Rabu, 06 Desember 2017

Susu Yang Baik Untuk Pencernaan Anak Dengan Nutrisi Dalam Keadaan Alami

Assalammualaikum ibu-ibu apa kabar? Masak apa hari ini untuk si kecil? Tanggal 2 Desember 2017 lalu saya hadir di acara Blogger Gathering Friso yang  membahas “Gizi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam”. Acara berlangsung di restoran Kembang Kencur kawasan Jakarta Selatan. Senang sekali saya menjadi salah satu blogger yang bisa hadir di acara tersebut karena banyak sekali pengetahuan yang saya dapat, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.




Pentingnya Nutrisi dalam keadaan alami bagi tumbuh kembang anak

Di masa pertumbuhan anak-anak kita membutuhkan beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tapi sangat penting dalam metabolisme tubuh, seperti vitamin dan mineral dari berbagai jenis bahan pangan. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan. Dan yang terpenting nutrisi dalam keadaan alami juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena nutrisi tersebut dapat terserap dengan sempurna. Karena mudah dicerna maka proses penyerapannya juga berjalan dengan lebih baik, seluruhnya dapat diserap. Untuk itu disarankan oleh dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK “Para orangtua sebaiknya mulai mencermati hidangan makanan dan minuman untuk anak-anak dan pilihlah yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami. Karena protein dalam keadaan alami lebih mudah dicerna oleh tubuh, sama pentingnya saat memilih susu pertumbuhan anak dengan protein dalam keadaan alami”.

dr Diana F. Suganda

Anak-anak yang kuat dari dalam yaitu mereka yang jarang sakit, akan mampu tumbuh  dan berkembang  secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Peran masa pertumbuhan anak dan status gizi anak dalam masa pertumbuhan berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial, dan juga mental. Jika asupan nutrisi baik maka:
  • Pertumbuhan baik
  • Perkembangan baik
  • Konsentrasi lebih baik
  • Prestasi belajar lebih baik
  • Emosi stabil

Sedangkan jika asupan nutrisi buruk akan berdampak:
  • Postur pendek
  • Pubertas terlambat
  • Konsentrasi kurang
  • Prestasi belajar kurang baik
  • Emosi kurang stabil

Protein hewani dan nabati juga lemak sangat berguna untuk pertumbuhan, karena dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan mengatur proses metabolisme tubuh.




Menjadikan Anak kuat dari dalam

Makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami adalah makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya utuh terjaga. Hal ini dapat dilihat dari proses pengolahannya. Contohnya sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya akan banyak yang hilang. Tapi untuk daging memang harus dimasak lebih lama dan benar-benar matang, agar bakteri -bakteri yang ada di dalamnya mati. Nah bagi anak usia dini yang masih membutuhkan susu sebagai asupan nutrisi, sebaiknya pilihlah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak. Untuk memilih makanan atau minuman cepat saji, sebaiknya perhatikan informasi nilai gizi produk tersebut. Apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak atau tidak.

Tips menjaga kandungan nutrisi alami dalam bahan makanan:
  • Protein : mengurangi digoreng deep fried, lebih baik kukus, rebus, panggang, pepes, tumis.
  • Sayuran : rebus jangan terlalu lama karena akan mengakibatkan vitamin berkurang, kukus, tumis sedikit minyak.
  • Susu : pilih susu dengan bentuk dalam protein alami.


Hadir juga dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes yang menjelaskan, “Sistem pencernaan manusia adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal itu dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Bila kita mengkonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi alami, sistem pencernaan kita akan menyerap lebih mudah dan risiko terjadinya masalah pencernaan menjadi lebih kecil”.


Masalah-masalah pencernaan pada anak ternyata dapat menganggu tumbuh kembang anak dan menghambat anak mencapai kemampuan optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Berbagai penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare adalah contoh gangguan kerja sistem pencernaan yang perlu ditindaklanjuti. Jangan sepelekan pentingnya kesehatan sistem pencernaan, jadi ingat keponakan saya yang salah memilih produk susu, setiap mau BAB sangat tersiksa. Dia mengalami sembelit yang sangat parah.

Tips agar pencernaan anak sehat:
  • Berikan nutrisi sehat lengkap seimbang dan berkualitas bagi anak.
  • Terapkan gaya hidup sehat dan bersih dalam keseharian.
  • Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi.



Friso diproduksi dengan teknologi Locknutri

Seperti kita ketahui manfaat susu bagi anak sebagai pelengkap nutrisi harian karena:
  • Kandungan gizi relatif lengkap, sumber protein dan kalsium.
  • Mudah dicerna.
  • Rasa enak dan lezat.

Susu memiliki beberapa manfaat karena di masa pertumbuhan sangat penting. Pastikan susu yang dipilih merupakan susu yang diolah dengan baik karena semakin banyak / sering diproses, maka jumlah agregat akan semakin banyak. Semakin banyak agregat, maka semakin sulit dicerna sehingga meningkatkan risiko masalah pencernaan.



FrieslandCampina perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan produk susu premium Friso yang memiliki berbagai keunggulan. Seperti dijelaskan oleh Medical Marketing Manager Friso dr. Rulli P. A. Situmorang:
  • Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature Science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina.
  • Dalam konsep tersebut kami menerapkan metode One Single Process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga.
  • Friso diproduksi dengan menggunakan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak, mengingat protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.
  • Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral, menjadikan susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.
  • Friso telah direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi untuk anak dengan masalah pencernaan.


Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi ini, maka Friso dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan aktivitas seru yang menambah pengalaman mereka.

Kesimpulan yang bisa diambil dari Blogger Gathering bersama Friso:
  1. Penting untuk memantau tumbuh kembang anak sehingga anak Indonesia menjadi sehat dan sejahtera.
  2. Pastikan memberi makanan yang sehat, lengkap dan seimbang, dan berkualitas untuk membuat anak kuat dari dalam.



Acara Blogger Gathering bersama komunitas Blogger Perempuan dan Friso sangat menyenangkan karena bertabur hadiah, ditambah MCnya yang kocak sangat menghibur sekali. Untuk terus memantau tumbuh kembang anak kita bisa akses melalui aplikasi Prima yaitu program Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk membangun Anak Indonesia. Aplikasi digital resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak usia 0-18 tahun demi terwujudnya Generasi Prima.

Jangan lupa juga klik Friso
  • Instagram @frisopopupplay
  • Facebook Friso Indonesia
  • Twitter @Friso_ID
Untuk informasi penting dan menarik tentang tumbuh kembang anak.

Sumber foto : Blogger Perempuan dan presentasi para narasumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Komposisi Ideal Kabinet Kerja Jilid II Jokowi

Beberapa hari ini saya penasaran alias kepo, siapa saja nama-nama jajaran Menteri Kabinet 2 Jokowi. Karena sebagai masyarakat awam saya ...