : @BPJSKesehatanRI
Instagram     : @bpjskesehatan_ri
Facebook      : BPJS Kesehatan       
Youtube      : BPJS Kesehatan
Kompasiana  : BPJS Kesehatan
Kaskus      : bpjskesehatan

2 komentar:

  1. Senam nya banyak ya yg ikutan keren deh ada lansia juga lho,, kayanya semua peserta JKN-KIS se-jabodetabek ngumpul semua disitu.

    BalasHapus
  2. Seru bisa senam bareng.
    Ayoo hidup sehat dengan rutin senam..
    Semangat semangat semangat...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Melatih Motorik Si Kecil dengan Kegiatan Sehari-hari

Kemasan praktis dibawa Halo buibu apa kabar? Tak terasa sudah akhir tahun. Pastinya buibu pada sibuk mempersiapkan liburan bersama k...