Sabtu, 04 Agustus 2018

MumToMum Memberi Dukungan Untuk Ibu Menyusui


1 Agustus 2018 saya hadir di acara peluncuran platform digital Anmum MumToMum yang dapat diakses dengan mudah dengan cara mengunjungi website Anmum di www.anmum.co.id dan facebook Anmum Indonesia. Platform digital MumToMum sebagai bentuk dukungan emosional dan psikologis dari ibu untuk ibu selama menyusui, karena menyusui adalah perjalanan luar biasa. Anmum sepenuhnya mendorong agar para ibu sukses menyusui eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun. Siapa saja yang hadir dan apa kata mereka?

Rohini Behl

Acara diadakan di Fairmont Hotel, diawali dengan sapaan MC Cantik dan dilanjutkan sambutan dari Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, PT Fonterra Brands Indonesia mengatakan, “Banyak sekali rintangan bagi ibu menyusui di Indonesia, termasuk kurangnya dukungan keluarga dan kesalahpahaman seputar menyusui yang perlu diluruskan. Sejumlah hal ini yang dapat menyebabkan turunnya atau bahkan berhentinya produksi ASI yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan. Kami memahami bahwa faktor nutrisi dan psikologis berperan penting, karena itu Anmum melalui MumToMum menyediakan  platform online untuk mendukung ibu dalam pemenuhan nutrisi dan sisi emosional”.

Penyebab menurunnya produksi ASI

Selanjutnya ada DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita, menjelaskan bahwa ibu yang berpotensi mengalami menurunnya produksi ASI adalah:
  • Ibu yang mengalami stres atau lelah bekerja setelah cuti melahirkan.
  • Ibu yang sakit dalam kurun waktu tertentu sehingga tidak dapat menyusui langsung.
  • Ibu yang tidak nyaman secara psikologis karena mendapat tekanan dari keluarga atau lingkungan sosialnya.

Ibu disarankan melakukan relaktasi ketika tidak memproduksi ASI selama dua minggu berturut-turut dalam masa 6 bulan ASI eksklusif, terutama ketika bayi berusia tidak lebih dari 4 bulan.

Ibu harus lebih intensif untuk menyusui langsung, didukung dengan pijat laktasi atau dikenal juga sebagai pijat oksitosin setiap hari. Bagi ibu bekerja, harus disiplin untuk memompa dan menyimpan ASI saat mereka sedang di kantor dan selalu menyusui langsung setiap kali berada di rumah bersama bayi mereka. Agar berhasil dalam relaktasi, para ibu wajib menerapkan tehnik yang benar, penuhi kebutuhan nutrisi dan mendapatkan dukungan psikologis dari keluarga dan lingkungan sosial.

Sebab-sebab menurunnya produksi ASI:
  • Mengabaikan kesehatan (kelelahan)
  • Terlalu banyak minum kopi
  • Merokok
  • Minum obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Diet  

Tips Relaktasi:
  • Supply = Demand
  • Banyak minum air putih
  • Cari waktu untuk istirahat
  • Minum suplemen galaktagog (bisa dibeli bebas)
  • Pompa ASI diperiksa
  • Bonding diperkuat: skin to skin, pijat bayi
  • Pijat oksitosin
  • Gunakan Supplemental Nursing System (SNS) atau modifikasinya
  • Penting dukungan keluarga, teman dan tenaga kesehatan

Rinni Wulandari

Hadir juga Rinni Wulandari, penyanyi sekaligus ibu dari Nord Kiano Julian berusia 5 bulan, menceritakan pengalamannya menyusui dengan berbagai tantangan. “Menjadi ibu untuk pertama kalinya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus banyak tantangan. Salah satunya saat menyusui di mana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari-hari padahal Nord masih dalam usia ASI eksklusif. Berkat dukungan dari orang-orang sekitar saya yang selalu memberikan semangat positif, saya terpacu sekali untuk kembali memberikan ASI eksklusif”.

Rohini Behl, Rinni Wulandari, Bernadeth Virna,
Ines Yumahana G. (ki-ka)

Hadir juga Bernadeth Virna  SR. Brand Manager Anmum Fonterra Brands Indonesia. “Anmum sangat memahami perjalanan para ibu dan tantangannya. Dimulai saat hamil dengan perubahan fisik, morning sickness juga kelelahan. Juga emosi tidak stabil, cemas, stres, terkadang depresi, ditambah lagi baby blues pada saat postpartum”.

Tekanan yang dirasakan ibu selama masa menyusui khususnya ibu baru, tidak mampu mengatasi rasa panik dan depresi yang berujung pada masalah produksi ASI. Tekanan lebih kepada sisi emosional seperti:
  • Baby blues.
  • Rasa percaya diri yang rendah akibat tidak mampu menjadi ibu baru yang sempurna - tidak dapat mengurus bayi dengan baik.
  • Transisi dari wanita/istri menjadi ibu.
  • Tekanan harus memberi ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.


Selain para narasumber yang memberikan banyak pengetahuan bagi saya sebagai ibu menyusui, hadir juga Ines Yumahana Gulardi, MSc., Senior Nutrition Manager PT Fonterra  Brands Indonesia, menjelaskan “Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu saat masa perencanaan kehamilan, kehamilan, dan menyusui memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan bayi keseluruhan sejak berada dalam kandungan hingga pertumbuhan masa kanak-kanak, yang di kemudian  hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka”.

MumToMum

“Anmum adalah salah satu brand terkemuka di Indonesia yang diformulasikan  untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu dalam persiapan kehamilan, saat hamil dan menyusui. Kami ingin mendampingi ibu dengan informasi yang tepat agar dapat membuat keputusan tepat bagi diri sendiri dan bayinya,” tambah Ines Yumahana Gulardi.

Fonterra sebagai pemasok bahan baku susu terkemuka di dunia, yang juga merupakan  koperasi peternak di Selandia Baru dimiliki oleh 10.500 peternak. Fonterra memproduksi merek-merek terpercaya di antaranya Anmum (Materna, Lacta dan Essential), seperti komitmen Fonterra untuk memberikan nutrisi susu berkualitas tinggi kepada konsumen Indonesia dalam setiap tahapan kehidupannya.

Pijat Oksitosin

Sistem nutrisi Anmum mencakup susu yang diformulasikan khusus bagi wanita yang berencana untuk berumah tangga, selama kehamilan dan menyusui, serta produk anak. Didukung oleh penelitian ekstensif tentang nutrisi, kesehatan ibu dan bayi, serta perkembangan anak. Anmum tersedia di 10 negara di Asia. Produk Anmum dengan kandungan nutrisi penting seperti Nuelipid, Folate, Gangliosides (GA), Sialic Acid (SA), Docosahexaenoic Acid  (DHA), Essential Fatty Acid (EFA) dan zat besi.



Sebagai ibu menyusui saya sangat senang dengan adanya platform digital MumToMum yang bisa diakses dengan mudah. Saya bisa berbagi pengalaman dengan para mum lainnya. Gabung juga yuk!

10 komentar:

  1. Busui memang butuh dukungan dan perhatian dari suami dan keluargany agar ASI lancar ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups banyaknya mitos kadang bikin ini ini meny malah tertekan .

      Hapus
  2. Untung sekarang ada anmum ya, jadi bayi terhindar dari kurang nutrisi karena bundanya ga bs menyusui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anmum memang mendukung para ibu untuk menyusui hingga 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

      Hapus
  3. Digital MumtoMum memudahkan para mamah muda nih jd ada panduan untuk memberikan nutrisi yang baik untuk si kecil dh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tukar cerita , berbagi pengalaman sesama bunda menyukai di AnmumMumToMum

      Hapus
  4. Ternyata sudah ada di 10 negara makin di percaya yang akan menjaga gizi si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kaka sudah mampir semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Jadi Ibu ini memang harus serba tahu dan serba bisa ya mbak. Makanya platform digital seperti #MumToMum ini memang dibutuhkan banget oleh para ibu khususnya ibu baru kayak aku gini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips walaupun anak kedua pengalaman setiap ibu selalu berbeda jadi platform seperti ini sangat dibutuhkan.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Melatih Motorik Si Kecil dengan Kegiatan Sehari-hari

Kemasan praktis dibawa Halo buibu apa kabar? Tak terasa sudah akhir tahun. Pastinya buibu pada sibuk mempersiapkan liburan bersama k...