Senin, 15 April 2024

Mudik Gratis Bersama Pemprov DKI




Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1445 H untuk semua teman yang merayakan. Lebaran tahun ini, alhamdulillah saya bisa mudik ke Sumatera Selatan. Saya mudik ikut program Mudik Gratis dari Pemprov DKI.


Program Mudik Gratis sudah diadakan oleh Pemprov DKI sejak tahun 2018. Mudik Gratis ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi, terutama miring dengan kendaraan roda dua. Mudik gratis bisa dengan motor atau hanya kita saja. Saya memang mudik tidak membawa motor. Tanggal keberangkatan motor berbeda dengan keberangkatan peserta mudik.


Jadwal Keberangkatan 

Cara Mendaftar Mudik Gratis Pemrov DKI melalui link mudikgratis.jakarta.go.id 

Saya sebagai calon peserta hanya perlu menyiapkan KK dan KTP, untuk yang ber KTP DKI diutamakan. Ada juga yang bisa ikut dengan KTP non DKI.





Setelah berhasil melakukan pendaftaran secara online, calon peserta mudik gratis diminta melakukan verifikasi di lokasi-lokasi berikut:

Tanggal 23 Maret dan 25 Maret 2024:

1. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
-Jalan Taman Jatibaru No.1, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta 10150
- Call Center: 0895 3311 0999 6

2. Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan

- Jalan MT.Haryono Kαν 45-46 Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta 12770
- Call Center: 0852 1544 5656

3. Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara

- Jalan Plumpang Semper, Tugu Selatan Koja, Jakarta Utara, Jakarta
- Call Center: 0852 1544 5665

4. Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Pusat
- Jalan Pasar Senen No.5, RW.3, Senen, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10410
- Call Center: 0852 1544 5655

5. Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Timur
-Jalan Perserikatan No. 1 RT 2 RW 8, Jati, Pulogadung Jakarta Timur (Terminal Rawamangun)
- Call Center: 0895 3311 0999 3

6. Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Barat
- Jalan Raya Ring Road, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta 11750
- Call Center: 0895 3311 0999 6


Saya waktu itu verifikasi di Dishub Jakarta Selatan. Sengaja datang pagi, karena dibatasi sehari 150 peserta mudik untuk verifikasi. Setelah verifikasi, saya pendapat dua barcode untuk mudik dan balik. Alhamdulillah saya dapat tiket mudik dan balik. 



Tibalah hari pemberangkatan tanggal 4 April 2024, berlokasi di Monas. Setelah pelepasan sebanyak kurang lebih 200 bis diberangkatkan ke berbagai kota tujuan. Untuk ke Palembang ada 3 Bis dan saya berada di Bis 3. Anak anak senang karena pendapat snack untuk terbuka puasa ataupun untuk anak yang tidak berpuasa. 



Balik ke Jakarta ada 2 Bus, alhamdulillah perjalanan lancar. Hanya saja mengantri cukup lama di Bakauheni karena merupakan puncak arus balik. Bus berangkat dari Terminal Alang Alang Lebar jam 08:00 sampai Terminal Pulogebang jam 24; 00. Alhamdulillah ini pengalaman pertama saya mengikuti Mudik Gratis bersama Pemprov DKI, jika nilai 1-10 saya kasih nilai 8. 

Satu catatan lagi kita sebagai peserta hanya boleh turun di terminal yang sudah ditetapkan ya. Tidak diperkenankan turun di jalan sesuai keinginan. Alangkah baiknya kita mengikuti aturan karena ini peraturan dari pusat. 


Saya sendiri sebenarnya mudik ke Desa yang jaraknya 3 jam dari kota Palembang. Jika dari Jakarta menggunakan bus berbayar saya biasa turun di Simpang Celika, dan ini harus keluar pintu tol Kayu Agung. Tapi karena saya ikut mudik Gratis saya harus taat peraturan ikut turun di Terminal Alang-Alang Lebar. Mudik Gratis ke Sumatera Alhamdulillah lewat tol terus.


Tahun depan semoga diberi umur panjang saya ingin ikut mudik gratis lagi. Karena memang berlebaran di kampung, banyak saudara saya merasa lebih happy, berbeda dengan berlebaran di tanah rantau .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Dirut BPJS Kesehatan Rilis Buku Roso Telo Dadi Duren Biyen Gelo Saiki Keren

Dinamika Perjalanan JKN, Dirut BPJS Kesehatan Rilis Buku Terbaru Dari judulnya saja saya tertarik dengan buku ini. Buku “Roso Telo Dadi Dure...