Kamis, 14 Desember 2017

Nutrisi Pas Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


Saya Bunda PAS

Halo apa kabar ibu-ibu? Pasti semua pernah melahirkan. Bagi yang belum dan ingin punya momongan, semoga segera dikabulkan ya, aamiin. Apa yang ada di pikiran saya selama ini tentang melahirkan? Melahirkan itu sakit luar biasa, depan belakang sakit semua 😀🤗. Ternyata itu sudah tertanam sejak dulu, dan akhirnya begitu saya melahirkan rasa sakit itu benar-benar terasa dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Saya merasakan rasa sakit yang tak tertahankan. Ini cerita saya melahirkan melalui proses normal 10 tahun lalu. Setelah itu saya tidak berniat menambah momongan lagi.

Peduli Asupan Sehat

Tapi setelah anak saya berusia 10 tahun dan dia sudah mulai sibuk sekolah, saya merasa kesepian. Akhirnya kami memutuskan untuk menambah momongan lagi. Program sudah saya lakukan sejak awal bulan Januari 2017, tapi saya baru terlambat haid bulan Mei 2017. Alhamdulillah sekarang kehamilan saya sudah memasuki usia 30 Minggu. Kehamilan kali ini seperti ibu hamil pada umumnya mual dan muntah di trimester pertama. Sekarang sudah tidak ada lagi keluhan hanya saja mulai begah dan mudah lelah.


Kampanye Bunda PAS
Senang sekali pada tanggal 9 November 2017 lalu saya hadir di acara Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Blackmores Nutrition. Acara Kampanye Bunda PAS merupakan lanjutan dari program acara PT Kalbe Blackmores Nutrition yang sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2017. Kampanye ini membahas pentingnya multi mikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui dalam rangka mendukung program pemerintah. Acara seminar Bunda PAS diikuti oleh berbagai kalangan. Ada banyak sekali ibu hamil dan menyusui saat acara berlangsung di Ballroom Hotel Pullman Jakarta. Target dari acara ini untuk mengedukasi ribuan bunda hamil dan menyusui mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis Bunda selama 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Ibu Lanny Kuswandi

Hypnobirthing
Salah satu rangkaian acara edukasi yang diadakan saat kegiatan Bunda PAS adalah penjelasan dari ibu Lanny Kuswandi tentang apa itu Hypnobirthing. Hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan.
Hypno-birthing berasal dari kata:
  • Hypnosis adalah pemberdayaan energi jiwa bawah sadar dengan mengistirahatkan energi jiwa bawah sadar dengan tujuan memprogram ulang rekaman-rekaman negatif yang sudah terekam di jiwa bawah sadar.
  • Birthing adalah proses persalinan.

Relaksasi dan Hypnobirthing merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan bayi selama dalam kandungan, dan saat ini bisa dibuktikan dengan USG 4 Dimensi. Bayi di dalam kandungan sudah memiliki unsur jiwa yang sederhana yaitu perasaan. Ibu Lanny menyarankan para ibu hamil untuk menyentuh dede bayi yang ada di perut, dan diajak berbicara. Bukan hanya ibu, para ayah pun dianjurkan untuk sering-sering mengajak dede bayi berbicara, agar ayah juga bisa turut merasakan gerakan dede bayi.

Manfaat Hypnobirthing bagi ibu:
  • Dapat mempersingkat fase awal proses persalinan.
  • Dapat meminimalkan keinginan untuk menghilangkan penggunaan obat-obatan penghilang rasa sakit.
  • Membantu untuk mengatasi pasien dengan hipertensi.
  • Mengurangi risiko terjadi komplikasi dalam persalinan.
  • Mengurangi risiko tindakan operasi.
  • Menghilangkan keletihan yang berlebihan pasca persalinan.
  • Mempercepat masa pemulihan pasca persalinan.
  • Membantu memperbaiki letak janin dengan tehnik komunikasi.

Manfaat Hypnobirthing bagi janin:
  • Membantu suplai O2 kepada bayi selama proses persalinan.
  • Meningkatkan ikatan batin ibu, ayah dan bayi sejak dalam kandungan.
  • Pada saat bayi lahir biasanya bayi lebih tenang.
  • Mencegah persalinan prematur.
  • Meminimalkan trauma persalinan secara psikologis baik untuk ibu dan bayi.

Ibu Lanny juga mengajak semua yang hadir mempraktekkan cara Hypnobirthing, senang sekali rasa takut saya menghadapi hari persalinan mulai berkurang. Siapa tahu bisa seperti ibu-ibu jaman now mau melahirkan masih sempat bikin instastory di Instagram atau minimal update status dengan foto sambil tersenyum.




Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Kurangnya pemahaman akan asupan nutrisi yang penting selama masa kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.
Berikut gangguan yang biasa terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi saat hamil seperti:
  • Defisiensi zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan pre-eklamsia dan kelahiran prematur.
  • Defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia.
  • Defisiensi Vitamin K dapat menyebabkan pendarahan yang  berlebihan saat melahirkan.
  • Asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran.
  • Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja

Demikian penjelasan dr. Bram Pradipta, Sp.OG, Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan serta Pengasuh Redaksi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Klikdokter.com.


@BlackmoresID


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold adalah produk unggulan untuk mengatasi masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, serta sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi esensial bagi tumbuh kembang Si Kecil selama 1000 Hari Pertama Kehidupannya.
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati dengan kandungan:

  • Tinggi DHA.
  • Tinggi kalsium.
  • Zat Besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi.
  • Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan selama kehamilan dan menyusui.

Instagram @BlackmorestID

Booth Pemeriksaan Kehamilan

Selama ini selain makan makanan bergizi, perbanyak makan buah, saya juga mengkonsumsi Kalsium, Vitamin C dan Vitamin B12. Tapi setelah mengenal Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold saya sudah merasa cukup, karena kandungan dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sudah lengkap untuk mencukupi nutrisi saya selama hamil. Insya Allah akan saya lanjutkan hingga menyusui nanti, karena Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki odourless fish oil yang tidak berbau, serta dosis tertinggi untuk kandungan kalsium, vitamin dan mineral lainnya yang saya butuhkan selama masa kehamilan dan saat menyusui nanti. Setelah rutin mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold saya merasakan gerakan bayi dikandungan saya makin aktif. Dan sayapun merasa lebih sehat.


Sumber: @BlackmoresID

Berikut 4 keunggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold:
  • Kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat.
  • Kandungan odourless fish oil dari sumber alami omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau.
  • Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA / EPA.
  • Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.
(Berdasarkan penjelasan Dian selaku Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition).

Blackmores Odourless Fish Oil 1000
Untuk keluarga, saya percayakan Blackmores Odourless Fish Oil 1000  yang mengandung sumber alami omega 3 dan membantu memelihara kesehatan keluarga. Dengan dosis untuk dewasa 2 kapsul setiap hari setelah makan. Sedangkan untuk anak-anak usia 2-12 tahun dianjurkan 1 kapsul setiap hari. Cara penyimpanan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, simpan di tempat kering di bawah suhu 30°C. Anak saya yang berusia 10 tahun sangat suka mengkonsumsi Blackmores Odourless Fish Oil 1000 ini karena rasanya tidak amis. Produk ini bisa dibeli secara online maupun di toko obat terpercaya. 


Tentang Kalbe Blackmores Nutrition
Berdasarkan data nasional dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu menunjukkan prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2 %. KEK adalah status gizi kurang yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur yaitu 15-45 tahun. Salah satu indikator status gizi adalah berat badan. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup sehat dengan gizi seimbang dibutuhkan sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin optimal. (Penjelasan dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara).


Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia yang sekaligus menandai diluncurkannya Blackmores di Indonesia. KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan berkualitas tinggi, dan menyediakan suplemen kesehatan yang aman dan efektif. Dengan pengetahuan lokal dan ditunjang oleh distribusi yang kuat, KBN melengkapi rangkaian Blackmores dengan layanan konsumen yang terpadu seperti customer care, home delivery dan memastikan agar semua customer Blackmores bisa menjadi bagian dari Kalbe Family melalui Kalbe Blackmores Nutrition.

Untuk informasi lebih lengkap jangan lupa kunjungi:
website www.blackmorest.co.id
Instagram @BlackmorestID
Facebook Blackmores Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...