Senin, 11 Desember 2017

Nyamuk Bandel Di Rumahku Sekarang Bisa Diatasi

Community Gathering HIT Expert

Assalammualaikum apa kabar semua, semoga dalam keadaan sehat dan makin banyak rezekinya. Kali ini saya mau menuliskan pengalaman menghadapi NYAMUK di rumah. Sebelumnya saya mau cerita dulu, rumah saya di perkampungan biasa di dalam gang yang hanya bisa dilalui oleh motor. Alhamdulillah ya, harus disyukuri tinggal di mana pun yang penting bahagia hehehe. Nah di belakang rumah saya masih ada tanah kosong alias kebun, lengkap dengan kali kecil. Yang terkadang bikin kebiasaan saya kambuh (ngomel), kesadaran warga akan kebersihan masih kurang, sering buang sampah di kali, seperti pampers dan lainnya. Jadi jika tidak hujan seminggu saja, sampah itu sangat merusak pemandangan dan menambah banyak nyamuk.

Tempat nyamuk bersarang

Kalau musim hujan, nyamuk sedikit berkurang walau tetap ada 1-2 nyamuk. Jika musim panas nyamuk luar biasa banyaknya, dan bandel tak ada tandingan. Sering saya tidak tidur karena harus memukuli nyamuk atau terganggu dengan suara “ngiiing” nyamuk di dekat telinga. Pernah saya gunakan obat nyamuk bakar, tapi malah mengakibatkan ruangan atau tembok  menjadi berwarna gelap, dan saya terganggu dengan asapnya. Akhirnya saya gunakan raket untuk memukuli nyamuk, tetapi waktu tidur jadi terganggu dan berkurang.

Fakta Tentang Nyamuk
Berdasarkan fakta, nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia, data World Health Organization (WHO) tahun 2016. Sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya, sedangkan dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR), penyakit  Demam Berdarah Dengue (DBD) berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia. Tercatat pada tahun 2016 sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal karena penyakit tersebut.

Sweet Flower & Fresh Citrus

Ancaman Nyamuk Bandel
Fakta kedua, iklim tropis Indonesia merupakan iklim hangat dan lembab yang paling digemari oleh nyamuk. Perubahan iklim yang semakin panas atau yang lebih kita kenal pemanasan global berdampak pada siklus kehidupan nyamuk dan juga wabah yang ditimbulkannya. Nyamuk secara cerdas berevolusi nyamuk semakin sering kawin, ukurannya menjadi semakin kecil yang akhirnya mengakibatkan nyamuk harus menyedot lebih banyak darah untuk mengejar ke ukuran sesungguhnya agar memenuhi syarat untuk berkembang biak. Hal ini yang mengakibatkan nyamuk zaman now makin bandel dan agresif untuk menggigit manusia.

Pantas saja nyamuk di rumah saya sangat menjengkelkan. Dan saya punya pengalaman buruk dengan nyamuk, sehingga saya paling takut dengan gigitan nyamuk. Takutnya salah satu dari nyamuk yang ada di rumah saya adalah nyamuk penyebab DBD. Waktu anak saya berusia 16 bulan, dia pernah terkena DBD dan dirawat selama 7 hari di rumah sakit, dan bekas jarum infus menyebabkan lengan tangannya membiru. Kalau ingat kejadian itu saya sangat trauma dan menyatakan perang dengan nyamuk. Sekarang pun jika ada tetangga satu RT yang terkena DBD saya mulai cemas dan selalu waspada. Saya harus selalu waspada terhadap ancaman nyamuk selama 24 jam, karena nyamuk yang berbahaya adalah yang datang di pagi hari dan sore hari.


Cara Mengatasi Nyamuk Bandel
Setelah mencoba obat nyamuk bakar dan tidak efektif malah menimbulkan masalah baru. Akhirnya sudah sejak beberapa tahun terakhir saya menggunakan HIT di rumah. Makin senang lagi saat saya mengetahui HIT mengeluarkan produk baru HIT Expert. Informasi lengkap tentang keunggulan HIT Expert saya dapatkan saat menghadiri Community Gathering HIT Expert, yang berlangsung di EV Lab pada tanggal 7 Desember 2017 lalu. Hadir saat acara dr. Lula Kamal yang mengajak para peserta bermain game tentang fakta yang berhubungan dengan nyamuk. Acara berlangsung seru dan sangat menambah pengetahuan di antaranya:
  • Waktu yang tepat untuk menyemprotkan HIT Expert adalah pagi dan sore hari saat ruangan kosong.
  • Kita bisa masuk lagi ke ruang yang sudah disemprot minimal 15 menit atau bisa 1 jam setelah disemprot tergantung kondisi masing-masing.
  • Ternyata nyamuk suka warna merah.
  • Baju kotor (sekali pakai) sebaiknya dicuci jangan digantung karena bisa menjadi tempat bersembunyi nyamuk.

HIT sebagai revolusi terbaru dan komitmen dari Godrej Indonesia untuk selalu memberikan produk berkualitas. Dengan teknologi dan formula baru, untuk perlindungan seluruh keluarga di Indonesia. Saya sendiri sudah membuktikan HIT Expert sebagai produk obat nyamuk yang efektif dan terpercaya untuk keluarga Indonesia sebagai solusi yang efektif membasmi nyamuk bandel seperti yang ada di rumahku.

Berikut 4 kelebihan HIT Expert:
  1. Micro-particle yaitu formula baru dengan partikel yang lebih kecil, sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.
  2. Double Nozzle menghasilkan semprotan menjadi lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga kita cukup menyemprot secukupnya dan tidak boros.
  3. Ergonomis, kemasan baru yang premium dengan desain cap (tutup) yang menghasilkan semprotan yang lebih halus.
  4. Wangi Premium tersedia 2 pilihan wangi baru Sweet Flower dan Fresh Citrus yang saya suka. Tapi walaupun wangi ini bukan pengharum ruangan ya 😀.

dr. Lula menjelaskan cara mengatasi nyamuk

Saat acara berlangsung juga diadakan sesi tanya jawab, dan banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan peserta di antaranya bagaimana dengan bahan kimia dari obat nyamuk semprot yang menempel di kasur, bantal dan baju? Jawaban dari dr Lula: Hit dengan formula baru begitu disemprotkan, akan bekerja di udara dan selesai. Jadi tidak ada yang menempel hingga berhari-hari di bantal. Jadi ga perlu cemas ya 😀.

Untuk mengatasi nyamuk yang suka ikut travelling di mobil, dr. Lula mengatasinya dengan cara membersihkan mobil saat tidak digunakan. Misalnya hari minggu bersihkan mobil, lalu semprot dengan HIT Expert dan tutup mobil. Untuk tiga orang dengan pertanyaan terbaik mendapat hadiah lho. Ah senangnya datang ke acara yang menambah wawasan dan dapat bonus hadiah juga 😀. Ini mah emang yang paling disenangi para ibu -ibu seperti saya.

Asiik bisa foto bareng dr. Lula

Kalau ibu-ibu di rumah bagaimana cara melindungi keluarga dari gigitan nyamuk bandel? Ada yang mengatakan jika menggunakan AC di rumah akan mengurangi jumlah nyamuk karena nyamuk tidak suka cuaca dingin. Walaupun begitu tetap harus waspada ya, karena nyamuk bisa menggigit kapan saja. Berikut tempat-tempat yang biasa menjadi sarang/ tempat nyamuk bersembunyi di dalam rumah seperti di bawah sofa, di bingkai foto, lipatan tirai, pinggir kusen jendela, hiasan meja, vas bunga, aquarium, tudung lampu, gantungan baju, tumpukan bantal, pinggiran tempat tidur. Sedangkan di luar ruangan nyamuk biasanya bersembunyi di tempat makan binatang peliharaan, pot tanaman, talang air tersumbat, air mancur dan tempat burung berendam, ember dan gentong air, selang bocor, ayunan ban mobil, gerobak, dan mainan anak-anak.

Pemenang pertanyaan terbaik

Selain itu kita juga harus tetap lakukan hal sederhana dengan membersihkan lingkungan di sekitar kita, agar nyamuk tidak bisa berkembang biak dengan cepat. Hal sederhana seperti menutup dan sering menguras bak air, mengubur barang bekas, harus tetap kita lakukan. Kita perlu dan harus lebih peduli tentang kebersihan lingkungan di sekitar kita. Dan jangan lupa berdoa agar kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari gigitan nyamuk bandel. 

Untuk berbagai informasi menarik jangan lupa follow: 
Instagram @ibuinspirasihit
Facebook Hit Terinspirasi Ibu
Twitter @IbuInspirasiHIT
#NyamukBandelPakaiYangExpert
#HITExpert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Kompetisi PRAJA 2019

Halo semua, siapa yang sejak Sekolah Dasar (SD) sudah kenal Koperasi? Dari kecil saya sudah tidak asing lagi dengan Koperasi, yang pali...