Selasa, 28 Agustus 2018

Sama-Sama Bersaing Di Pasar Flagship, Oppo Find X Dan Vivo Apex, Mana Yang Lebih Unggul?

Waw.., tahun 2018 ini sepertinya menjadi tahunnya smartphone flagship yah, pasalnya banyak brand smartphone meluncurkan seri terbarunya yang berada di kelas high end.

Kalau dilihat, rata-rata menawarkan spesifikasi serta desain yang hampir serupa, tapi apa benar semuanya memiliki kualitas yang ngga jauh berbeda?

Well guys, yuk coba kita intip perbandingan kedua pabrikan smartphone yang sama-sama berasal dari Tiongkok, dan sama-sama mengklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Oke, langsung aja yah!

OPPO Mobile baru-baru ini hadir dan ikut meramaikan pasar smartphone flagship di Indonesia. Hadir dengan nama OPPO Find X, perangkat lagi jadi trending topic nih. OPPO Find X memiliki terobosan di bidang teknologi serta desain. Yes, pertama kita bahas soal desainya yang unik yah.

OPPO Find X menjadi smartphone pertama yang memiliki desain panoramik, layarnya berukuran 6,42 inchi dan sudah full HD dengan teknologi AMOLED. Lalu layar OPPO Find X juga sudah bebas notch, dengan rasio layarnya 93,8 persen. Artinya OPPO Find X ini sudah sangat nyaman untuk mata kita guys.

Nah, sekarang kita bandingkan dengan Vivo Apex yah. Vivo memang sejak dulu sudah jadi pesaing buat OPPO. Dan di seri kali ini, Vivo benar-benar ingin menyaingi OPPO Find X. Vivo Apex memiliki desain yang mengekor OPPO Find X, namun layarnya sedikit lebih kecil; yaitu 5,99 inchi dengan teknologi OLED dan berbezel sangat tipis. Vivo Apex mengklaim memiliki rasio layar 95 persen juga sudah tidak memiliki notch.

(cnet)
Oke, kita lanjut ke performanya yah guys. OPPO Find X dan Vivo Apex memiliki banyak kesamaan pada spesifikasi perangkat keras yang dimiliki. Keduanya sama–sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan prosesor grafis Adreno 630. Perbedaan terletak pada besar RAM yang digunakan. OPPO Find X memiliki RAM berkapasitas 8GB dan Vivo Apex memiliki RAM berukuran 4GB. Kapasitas internal memori yang dimiliki keduanya juga berbeda. Vivo Apex memiliki internal memori berukuran 64GB. Sedangkan OPPO Find X tidak memiliki slot memori eksternal; tapi sudah memiliki memori internal berkapasitas 256GB.

Untuk sistem operasi yang digunakan oleh kedua smartphone tidak memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama menggunakan sistem operasi Android v8.1 Oreo. Perbedaan antara keduanya ada pada penggunaan Custom Ui untuk mengoptimalkan kinerja interface. Vivo Apex tidak dilengkapi dengan Custom Ui; sedangkan OPPO Find X sudah menggunakan ColorOS 5.1.

Oh yah, kedua smartphone ini juga sama-sama bersaing di sisi teknologi kamera. Keduanya sama-sama menggunakan modul kamera geser yang memang lagi happening. Tapi sayangnya Vivo Apex hanya menggunakan teknologi ini untuk kamera selfienya saja, kamera belakangnya terletak pada sisi pinggir belakang perangkat.

(phonearena)
Sedangkan OPPO Find X menggunakan Teknologi yang dinamakan Stealth 3D Cameras ini untuk kamera depan serta belakangnya, namun dirancang tanpa celah sedikitpun ketika motor bergeser.

(vrzone)
Dalam kecepatan kemunculan kamerapun berbeda, kamera OPPO Find X mampu muncul dalam waktu 0,6 detik saja, sedangkan Vivo Apex butuh waktu 0,8 detik.

Lalu, OPPO Find X memiliki kamera utama 16MP+20MP dan dilengkapi fitur 10X digital zoom, lampu kilat LED, AI untuk deteksi wajah dan fitur sentuhan untuk menentukan fokus. Untuk kamera selfienya, OPPO Find X ngga tanggung-tanggung, lensa berkekuatan 25MP disematkan di perangkat ini. Sedangkan Vivo Apex memiliki kamera utama 12MP+12MP. Nah untuk kamera selfienya, Vivo Apex hanya dibekali lensa berkekuatan 8MP.

Finally soal harga nih guys, OPPO Find X dengan kecanggihannya dibanderol dengan harga Rp.13 jutaan, sedangkan Vivo Apex dibanderol dengan harga Rp.8 hingga 9 jutaan.

Well guys, dari perbandingan head to head antara OPPO Find X dengan Vivo Apex, bisa kita simpulkan kalau OPPO Find X memiliki keunggulan di sisi layar yang lebih luas serta lebih nyaman di mata karena telah menggunakan teknologi AMOLED. Lalu OPPO Find X mampu menyimpan foto, video serta dokumen lain lebih banyak karena memory internalnya yang jauh lebih lega dibandingkan Vivo Apex. Dan terakhir, dengan resolusi yang jauh lebih tinggi serta teknologi AI terbaru, fitur kamera OPPO Find X lebih unggul. So guys, setujukan kalau OPPO Find X lebih baik daripada Vivo Apex?

1 komentar:

  1. Usually, I've never commented on blogs but your article is so convincing that I've never stopped myself to say something about it. You're doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.