Laman

Senin, 04 Desember 2017

Aplikasi Untuk Para Pencari Kerja


Halo selamat pagi, hari Senin biasanya kemacetan semakin bertambah parah. Anak sekolah dan para pekerja berlomba-lomba untuk tiba tepat waktu, baik di sekolah ataupun di kantor. Ngomongin pekerjaan jadi ingat waktu saya baru lulus SMK. Sebelum melanjutkan kuliah saya ingin bekerja dulu, terbayang susahnya mencari pekerjaan waktu itu karena biasanya perusahaan mencari lulusan D3 atau S1. Pernah saya baca ada lowongan kerja di koran, ternyata setelah saya datangi lowongan tersebut abal-abal dan kita disuruh bayar sejumlah uang dengan nominal tertentu untuk jaminan bahwa kita diterima bekerja. Namanya masih belum punya pengalaman ya mau saja bayar walaupun jumlahnya ga banyak, dan saya lihat ada banyak sekali calon pekerja yang tertipu seperti saya.

Lain lagi cerita teman saya yang waktu itu melanjutkan kuliah, uang kiriman tak pernah cukup. Terkadang uang kiriman belum datang, persediaan uang sudah habis. Karena itulah terkadang dia berusaha mencari pekerjaaan serabutan agar bisa memenuhi kebutuhannya, asal pekerjaan tersebut tidak mengganggu kuliahnya. Memang harusnya seperti itu ya jadi mahasiswa harus kreatif jangan tahunya meminta orang tua saja.


Sekarang ada Aplikasi GAWE yang menjadi solusi. Aplikasi GAWE didirikan oleh 3 orang yang mempunyai masalah klasik. Mereka melakukan inovasi  secara teknologi untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi GAWE mempertemukan antara pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan tenaga kerja harian dengan orang yang membutuhkan pekerjaan sementara. Aplikasi GAWE yang launching pada tanggal 17 November 2017 diharapkan bisa segera menjangkau seluruh wilayah Jabodetabek. Menurut Budiarto Harsono sebagai Co-Founder Gawe, “Kita harus membangun di mana ada employee di situ harus ada employer, kedua hal ini harus tumbuh berkembang seiring sejalan”.


Cara menggunakan Aplikasi GAWE
  • Download Aplikasi GAWE di Google Play Store.
  • Masukan nomer ponsel untuk memverifikasi akun.
  • Masukan kode (yang sudah dikirim ke nomer ponsel).
  • Isi profile mulai dari foto, nama sesuai KTP, email, alamat dan jenis kelamin.
  • Pilih apa yang kita butuhkan cari pegawai atau cari kerja.


Walaupun saat ini banyak aplikasi tentang pekerjaaan, tetapi belum ada aplikasi mengenai kebutuhan pegawai sementara. Yang banyak justru aplikasi yang dibatasi dengan pekerjaan tertentu dan tidak real time. Sementara dengan berkembangnya usaha online saat ini sangat dibutuhkan ketersediaan pegawai temporer yang bisa dikontrak dengan cepat. Misalnya saat perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk order yang lagi banyak, pengawai temporer bisa langsung datang dan bekerja.

Seperti dikatakan juga oleh Kurniawan Aryanto yang juga salah satu Co-Founder GAWE, “Aplikasi ini membantu orang banyak untuk mendapatkan penghasilan, sehingga bisa menghidupi banyak kalangan. Karena bisa dilakukan semua orang tanpa keahlian khusus, tanpa modal dan cepat mendapatkan pekerjaan. Dan jika dilihat dari sisi pengusaha kecil menengah, ketersediaan pekerja temporer atau harian dapat meringankan beban biaya perusahaan dari sistem sumber daya manusia. Karena tidak semua pekerjaan membutuhkan tenaga permanen. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Karena belum mendapatkan pekerjaan permanen, pekerjaan sementara bisa untuk menopang kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Elroy Hafidi Hardoyo sebagai CEO Gawe menceritakan awal mula idenya membuat Aplikasi Gawe "Ada temannya yang mempunyai usaha bisnis franchise makanan dan mempunyai kendala saat stafnya tiba-tiba absen, dia memerlukan karyawan pengganti seketika tapi kesulitan mencari orang. Sementara mahasiswa pelanggan rumah makan tersebut banyak mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan pekerjaan partime".

Aplikasi Gawe dapat didownload di Play Store dan App Store. Bagaimana setelah mengetahui adanya aplikasi ini? Bagi para mahasiswa dan pencari kerja ataupun pengusaha kecil dan menengah, ini adalah solusinya. Keunggulan Aplikasi Gawe adalah respon cepat, lokasi pekerjaan tidak jauh karena paling jauh 5 km dari lokasi pencari kerja. Hal ini memudahkan pengguna aplikasi ini, sama seperti saat saya membutuhkan orang untuk mengecat rumah baru-baru ini. Yang punya online shop juga bisa banget nih cari pekerja harian untuk membantu menyelesaikan orderan yang meningkat di akhir tahun. Semangat bekerja.

21 komentar:

hida mengatakan...

Bermanfaat banget ya aplikasi ini tu pencari kerja harian jadi gak usah repot2 lagi pasang iklan di koran. Makasih in fonya ya.

mpo ratne mengatakan...

Mudah dapat job serabutan. Udah gitu dekat rumah lagi, asoy geboy kantong

turiscantik.com mengatakan...

wahh ternyata ada aplikasi untuk mencari kerja ya. Mau cari kerja sampingan ah hehehe. Thanks for sharing mbak ;)

Novitalevi mengatakan...

Aplikasi bagus ni buat yg butuh dana tambahan ga pake lama, part time bisa di sesuaikan waktu dan jarak tempuh nya

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Aplikasi berbasis teknologi ini, seakan menjadi solusi beberapa pihak baik pencari kerja atau yg mencari pekerja

Ria Handayani mengatakan...

Iya ya kemajuan teknologi mempermudah segalanya.

Ria Handayani mengatakan...

Iya bagibyg mencari pekerja harian juga jadi mudah.

Ria Handayani mengatakan...

Hehehhe ga kebalik mba ? Cari pekerja mungkin 😀

Ria Handayani mengatakan...

Yup betul, semua pakai aplikasi sekarang.

Ria Handayani mengatakan...

Yup semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan ya...

Natara mengatakan...

Enak ya nyari kerja cukup pake aplikasi gawe aja... Ga perlu ongkos lg buat muterin kota

Ria Handayani mengatakan...

Iya beda jaman saya dulu, keluar ongkos ketipu pula.

Leyla Hana mengatakan...

Kalo cari pembantu rumah tangga atau pengasuh anak bisa gak di sini?

Helenamantra mengatakan...

cocok buat mahasiswa yang butuh penghasilan tambahan. Makasih infonya, Mbak Ria.

Ria Handayani mengatakan...

Ngeri kalau pengasuh anak harian, tapi belum ada sih. Ga tahu kalau nanti

Ria Handayani mengatakan...

Yups, untuk pencari pekerja harian ya.

zata mengatakan...

wahh coba jaman aku kuliah aplikasi ini udah ada ya, hehehe..

Hellofika mengatakan...

Membantu banget nih, jadi nggak usah repot repot bikin pengumuman lowker u kerjaan parttime, bikin aja lowkernya di aplikasi ini.

endah marina mengatakan...

Tekhnologi makin cangih ya , cari kerja aja sdh ada aplikasinya skrng . Makin penasaran dengan GAWE.

Novitania Pambhudi mengatakan...

Aku juga udh denger tentang gawe. Menurutku aplikasi ini keren banget. Selain buatan anak negeri, gawe juga bisa mensejahterakan masyarakat dgn mempertemukan pelaku ukm dengan pekerja tambahan. Two tumbs up

Lubena Ali mengatakan...

Aku malah baru dengar kalo ada aplikasi ino, entar aku share ah buat tetanggakuyang sedang nyari pekerjaan.
Makasih yah informasinya bermanfaat sekali