Kamis, 16 Agustus 2018

Prestasi Junior Indonesia Gelar Adu Kompetisi Wirausaha Bagi Siswa


Siapa bilang Generasi Z tidak berprestasi? Masih banyak lho. Yang penting kita dukung mereka agar menjadi anak-anak yang berprestasi dan terarah. Karena berdasarkan fakta, sebuah studi yang dilakukan oleh Millenial Branding and Internship.com menyebutkan Generasi Z memiliki keinginan untuk membangun bisnisnya sendiri suatu hari nanti.

Berdasarkan fakta di atas untuk memenuhi tingginya minat kalangan muda untuk berwirausaha, Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2018 dan program perusahaan siswa hadir dengan memberikan bimbingan serta pembekalan yang dibutuhkan dalam memulai dan mengembangkan bisnis seperti:
  • Mulai dari menemukan peluang
  • Menyusun strategi bisnis
  • Mengelola sumber daya
  • Hingga mengembalikan keuntungan bagi investor

Program ISCC dan program perusahaan siswa juga mendorong para siswa untuk menciptakan usaha yang bukan memenuhi kebutuhan, tapi juga mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini.

Bapak Asep Sukmayadi

Pada tanggal 11 Agustus 2018 berlokasi di Lotte Shopping Avenue Jakarta, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama mitra sponsor program kembali menggelar ajang tahunan Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2018. Delapan sekolah setingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari berbagai wilayah berhasil maju ke babak final setelah mendapatkan pembinaan dan melakukan pengembangan bisnis selama periode 2017-2018. Mereka akan memperebutkan kesempatan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik di Manila, Filipina pada Maret 2019.

Acara dihadiri oleh siswa peserta juga narasumber di antaranya:
  • Siddharta Moersjid, Board Chair Prestasi Junior Indonesia
  • Asep Sukmayadi, Kepala Seksi Bakat dan Prestasi Peserta Didik SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
  • Andrew Shaw, Economic Counselor U.S. Embassy Jakarta
  • Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia
  • Gevi Achdiat, Director of Human Capital PT AIG Insurance Indonesia
  • Yuliana Datu Bua, Superintendent Community Health and Education PT Kaltim Prima Coal
  • Evvie Farida H., Kepala SMA Plus Pembangunan Jaya



Peserta Student Company

Indonesia Student Company Competition   
Bertujuan untuk mencari keseimbangan antara pencapaian bisnis dari tiap tim dan juga perkembangan kemampuan personal setiap peserta program. Para siswa akan menunjukkan pengalaman dan hasil pembelajaran yang didapat selama program ini. Oleh karena itu tim yang memenangkan kompetisi ini tidak hanya diukur dari segi profit atau menciptakan produk (barang atau jasa) yang menarik. Anggota Student Company juga harus membuktikan bahwa mereka memahami konsep-konsep pembelajaran yang didapat selama program.

Berikut daftar sekolah beserta produk bisnis yang dihasilkan para siswa



Masing-masing sekolah di atas mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai sponsor program, antara lain Citi Indonesia (Citibank), PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), PT Kaltim Prima Coal, dan Yayasan Pendidikan Jaya.

“Siswa Indonesia pemenang ISCC 2017 telah sukses membuktikan kemampuan wirausaha mereka dengan menjuarai kompetisi bisnis tingkat Asia Pasifik di Beijing, Tiongkok, pada Maret 2018 lalu. Pada penyelenggaraan ISCC tahun ini, kami meningkatkan standar kompetensi - mulai dari model hingga potensi pengembangan bisnis ke depan, agar mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya. Tentunya upaya dan pencapaian ini dapat terwujud berkat dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan sejumlah korporasi tanah air, yang mewujudkan komitmennya dalam membangun generasi muda Indonesia yang berdaya usaha tinggi, melalui dukungan terhadap program ini,” ungkap Board Chair Siddharta Moersjid selaku penyelenggara kegiatan ISCC.




Produk bisnis para siswa SC

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan, “Generasi muda memiliki peran krusial dalam mendorong peningkatan ekonomi bangsa. Dengan memupuk semangat dan kemampuan kewirausahaan, kami percaya semakin banyak kalangan muda yang memiliki kesempatan ekonomi yang lebih baik, atau yang kami sebut dengan youth economic opportunities. Hal ini merupakan wujud keseriusan Citi Indonesia dalam peningkatan kapabilitas wirausaha muda Indonesia, serta mendukung implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat”.


Ibu Ellvera N. Makki

Yuliana Datu Bua (paling kanan)

Yuliana Datu Bua selaku Superintendent Community Health and Education PT Kaltim Prima Coal juga memberikan dukungan senada, “Sejalan dengan komitmen perusahaan dalam menjaga keberlangsungan lingkungan di masa datang, kami bangga melihat generasi muda saat ini juga menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Terbukti, mayoritas finalis mengolah limbah menjadi obyek bisnis bernilai jual tinggi”.


Hadir juga Direktur AIG Indonesia Gevi Achdiat yang mengatakan, “Kemitraan ini terjalin untuk mengembangkan potensi kewirausahaan generasi muda serta keterampilan bisnis yang secara jangka panjang akan memberikan dampak positif saat mereka memasuki dunia kerja di masa yang akan datang. Ragam kreativitas dan inovasi yang dihadirkan para siswa melalui bisnis yang mereka rintis, menginspirasi kami untuk terus berinovasi serta menghadirkan solusi untuk kebaikan bersama. Karyawan kami juga sangat berpartisipasi aktif, terbukti lebih dari total 150 jam kerja telah dicurahkan oleh karyawan kami dalam pelaksanaan program Student Company ini. Kami berharap semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk berwirausaha dan mengambil peran dalam pembangunan ekonomi bangsa”.

Senang sekali saya bisa hadir dan menyaksikan langsung para siswa berprestasi yang penuh semangat. Semoga semakin banyak dukungan dari berbagai pihak untuk ajang seperti ini, sehingga para siswa semakin termotivasi untuk terus maju.

14 komentar:

  1. Iya generasi Z bahkan kadang lebih kreatif dan pinter dari kita ya mba.acaranya keren nih. Moga bisa rutin diadakan ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mereka masih menggelora mba, itu terasa banget.

      Hapus
  2. Itulah yang dinamakan kreativitas tanpa batas untuk anak anak generasi penerus bangsa kalau bukan kita siapa lagi yang akan mendukung semua apa yang dikerjakan oleh anak anak muda saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereen dah pokoknya kreativitas generasi millenial

      Hapus
  3. Hidup generasi z, inovatif, keratif cerdas dan berahlak insyaAllah :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Makin banyak usahawan muda makin bagus. Berarti indonesia makin berjaya. Menciptakan lapangan pekerjaan baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga pada pihak yang mendukung pastinya

      Hapus
  6. Keren ya mba Ria, semoga kelak anak saya Azzam masih bisa dapat kesempatan emas seperti ini. Dapat beasiswa dan berkesempatan menjadi sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mba, doa yang sama untuk anak - anakku

      Hapus
  7. Programnya keren banget, menciptakan kesempatan bagi anak anak yang berprestasi dan pada akhirnya bisa menghasilkan suatu karya anak bangsa yang pastinya membanggakan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata masih banyak anak-anak yang punya kreativitas dan berjiwa entrepreneur kan mba, kereen pokoknya.

      Hapus
  8. Program nya keren memberikan anak2'generasi Z menggali kemampuan utk berprestasi

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Universal Studio Singapore

Sumber foto traveloka.com Universal Studio Singapore merupakan salah satu wahana terkenal di Singapore yang berada di 8 Sentosa Gat...