Selasa, 16 April 2024

Kegiatan Menyenangkan Bersama Anak & Culinary Schools

 



Punya anak usia 6 tahun sedang aktif aktifnya, anakku paling suka bermain bersama teman. Terkadang teman-temannya bermain di rumah, atau sebaliknya. Saat bermain bersama teman biasanya berisik sekali. Anak anak suka berlari - larian kesana kemari. Saya selalu mengawasi anak setiap bermain. Jika cara bermain berbahaya seperti melompat, atau berlarian selalu saya tegur, agar bermain lebih hati-hati.



Pengawasan pada anak yang sedang bermain sangat diperlukan, karena pernah kejadian teman anakku yang pertama (Kaka), berlari-larian dalam rumah. Saat berhenti tangannya menabrak kaca Buffett, kaca pecah dan pergelangan anak terluka. Beruntung teman kaka segera dilarikan ke klinik terdekat dan mendapatkan penanganan yang tepat. Sejak itu saya selalu mengawasi anak bermain, dan selalu menasehati mana yang boleh dan mana yang tidak. 



Macam-macam permainan tradisional Untuk Anak 

✅Batu Gunting Kertas 

Permainan tradisional ini sudah ada sejak dulu. Cara bermainnya dengan mengepalkan jari tangan untuk batu. Melipat jari manis, kelingking dan jempol untuk membentuk gunting. Melebarkan lima jari artinya kertas. Aturan bermain batu mengalahkan gunting, gunting mengalahkan kertas dan kertas mengalahkan batu. Jika kedua pemain mengeluarkan isyarat yang sama makan permainan diulang. Biasanya saya dan Dita bermain batu gunting kertas secara berulang, dan siapa yang paling banyak menang dialah pemenangnya.


✅Petak Umpet

Permainan ini diawali dengan suit dulu, siapa yang menang boleh bersembunyi dan yang kalah menghadap tembok dalam hitungan 1-10. Setelah hitungan ke 10 yang kalah boleh mulai mencari temannya, sebut namanya dn katakan pong. Tapi cara bermain tiap daerah biasanya beda beda sedikit. 


Masih banyak permainan tradisional lainnya, pada waktu tertentu, saya memperbolehkan Dita bermain game. Sebagai orang tua saya harus tau game apa yang dimainkan anak. Saya dapat rekomendasi dari teman, ada game yang menarik dan cocok untuk anak. Permainan yang bisa diakses melalui situs https://www.culinaryschools.org/

Tersedia ratusan permainan yang bisa membuat anak happy. Permainan yang mudah dimainkan karena sesuai dengan kegiatan harian. Untuk orang dewasa juga ada permainan yang lebih menantang dan menyenangkan seperti game Kalkulator Penurun Berat Badan atau weight loss



Situs Culinary Schools Game didesain cantik dan user friendly bisa diakses dengan mudah baik menggunakan laptop maupun mobile. Tautan setiap game terbuka di tab baru yang berfokus pada game tersebut. 




Bagi saya mama-mama kaum "mendang mending" sangat suka dengan situs ini karena game ini juga tersedia secara free online alias bisa dimainkan tanpa kuota. Beragam pilihan permainan yang ada di situs Culinary School yang pastinya disukai anak anak:

✅ Restoran 

✅Seni Kuliner 

✅ Memasak 

✅Makanan

✅Seni Kuliner 

✅Bisnis 

✅ Pertanian

✅Karir Perhotelan 



Melalui situs Culinary School permainan tersedia dengan banyak tema, yang memberikan kemudahan bagi pengguna saat bermain game online. Diantaranya:



✅Food Education Game (Cooking & Kitchen Work, Recycling, gaming)

✅Recycling Game

✅Serving Eater

✅Others Fun Food Theme

✅Brain Games 




Bento Box

Permainan yang saya coba mainkan bersama si kecil adalah permainan Kotak Bento. Permainan ini sangat mudah sekali hanya dengan menggeser gambar ketempat yang ada tanda tanyanya sehingga terbentuklah Bento Box yang cantik 





Memory Hewan Ternak

Game yang saya coba juga bersama anakku adalah game hewan ternak. Game ini permainan mencocokan kartu memori yang juga menyebut nama nama hewan saat anak anak membalik kartunya. 





Kasir Kelontong 

Ini bukan hanya game tetapi ada nilai plusnya, karena anak anak bisa berlatih penjumlahan dengan cara menyenangkan. Cara bermain nya dengan telfon pelanggan, kumpulkan pembayaran lalu kembalikan kembaliannya dengan memberikan uang kertas dan koin yang tepat. 





Permainan Kata Makanan 

Masih penasaran saya mencoba permainan kata makanan. Food Word Game adalah permainan yang menampilkan setengah lusin buah yang berbeda dan mencantumkan nama masing-masing buah. Pemain menyeret nama buah yang benar didekat gambar buah terkait. Seret ke enamnya ke tempat yang benar untuk menyelesaikan setiap tahap. 





Permainan kata Buah
Permainan Inis sekaligus latihan mengeja dimana pemain menggunakan keyboard di layar untuk mengeja nama-nama buah dalam gambar. Permainan ini berisi 25 buah berbeda. 


Masih banyak permainan menarik lainnya yang ingin saya coba bersama si kecil. Menurut saya permainan yang ada di Culinary Schools ini sangat baik untuk anak-anak dari usia mulai 6 tahun hingga remaja. Saya akan rekomendasikan untuk keponakan saya dan semua orang yang saya kenal. Bagaimana apakah kalian juga suka bermain game online bersama si kecil? 


12 komentar:

  1. Anak-anak sekarang kehilangan game tradisional. Tapi mungkin memang sudah beda zaman, permainan mereka berbeda seperti lebih menyukai bermain game gadget. Menurut saya game itu perlu asalkan benar-benar memberi edukasi.

    BalasHapus
  2. Wah seru-seru nih permainan anak-anak sekarang ya, jadi bisa main bareng juga bersama mereka, memenfaatkan kemajuan teknologi tapi tetap dibatasi agar tidak kecanduan

    BalasHapus
  3. Mantep nih bisa ajak anak main game sekaligus belajar memanage keuangan, bisnis dan perilaku keseharian. Senangnya malah ada yg bisa dimainkan tanpa jaringan internet ya

    BalasHapus
  4. Wah, seru juga nih games di culinary schools. Jadi ikut penasaran ada apa saja di sini. Menurut saya, games-games dengan konsep sederhana namun terkoneksi dengan dunia nyata seperti ini bermanfaat banget sih untuk dimainkan anak.

    BalasHapus
  5. Selain entertain permainan kaya gini bikin nostalgia jaman awal-awal main komputer pas SD. Game tipe begini juga melatih konsentrasi dan koordinasi mata tangan juga sih. Bisa untuk quality time main bareng di rumah :)

    BalasHapus
  6. anakku suka juga kalau diajak main gunting batu kertas walau kadang ngambek kalau keseringan kalah. hihi. kalau main game sih nggak perlu ditanya dua-duanya doyan banget

    BalasHapus
  7. MEmbaca ulasan tentang permainan tradisional benar-benar membawa saya kembali ke masa-masa kecil. Banyak permainan yang melatih gerak fisik dan lainnya

    BalasHapus
  8. Tulisan yang menarik tentang permainan edukatif online untuk anak di situs Culinary Schools. Permainan ini beragam, mudah diakses, dan dapat dimainkan bersama orang tua. dan beberapa keunggulan yang saya sukai:

    - Ragam Permainan di Culinary Schools mencakup berbagai tema seperti memasak, pertanian, dan hewan ternak. Hal ini memungkinkan anak untuk belajar tentang berbagai hal dengan cara yang menyenangkan.
    - Jenis ermainan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukasi. Contohnya, permainan "Kasir Kelontong" dapat membantu anak berlatih penjumlahan.
    - Permainannya cocok untuk anak usia dini hingga remaja.
    - Permainan ini dapat dimainkan bersama orang tua, sehingga memperkuat hubungan dan menciptakan momen menyenangkan bersama anak.

    Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan situs Culinary Schools untuk orang tua yang mencari permainan edukatif dan menyenangkan untuk anak mereka.

    BalasHapus
  9. ternyata ini tuh untuk mainan edukasi anak ya, aku juga kadang seneng mainin games yang begini asik aja gitu hehehe

    BalasHapus
  10. Sepertinya skrg permainan tradisional makin berkurang ya Mba.. Anak-anak lebih senang jika bermain game lewat online atau ponselnya.. Yg terpenting sih, selama ponsel tidak digunakan buat hal yg tidak” deh yaa, terlebih banyak program dan permainan online buat mengasah otak anak..

    BalasHapus
  11. Permainan edukasi yang menyenangkan nih dj sini.
    Bisa pilih macam permainan dan kek nya cocok nih buat daku rekoendasikan ke keponakan

    BalasHapus
  12. Secanggih canggihnya permainan zaman sekarang tetap lebih menyenangkan permainan anak² era 90 an betulll???

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Podcast IWITA & Wedding Batak Exhibition

Sejarah dan Asal Usul Batak  Kita semua pasti mengenal orang batak baik di lingkungan rumah, sekolah maupun pekerjaan. Ternyata suku batak i...