Laman

Minggu, 02 Juli 2017

Pemandian Air Panas Pemali Sungailiat Bangka

Kolam air panas

Assalamualaikum, besok sudah Senin tentunya sudah mulai beraktivitas kembali. Saya masih di Bangka dalam rangka mudik sekaligus liburan. Saya pilih mudik ke Bangka karena dulu saya sekolah di sini. Dan ada dua adik dan kakak saya tinggal di Bangka.


Setelah lulus SMK tahun 2000 dan kembali ke sini tahun 2008, baru tahun 2017 saya kembali lagi ke Bangka. Tak tanggung-tanggung saya mudik selama 21 hari 😁, saya akan mengunjungi berbagai tempat wisata di sini. Selain pantai ada pemandian air panas yang ada di Kecamatan Pemali, Kabupaten Sungailiat Bangka. Konon menurut penduduk asli di sini dulu air ini sangat panas dan bisa untuk merebus telur. Saat mereka akan pergi ke kebun mereka melemparkan telur dan diambil saat akan makan siang.

Seiring berjalannya waktu air panas ini dikelola oleh pemerintah setempat. Tarif masuk ke area pemandian air panas ini cukup terjangkau Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa. Ada beberapa kolam air panas, ada 2 kolam yang suhunya mencapai 40 derajat celcius, saya tidak kuat untuk berendam, bisa sebenarnya tapi harus perlahan dimulai dari kaki, setelah suhu tubuh bisa beradaptasi lanjut sampai pinggang, setelah lama baru bisa seluruh tubuh. Air panas ini mengandung belerang jadi yang memiliki sakit kulit bisa banget untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit tersebut😱. Manfaat lainnya berendam di air panas ini bisa menyembuhkan rematik, melancarkan peredaran darah. Insya Allah dengan keyakinan dan atas izin Allah kita semua bisa sehat.

Merokok dengan cuek seperti bebek

Saya cukup puas dengan fasilitas dan kebersihan di sini, hanya saja agak kecewa karena ada beberapa orang merokok sembarangan. Padahal di sini banyak anak-anak, mungkin ini menjadi "PR" untuk pemerintah setempat khususnya Dinas Kesehatan agar lebih ketat soal peraturan dilarang merokok sembarangan. Karena seperti kita ketahui merokok itu berbahaya, rasanya saya ingin sekali menegur bapak-bapak yang merokok di depan saya dan asap rokoknya terbang ke arah saya😈. Tapi biarlah sebaiknya saya menghindar saja, toh saya hanya pengunjung di sini.

Dewi KDI

Selain kolam air panas ada juga water boom di area terpisah tapi masih di lokasi yang sama. Ada juga arena perahu bebek, arena bermain, mini zoo dan panggung hiburan. Khusus hari ini dimeriahkan oleh Dewi KDI yang memang asli penduduk Bangka. Tak terasa sudah sejak jam 10 pagi saya berada di pemandian air panas ini, berarti sudah 8 jam saya berada di sini. Walaupun si kecil masih senang tapi kami harus pulang dulu.

18 komentar:

feriyana sari mengatakan...

Pengin banget ke bangka mb. Pantainya keren juga katanya yaa?? Akupu sepaham denganmu, tempat wisata ok sering terganggu dengan ulah pengunjung yg nyebelin banget. Kayak buang sampah sembarangan, banyak yg ngrokok tanpa lihat kanan kirinya banyak anak kecil dll. Smiga makin bijak aja deh masyarakat indonesia.

Tri Aryani mengatakan...

Asyiiik ya Bun, suasananya..

Ovianty _ mengatakan...

Pengen kesana, enak berendem

mpo ratne mengatakan...

Murah ya tiketnya sayang jauh. Kalau kesana wajib mampir nih. Oh ya berandam sambil makan kerupuk bangk enak banget (ha... Ha... Ha kode ntar pulang ke jakarta bawa kerupuk ya)

Maria Soraya mengatakan...

Mudik 21 hari? Puassssss tenan itu, mak. Bilqis pasti happy libur selama itu, berasa banget liburannya ya Mak.

Klo mudiknya 21 hari berarti banyak cerita yg bisa dibagi, ditunggu cerita2 selanjutnya

Rahmi mengatakan...

Belum pernah ke Bangka nih aku. Kayaknya bagus temen pas dr belitung bareng dulu lanjut ke Bangka. Tapi aku ga ikutan.

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

pemandian air panasnya tampak modern ya..kan biasanya lebih kaya curug, natural bgt
setuju saya suka sebel sama org yg ngeroko sembarangan. beberapa kali berantem malah padahal cuma mengingatkan

Kurnia amelia mengatakan...

Ya Allah asyik bangett,,,doain aku lah mak biar ke Bangka sama anak-anak hehe.

Ida Raihan mengatakan...

Itu kepas mandi tubuh bau belerang nggak, Mbak? Belum pernah saya mandi begituan.

Nita Lana Faera mengatakan...

Pemandian air panas ini jadi inget ke Ciater. Panas banget ya sampe telur aja bisa matang.

Try mengatakan...

Tulisannya fresh...

Ria Handayani mengatakan...

Alhamdulillah tidak bau😀

elva susanti mengatakan...

Semoga kedepannya nggak ada yg merokok sembarangan lagi

Dewi Rieka mengatakan...

Suka deeh pemandian air panas segerrr baru tahu Bangka juga ada..

Ria Tumimomor mengatakan...

susah mbaaaak negor org2 yg merokok inih... apalagi di area terbuka... ntar yg ada malah ribut . kecuali kompakan ada bbrp org yg ikut negor baru sukseiuuus....

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Senangnya bisa liburan panjang ke tempat2 yang keceh nadai spt ini ♡_♡.

Memang ya ga bisa dipungkiri, liburan asik bisa rusak gegara rokok sembarang tempat, polusi n sampah di mana2.

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku belum pernah ke Bangka. Hm.. menikmati oarng-0orang yang berenang dan berendam di kolam air panas nih asik ya. Kalau ada yang nakal buang sampah sembarangan, merokok di depan umum, tegur aja mbak. Apalagi kalau nyelak antrian HTM wah bisa aku omelin hehee...

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Ah jadi kangen banget Bangka mba, belum puas kalau sebentar disana ya. Asyik banget bisa lama disana mba, 21 hari ya. Mantep.