Senin, 27 Agustus 2018

Sagasco Student Company Terbaik Tahun Ini


Halo, masih ingat dengan Student Company yang diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus lalu? Ternyata pemenangnya adalah Sagasco yang merupakan SC dari SMAN 3 Semarang yang berhasil mengalahkan 34 SMA dan SMK di tingkat nasional, dan terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat Asia Pasifik yang akan digelar di Filipina pada Maret 2019 mendatang. Pada kesempatan ini mereka akan bersaing dengan SC dari 13 negara Asia Pasifik lainnya.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki (tengah),


Sagasco SC memulai ide bisnis yang digerakkan atas kepedulian terhadap dampak negatif dari enceng gondok di area Rawa Pening yang mulai membahayakan keberlangsungan lingkungan serta mengganggu industri perikanan dan pariwisata daerah. Berkolaborasi dengan masyarakat dan pengrajin setempat, Sagasco SC sukses memproduksi Echoes - produk alas kaki berbahan dasar enceng gondok yang dipadukan dengan motif batik khas Semarang. Menghasilkan produk berdaya guna yang ramah lingkungan dengan sematan nilai kebudayaan dan memiliki nilai jual yang baik.

“Kesempatan mewakili Indonesia di ajang kompetisi bisnis internasional menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tanggung jawab yang kami emban bersama. Tentunya pencapaian ini dapat kami raih berkat bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh Citibank Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia. Sagasco SC berharap, usaha yang kami rintis saat ini terus berkembang dan menebar manfaat serta mampu menginspirasi teman-teman wirausaha muda untuk berani memulai bisnis sekaligus mampu menyelesaikan permasalahan sosial”, ungkap M Zinedine Alam Ganjar, siswa SMAN 3 Semarang yang menjadi President Director Sagasco SC.

Sociopreneur Talks: Social Enterprise Empowers People

Sociopreneur Talks
Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya, Citi Peka (Peduli dan Berkarya), bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melanjutkan komitmennya dalam mendukung generasi muda untuk menjadi pengusaha cakap dan juga berjiwa sosial melalui diskusi bertajuk 'Sociopreneur Talks: Social Enterprise Empowers People' yang diselenggarakan di @America, pada hari Selasa 21 Agustus 2018. Para Sociopreneur muda sukses hadir sebagai narasumber, kegiatan ini menjadi sebuah sarana berbagi wawasan dan inspirasi tentang konsep dasar serta potensi masa depan kewirausahaan sosial kepada ratusan pelajar SMA/SMK di Jakarta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Sociopreneur Initiative’ yang digagas oleh PJI dan didukung oleh Citibank, yang telah memasuki implementasi tahun ke empat. Sejak 2014, program yang didanai Citi Founder ini telah berhasil memberikan dampak positif bagi 37.797 pelajar dari 112 SMA/SMK di 6 kota di Indonesia, yaitu:
  • Jakarta
  • Bandung
  • Surabaya
  • Semarang
  • Denpasar
  • Medan

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki (tengah), berbincang dengan perwakilan Sagasco SC, didampingi oleh Management Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner (kiri).

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki yang hadir saat acara berlangsung menyampaikan perhatian besar yang diberikan Citibank terhadap kesempatan ekonomi yang lebih luas bagi generasi muda atau ‘youth economic opportunities’, bukan hanya bagi diri mereka sendiri, tapi juga masyarakat sekitar. ”Indikator kesuksesan Sociopreneur bukan hanya diukur dari jumlah profit yang mampu dihasilkan tapi lebih jauh, seberapa besar dampak yang tercipta dari hasil usaha yang dibangun. Melalui program kewirausahaan muda ini, kami berupaya membentuk wirausaha sosial muda dengan karakter pebisnis andal yang mahir dalam hal pengelolaan keuangan, serta memiliki orientasi dalam membantu penyelesaian masalah sosial yang tengah terjadi di lingkungan mereka”, ujar Vera.

“Tentunya kami berharap pertumbuhan kewirausahaan sosial di tanah air, bukan hanya menjadi tren yang berlangsung sementara, tapi dapat terus berkembang dan menciptakan ekosistem bisnis yang mampu memberi dampak sosial nyata dan berkelanjutan. Kami percaya, kehadiran Sociopreneur muda mampu menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus menjadi solusi bagi persoalan sosial dan ekonomi bangsa”, tutup Vera.

Sedangkan  Robert Gardiner Management Advisor Prestasi Junior Indonesia yang juga hadir mengatakan, “Generasi muda yang tengah mendominasi penduduk Indonesia perlu diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas potensi diri, khususnya kewirausahaan, guna mendorong produktivitas mereka. Bersama Citibank kami akan terus memberikan pembinaan kewirausahaan sosial kepada pelajar SMA/SMK di sejumlah kota di Indonesia. Upaya berkelanjutan ini dilakukan untuk mendorong generasi muda menjadi Sociopreneur yang jeli melihat potensi lokal, tumbuh sukses secara individu, sekaligus memberikan dampak positif ekonomi kepada komunitas di sekitar mereka”.


Siti Astrid Kusumawardhani Vice President of Public Affairs GO-JEK Indonesia yang juga hadir sebagai narasumber, berbagi informasi kepada para pelajar yang hadir. Astrid mengatakan sejak mulai berdiri hingga sekarang GO-JEK sudah memiliki 18 layanan yang bekerjasama dengan banyak talent. Setelah bekerja keras selama 8 tahun, sekarang GO-JEK sudah menjangkau dari Sabang hingga Merauke. Sedangkan Endra Marsudi Co Founder & Chief Executive Officer Frame Striping berpesan pada para pelajar yang hadir, “Jika hendak berbisnis harus sesuai passion agar happy menjalaninya, dan jangan pernah menyerah di tengah jalan”.

Semoga semakin banyak acara seperti ini diadakan, dan makin banyak pihak yang mendukung para pelajar SMA/SMK dalam berwirausaha. Supaya tak ada lagi berita tawuran antar pelajar. Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Makanan Penurun Tekanan Darah

Sejak merasa tidak nyaman, jantung sering berdebar, mudah emosi dan gelisah. Saya memutuskan untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Dan benar saj...