Laman

Rabu, 14 Juni 2017

Tips Mudik Lebaran

Sumber foto google.co.id


Menjelang hari raya biasanya tradisi tahunan mudik dimulai. Mudik bisa diartikan kegiatan perantau untuk kembali ke kampung halaman. Saya sebagai salah satu perantau di Jakarta hampir setiap tahun mudik. Transportasi yang saya pilih biasanya bus ataupun pesawat terbang. Ada kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan bila lebaran bisa berkumpul bersama keluarga.
Tahun ini saya berencana mudik ke pulau Bangka, dan di sana ada kakak dan adik-adik saya. Saya sudah membeli tiket pesawat sebulan menjelang Ramadan, hal itu saya lakukan untuk mendapatkan harga promo dan menghindari kehabisan tiket. Jika mendekati hari Lebaran harga tiket pesawat biasanya bisa dua kali lipat. Alhamdulillah untuk urusan tiket sudah beres. Sekarang saya tinggal mempersiapkan apa saja yang sebaiknya saya bawa saat mudik nanti, baca juga Mudik.

Yang perlu diperhatikan saat mudik:
·         Karena ini dalam rangka mudik lebaran dan dalam kondisi berpuasa, beberapa hari sebelum mudik konsumsi makanan bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur, perbanyak juga karbohidrat dan protein secukupnya sebagai sumber tenaga.
·         Pakailah pakaian yang nyaman saat di perjalanan.
·         Jika perjalanan memakan waktu yang lama hingga berbuka, siapkan bekal makanan yang tahan lama. Bila perlu bawa termos kecil untuk membuat minuman hangat saat di perjalanan. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menghemat pengeluaran selama di perjalanan karena harga minuman bisa lebih mahal berkali lipat.
·         Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum melakukan perjalanan mudik.
·         Membawa obat-obatan seperti minyak kayu putih ataupun obat sakit kepala.
·         Saat waktu berbuka tiba jangan lupa cuci tangan sebelum makan, atau gunakan cairan pembersih tangan maupun tisu basah.
·         Beberapa kali saya membeli makanan di diperjalanan, rasanya tidak enak dan harganya sangat mahal. Alangkah baiknya jika membawa bekal dari rumah. Akan tetapi jika terpaksa harus membeli, pilihlah restoran atau warung makan yang bersih.
·         Waspada terhadap orang yang baru dikenal karena banyak sekali terjadi kasus pembiusan. Oleh sebab itu jangan pernah mau menerima makanan atau minuman dari orang yang baru dikenal.

Sumber foto pixabay



Saya mudik bersama suami dan anak yang sudah berusia 10 tahun. Akan beda lagi persiapannya jika mudik bersama BALITA ataupun BATITA, pasti lebih banyak lagi yang dipersiapkan. Selain persiapan di atas saya juga sudah menanyakan bagaimana cuaca di sana? Termasuk sinyal provider apa yang jaringannya paling oke dan bisa mengakses internet dengan cepat. Karena walaupun mudik ada beberapa pekerjaan yang tetap harus saya selesaikan nantinya. Untuk masalah jaringan saya sudah percayakan pada XL karena selama ini saya selalu berselancar dan berkomunikasi dengan provider tersebut. Sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain banyak promo-promo menarik, nelfon ke semua operator tarifnya tetap sama. Jadi makin tak sabar ingin segera mudik dan berkumpul bersama keluarga. Kalau teman-teman, apa saja yang sudah dipersiapkan untuk mudik lebaran nanti?

30 komentar:

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Kalau mudik aku selalu bawa makanan dari rumah, mba. Soalnya sering nemu juga harga mahal dan tak enak plus harus ngantri panjang. Makasih sudah mengingatkan, mba :)

Ria Handayani mengatakan...

Iya mba, harga mahal tapi masaknya asal-asalan itu juga saya rasakan seperti nasi yang belum matang sempurna. Jadi memang sebaiknya bawa dari ๐Ÿ 

Hida Qu mengatakan...

Hikshiks aku gak mudik mbak, secara ortu udah ga ada semua. Walaupun pengen juga ngerasain mudik seperti yang lain, tapi aku dan anak2 tetep semangat kok menghadapi libur lebaran. BTW, Tipsnya berguna banget lho mbak ..thanks ya.

Ria Handayani mengatakan...

Sama-sama mba, tetap semangat walau ga mudik lebaran tahun ini ya๐Ÿ˜€

mpo ratne mengatakan...

Wah asik mudik. Perjalanan panjang mudik memang melelahkan tapi menyenangkan. Tips Ok banget. Selamat mudik Mba, jangan lupa oleh oleh kampung kalau ke jakarta (just kidding)

Sonya Tampubolon mengatakan...

Hmm.. aku gak mudik sih ya (krn gak merayakan Lebaran juga). Tapi beberapa tips dari artikel ini kepake utk traveling/jalan2 liburan secara umum kok, jadi saya seneng bacanya :) and yes, setuju banget sama paragraf terakhir klo bawa batita atau balita pasti persiapannya lebih banyak--bujet jg biasanya lebih gede. hehe. Selamat mudik ya mbak, semoga lancar2 dan sehat semua!

Hello fika mengatakan...

Mbak kita kan se daerah, kapan kapan mudik bareng lah. .xixixi

Tapi naik transportasi udara aja mbak, lebih aman, selamat dan nyaman. .

Melysa Luthiasari mengatakan...

Perjalanan mudik itu menyenangkan buat aku, apalagi kalo mudiknya agak jauh, kalo aku sih deket jadi kayak ga berasa mudik. Hehehe.....

Christanty Putriarty mengatakan...

Nah ini dia tips yang kucari2jelang mudiks aman bersama keluarga.met lebaran di kampung yaa

Novitania Pambhudi mengatakan...

Wah makasih banget tipsnya mba ria, akses internet yg cepet dan sinyal yg kuat penting banget tuh untuk mudik, biar bs ttp komunikasi sm keluarga

Novitania Pambhudi mengatakan...

Wah makasih banget tipsnya mba ria, akses internet yg cepet dan sinyal yg kuat penting banget tuh untuk mudik, biar bs ttp komunikasi sm keluarga

Ria Handayani mengatakan...

Iya mba biar tetap bisa bw kita๐Ÿ˜

Ria Handayani mengatakan...

Iya mba musik lagi lebaran ini, alhamdulillah

Ria Handayani mengatakan...

Yang penting tetap musik ya Bun๐Ÿ˜

Ria Handayani mengatakan...

Ide bagus tu, kemarin ada yg nawarin musik gratis sayangnya saya sudah beli tiket

Ria Handayani mengatakan...

Terimakasih mba

Ria Handayani mengatakan...

Ok terima kasih insya Allah ya

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku biasanya bawa makanan dari rumah atau kalau rempong beli masakan Padang aja hehehe... di pesawat makanannya unik-unik ya rasanya haha kadang beli kadang ga sih...

Tati Suherman mengatakan...

Biasa mudik bawa bekal dari rumah kadang makanan dipeejalan gak sesuai sama harga

Ria Handayani mengatakan...

Memang sebaiknya begitu mba bawa dari rumah terjamin kebersihannya.

Ria Handayani mengatakan...

Ide bagus tu, saya juga beli masakan Padang, dekat rumah sebelum berangkat lebih murah tapi rasa juara.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mudik lagiiiii, setiap thn mudik , tp aku amh beruntung krn jalannya berlawanan dg arus mudik umumnya

Prima Hapsari mengatakan...

Selamat mudok mbak, semoga perjalanan lancar yaa bisa ketemu fmly.

Ria Handayani mengatakan...

Terimankasih mba, senang sekali bisa mudik .

Ria Handayani mengatakan...

Jadi bebas macet ya mba

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

bener bgt. sebisa mungkin ketika berpergian apalagi mudik harus prepare termasuk kebituhan konsumsi
setidaknya berjaga dari hal yg tdk di inginkan

Nita Lana Faera mengatakan...

Saya tak mudik. Memang iya kalau mudik salah satunya mesti disiapkan bekal makan minum, terutama minum sih. Biasanya kalau perjalanan jauh ya bawanya rendang dan nasi kalau untuk seharian juga cukup awet.

Pritahw mengatakan...

aku tahun ini ga mudik karn baru hijrah, hehe..kl mudik lbh aman ga pas rame2nya banget ya mbak, biar agak berkurang ngos2annnya, hehe

Beautyasti1 mengatakan...

Apalagi kalau mudik bersama bayi ya mba pasti lebih banyak lagi bawaannya.. Kadang juga ga mau repot, may makan ya tinggal mampir di restaurant tapi emang harus jeli pilih warung makan kalau mudik

desain grafis mengatakan...

Thanks infonya kak