Minggu, 28 Juli 2019

Tips Mencuci Pakaian Seragam Sekolah Anak



Tahun ajaran baru sudah dimulai, kakak sudah kelas 6 SD sekarang. Saya sudah harus lebih sering mengingatkan kakak supaya rajin belajar. Cara belajar yang santai, contohnya sering-sering baca buku. Saya juga sering mengingatkan kakak supaya jangan kebanyakan bermain telepon pintar, boleh sih pegang tetapi sekedar main game atau dengerin lagu tapi gak boleh lebih dari satu jam. Sambil saya kasih contoh, temannya yang lulus SD tahun ini kebanyakan bikin konten tik-tok nilai ujian nasionalnya gak sampai angka 20. Miris sekali, bukannya saya menyalahkan telepon pintar tapi kadang anak-anak suka lupa waktu. Di sinilah pentingnya peran seorang ibu, kadang sering ngomel itu suatu yang lumrah, dan dilabeli cerewet oleh anak bukanlah masalah 😃.

Baiklah, saya rela dicap cerewet tapi saat santai saya utarakan pada kakak, ibu cerewet karena ibu sayang kakak, ibu ingin kakak nilainya bagus dan jadi kebanggaan orangtua. Alhamdulillah kakak mengerti, dan kami tertawa bersama lagi, bahkan kakak pernah berkata ibu harus selalu cerewet 😃. 

Ngomongin sekolah pastinya tak lepas dari seragam. Berikut seragam yang biasa digunakan kakak:
*Senin - Selasa: Seragam Putih Merah 
*Rabu: Seragam Pramuka
*Kamis: Seragam Batik
*Jumat: baju olah raga dan Seragam Putih Merah 

Sejak kelas 5 kakak sudah menggunakan kerudung jadi baju dan roknya panjang. Kebayang kan mencuci dan menyetrikanya. Walaupun saya mencuci menggunakan mesin cuci tapi saya merasa kurang bersih. Saya tetap sikatin baju satu persatu. Jujur dengan mesin cuci pekerjaan jadi mudah, apalagi saat hujan, cucian jadi bisa cepat kering. Akan tetapi kekurangannya pakaian jadi kurang bersih apalagi saya yang punya anak bayi 1+, bekas kecap, jeruk, semangka kadang masih menempel di baju si kecil. Dan baru ketahuan saat dijemur. 

Berikut ini sedikit tips dari saya agar cucian bersih sempurna: 
  • Pisahkan pakaian yang berwarna putih.
  • Rendam pakaian sebelum dicuci.
  • Sikat bagian-bagian yang biasanya kotor, seperti leher, dekat kaki dan bagian depan baju bayi.
  • Gunakan deterjen cair agar busanya cukup saat mencuci dan juga wangi.
  • Bilas hingga busa habis.
  • Gunakan pemutih baju bila diperlukan. 


Jadi ingat waktu kecil biasanya bagian kerah kemeja putih saya berwarna keabuan dan berukir indah. Apalagi kerah kemeja anak cowok lebih parah, karena anak cowok senang bermain sehingga berkeringat, saya tahu betul itu karena adik saya laki-laki. Sekarang selain leher, bagian lengan baju (siku) kaka yang sering kotor dan harus menjadi perhatian khusus. 

Untuk sepatu sekolah, biasanya saya cuci seminggu sekali menggunakan air sisa membilas baju. Ini demi mengirit air ya gaes. Bukannya pelit tapi memanfaatkan air karena musim kemarau dan sudah lama tak hujan. Saya juga gunakan air sisa membilas baju untuk menyiram halaman supaya debu berkurang. 

Saat kakak kelas 5 SD, saya ajarkan kakak untuk mencuci sepatu. Dan kakak juga sudah bisa membantu ibu menjemur, mengangkat dan melipat pakaian yang sudah bersih, Alhamdulillah. Bagaimana pengalaman teman-teman saat mencuci pakaian sekolah anak? 

6 komentar:

  1. ini salah satu kegiatan rumah tangga yang saya sukai.mencuci. tp jujur senang mbak kalau nyuci sendiri dan liat hasilnya bersih.anak2 juga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe mencuci enakan manual ya mba, tapibkadang karena harus berburu waktu, terpaksa pakai mesin cuci dan suoaya ada pengering juga.

      Hapus
  2. Kalau seragam sekolah Hania karena dia sekolah alam jadinya kotornya minta ampun, setiap hari pulang sekolah selalu dekil hahaha.. Jadi enggak cuman misahin baju putih dan berwarna saja, juga misahin baju seragam hania dari anghota keluarga yang lain

    BalasHapus
  3. nah paling susah itu nyuci seragam anak2 apalagi anak laki2, pasti kotor banget kudu ekstra keras buat hilangkan noda

    BalasHapus
  4. Hmm klo Mada pulang sekolah, aku langsung rendam bajunya lalu sore dibilas. Hari ini ada noda buah naga di kaos olahraga sama celana, trusss aku kasih cairan ajaib yg depannya V dan belakangnya H hihiihi. Hilaaaang sekejab !

    BalasHapus
  5. Thanks for sharing, semoga sukses terus,.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Wahana Baru di Ocean Dream Samudra Mola-Mola Jet Spinner

Halo semua apa kabar, semoga sehat selalu. Supaya sehat kita harus rajin berolahraga dan aktivitas fisik. Salah satu aktivitas fisik y...