Kamis, 18 Juli 2019

Koalakos Aplikasi Bagi Pemilik Rumah Kos



Siapa yang pernah ngekos? Pertama tinggal di Jakarta saya ngekos dekat tempat kerja. Awalnya cari kos kosong itu tidak mudah, waktu itu saya tanya ke teman-teman. Setelah dapat pun, saat tiba waktu pembayaran kadang saya lupa membayar hahaha. Beneran lupa bukan pura-pura lupa ya😊. Ya namanya juga sibuk kerja, berangkat pagi pulang sore, kadang berangkat sore pulang pagi, sampai tempat kos kadang sudah lelah. Sedangkan ibu kos yang waktu itu single parent juga jarang di rumah. Kebayang kan, mungkin saat dia sudah butuh uang untuk bayar ini itu, saya malah lupa bayar uang kos. Maafkan ya ibu kos yang baik hati.

Jangan sampai kejadian, ada penyewa kos yang pindah tanpa izin sebelum bayar ya. Ini bukan saya ya bukan pengalaman pribadi, alhamdulillah saya selalu bayar, paling telat sehari. Ada kan yang begitu, jangan dicontoh ya. Namanya pemilik kos pasti punya pengalaman macam-macam. Kalau pengalaman menyenangkan alhamdulillah, tapi pengalaman buruk lupakan saja dan jadikan pelajaran, semoga tidak terulang. 

Sekarang setelah menikah, kebetulan sekali ada kerabat yang juga punya usaha kos-kosan. Di Jakarta memang banyak pendatang baru, apalagi pasca lebaran. Nah bagi yang tidak punya sanak saudara, biasanya ngekos di Jakarta. Kalau saya dulu pilih tinggal di rumah kos, bukan karena tak punya saudara atau ingin bebas, tapi supaya dekat tempat kerja. Bisa irit ongkos dan mengurangi rasa lelah karena macet, iya kan. Kalau anak kuliah pastinya banyak juga yang tinggal di rumah kos. Beruntung banget nih kalau punya lahan luas dekat kampus universitas, bisa bikin usaha kos-kosan. 


Menurut paman saya ya namanya anak kos kadang ada yang ingat waktu bayar ada juga yang pelupa. Apalagi terkadang tanggal bayar kos tidak sama, ada yang mesti bayar tanggal 1, ada juga yang tanggal 7. Selain itu juga paman ga enakan kalau harus nagih uang kos, walaupun itu memang kewajiban para pengguna kamar kos. 



Tapi saya dengar dari teman sekarang ada aplikasi Koalakos, itu lho aplikasi manajemen kos yang pertama di Indonesia. Kreatif banget ya, jika ini bisa menjadi solusi keuangan untuk semua masalah kos. Aplikasi Koalakos ini baru dirilis bulan Maret 2019 lalu. Saat ini Koalakos memiliki beberapa fitur utama sebagai berikut:
*Pengingat bayar untuk penyewa.
Aplikasi Koalakos akan mengingatkan penyewa untuk bayar sebelum tanggal jatuh tempo.
*Rekapitulasi pembayaran dan pembukuan yang praktis bagi pemilik kos.
Melalui aplikasi Koalakos penyewa akan dengan mudah membayar. Pemilik kos juga akan diberitahukan saat pembayaran sudah diterima. Seluruh pembayaran akan secara otomatis tercatat di Koalakos.
*Pemilik kos dapat melihat penyewa mana saja yang sudah terima pengingat pembayaran.
*Koalakos dapat membantu pencatatan secara digital. Semua pemasukan dapat dicatat di Tab pemasukan aplikasi Koalakos.




Hmmm jadi keuntungan menggunakan aplikasi Koalakos ini bagi pemilik kos adalah kamar kosong akan diiklankan ke berbagai partner dengan praktis dan pengelolaannya juga mudah. Jadi ga ada cerita kesulitan cari kamar kos seperti saya dulu ya. Kalau ingin tahu lebih lanjut info lengkapnya langsung saja klik di sini.




Lokasi yang cocok untuk membuat usaha kos:
  • Dekat dengan kampus
  • Dekat dengan perkantoran
  • Dekat dengan kawasan industri (pabrik)


Tiga lokasi di atas sangat cocok untuk dibuat kos-an, karena banyak mahasiswa yang datang dari luar kota untuk menuntut ilmu. Juga banyak pekerja dari luar kota. Sehingga mereka membutuhkan hunian yang dekat dengan tempat mereka kuliah dan kerja. Agar pengguna kos betah hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kos di antaranya adalah fasilitas yang lengkap, keamanan lingkungan sekitar, dan harga yang terjangkau. 


Siapa saja nih yang punya usaha kos, langsung saja download aplikasinya. Saya sudah bilang ke paman supaya segera download Disini

Semoga dengan aplikasi ini usaha kos paman dan teman-teman makin lancar. 


8 komentar:

  1. Bagus juga appsnya hihi lumayan membantu untuk pengusaha kos, dan memang betul lho susah sekali jaman dulu cari kos tuh harus keliling ke sana ke mari. Untung di era digital sekarang apa-apa serba mudah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Era digital semua jadi mudah asalkan kita bijak menggunakannya..

      Hapus
  2. Aku belum pernah ngekos, gak kesampean ini waktu masih lajang. Soale sekolah dan kerja masih satu kota.

    Setelah menikah langsung pindah rumah. Ngontrak bayar bulanan. Dan memang banyak kontraktor kabur di tempatku. Jadinya Pak Haji yg punya kontrakan nerapin denda per hari Rp 6000. Telat bayar ya siap2 didenda.

    Ini aplikasinya keren banget, sangat membantu para pemilik usaha kos2an.

    BalasHapus
  3. Eh baru tahu ada aplikasi seperti ini, keren juga yah.. Cocok buat yang punya kos2an berderet, berpintu-pintu, biar lebih teratur.

    BalasHapus
  4. wah ini solusi inovatif buat para pemilik kos apalagi kalau udah kosong diiklankan ke partner, jadi kos2an lebih cepat terisi deh

    BalasHapus
  5. Kebetulan sekali ada aplikasi ini, bisa digunakan bagi pengusaha kos dan pengguna kos

    BalasHapus
  6. Asik lho kalo ada aplikasi kaya gini, jadi gak repot nyari lokasi kost, semoga banyak para penyewa kost yg pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  7. Jaman semakin maju, aplikasi pun semakin melengkapi kebutuhan, Koalakos membantu banget ya buat kita yang berhubungan dengan kost2an

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...