Kamis, 27 Februari 2020

Tips dan Trik Membeli Barang Original



Halo semua apa kabar, kita pasti ingin memastikan bahwa produk yang kita beli tidak produk palsu tentunya. Saya akan berbagi tips supaya kita semua bisa menghindari membeli produk palsu secara online seperti jam tangan wanita yang lagi trend. Membeli barang palsu berisiko bagi keamanan, kesehatan, dan dompet kalian. Jadi jangan lakukan itu!
Kalian tidak yakin? Tanyakan kepada diri kalian pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apakah kacamata hitam palsu kalian benar-benar melindungi mata?
  • Apakah mainan palsu untuk bayi kalian benar-benar bebas dari zat beracun?
  • Apa yang mungkin ada dalam parfum palsu kalian?
  • Apakah kalian yakin baterai palsu Anda tidak akan meledak saat kalian menggunakannya?
  • Dan bagaimana jika produk palsu kalian rusak? Apakah kalian punya jaminan?
  • Atau bagaimana jika kalian menerima surat dari pemegang hak yang mengatakan bahwa kalian harus membayar biaya kerusakan untuk ponsel palsu yang baru saja kalian beli?


Yuk baca tips membeli barang original, sehingga kalian akan terhindar dari membeli barang-barang palsu yang beredar di pasaran.

 1. Periksa identitas penjual
Selalu periksa rincian kontak webshop untuk memverifikasi apakah itu benar-benar ada, dan di mana dan bagaimana jika ada masalah apakah ada kontak yang bisa di hubungi?
Berikut detail untuk memverifikasi:
Nama perusahaan, alamat, alamat email atau kontak asli, nomor telepon dan faks, jika tersedia. Jangan percayai alamat URL.  Hanya karena alamat diakhiri dengan ".be", ".fr", "nl" atau ekstensi Eropa lainnya tidak selalu berarti bahwa perusahaan tersebut sebenarnya berlokasi di dalam UE dan sebagainya. 

 2. Cari ulasan konsumen lain
Gunakan alat pencarian Internet untuk memeriksa apakah konsumen lain telah meninggalkan komentar baik atau buruk tentang pedagang.  Baca komentar ini dengan cermat, dan awasi dengan kritis.
Ulasan yang sangat positif?  Orang yang sama meninjau produk yang sama di beberapa situs web?  Ulasan terlalu kabur?  Hati-hati!  Itu bisa berupa ulasan yang ditinggalkan oleh webshop itu sendiri, yang tentu saja ilegal.

3. Periksa apakah situs web mendapat tanda kepercayaan
Tanda kepercayaan adalah cap yang diberikan pihak ketiga secara obyektif ke webshop yang memenuhi persyaratan kualitas tanda kepercayaan dan yang menjamin pembelian online yang aman.
Apakah situs web pedagang menyebutkan tanda kepercayaan?  Untuk memastikan bahwa trustmark dapat dibenarkan dan dapat dipercaya, kunjungi situs web trust mark untuk memeriksa apakah webshop benar-benar mendapatkan label kualitas ini.

 4. Menilai tata letak umum situs web
Sebagian besar situs web yang menjual produk palsu tidak terlihat sangat profesional, mereka sering memiliki kesalahan pengejaan dan kesalahan tata bahasa, gambar berkualitas buruk dari produk yang dijual atau logo untuk alat pembayaran, dan lain-lain.
Fakta bahwa situs web dalam bahasa negara kalian tidak berarti bahwa itu sebenarnya berbasis di negara yang kalian tempati.  Jangan percaya situs web yang URL-nya menautkan nama merek dengan istilah-istilah seperti "murah", "outlet" atau ungkapan lain yang menunjukkan harga murah.

 5. Periksa hak-hak konsumen Anda di situs web pedagang
Pedagang online wajib memberi kalian informasi yang jelas dan benar tentang hak-hak konsumen kalian. seperti hak penarikan 14 hari atau jaminan hukum minimal 2 tahun.
Tidak ada informasi tentang hukum konsumen di tempat yang ingin kalian berbelanja?  Tidak ada indikasi platform ODR untuk pemulihan?  Cari di tempat lain!

6. Periksa gambar produk
Apakah gambar yang ditampilkan di webshop terlihat tidak profesional?  Apakah ada yang salah dengan logo atau apakah latar belakangnya terlihat aneh? Apakah foto-foto berkualitas rendah? Apakah tidak mungkin untuk memperbesar?  Apakah hanya sebagian dari item yang ditampilkan?  Ini mungkin indikator situs web yang menjual produk palsu.


Semoga tipsnya bermanfaat ya, dan saat membeli barang secara online kita tidak kecewa.

Minggu, 16 Februari 2020

Alat Kontrasepsi dan Efek Samping



Apa kabar ibu-ibu semua, sebagai kader PKK beberapa waktu lalu saya menghadiri acara penyuluhan kesehatan bersama BKKBN. Ada dokter yang menjelaskan mengenai alat-alat kontrasepsi. Tapi saya lupa nama dokternya karena saya datang ke lokasi acara bersama si kecil, yang berarti saya mendengarkan sambil menemani si kecil bermain. Kebetulan lokasi acara diadakan penyuluhan di RPTRA  sehingga si kecil senang. 

Senin, 03 Februari 2020

Harga Tabung Gas 3 Kg Naik, Setuju?


Beberapa hari ini info di televisi bahwa gas subsidi akan ditiadakan pertengahan tahun 2020 nanti. Pendapat saya sebagai Ibu Rumah Tangga yang biasa menggunakan gas subsidi 3 kg, yang sering juga disebut gas melon ini pastinya keberatan. Alasan saya tidak setuju karena pasti harga kebutuhan pokok lainnya ikut naik. Harga gas 3 kg biasanya saya beli di warung dekat rumah Rp 21.000 - Rp 22.000 dan biasanya selama sebulan saya menggunakan 1 - 2 tabung tergantung seberapa sering saya memasak.  

Tapi memang kalau dilihat subsidi tabung gas ini tidak tepat sasaran, banyak masyarakat yang tergolong "mampu" juga menggunakan tabung gas 3 kg. Kasihan rakyat yang benar-benar miskin jika subsidi tabung gas dikurangi apalagi ditiadakan. Mungkin tidak dikurangi ya, hanya saja penyalurannya lebih ketat lagi, misalnya hanya warga yang benar-benar masuk kategori miskin yang boleh membeli tabung gas 3 kg dengan harga Rp 16.000 - Rp 20.000, sedangkan orang yang tergolong mampu jika tetap ingin menggunakan tabung gas 3 kg dikenakan harga Rp 35.000. 

Pengaturan penyaluran subsidi tabung gas 3 kg ini bisa dengan cara memiliki kartu bahwa pembeli berhak menerima subsidi, atau juga sesuatu yang menjadi tanda bahwa pembeli benar-benar warga miskin. 

Pastinya ini akan menjadi polemik yang cukup panjang, butuh kesadaran penuh dari masyarakat kita siapa yang berhak dan siapa yang tidak. Sekarang definisi miskin dan kaya itu seperti apa, hehehe semoga tidak menjadi perdebatan panjang lagi ya. 

Definisi Kaya 

  • Memiliki rumah besar lengkap dengan perabotan mewah.
  • Memiliki kendaraan roda 4 baik dibeli secara kredit atau cash. 
  • Memiliki banyak tanah atau rumah kontrakan.
  • Mempunyai pekerjaan dengan gaji di atas UMR (Upah Minimum Regional). 
  • Boleh ditambahkan lagi apa sih menurut kalian arti orang kaya itu? tapi bukan termasuk kaya hati ya, karena ada slogan "Biar miskin asal kaya hati" 😁. 

Definisi Miskin / Tidak Mampu  

  • Tidak mempunyai pekerjaan / penghasilan  tetap.
  • Rumah sederhana (kecil, tidak mewah, mengontrak, terbuat dari papan alias bukan tembok permanen).
  • Tidak mempunyai kendaraan roda 4.
Akan tetapi banyak juga masyarakat jaman now yang memilik lebih dari 1 kendaraan roda dua dengan cara kredit. Ini tidak bisa juga dibilang mereka masuk kategori orang kaya. Mungkin karena terdesak kebutuhan sehingga mau tak mau mereka kredit motor untuk mempermudah dalam rangka mencari rezeki. 

Alasan masyarakat lebih memilih tabung gas 3 kg karena mudah didapatkan, ringan sehingga mudah dibawa, siapapun bisa memasangnya sendiri di rumah. 

Cara Memasang Tabung Gas 3 Kg
-Pertama pastikan karet tabung gas sudah ada, terkadang ada tabung gas yang tidak ada karetnya. Ini akan menyebabkan gas berbunyi dan juga berbahaya jika tidak ada karetnya. 
-Pasang regulator dan tekan supaya terpasang dengan erat. Selanjutnya putar pengunci regulator searah jarum jam. 
-Jika bunyi mendesis atau tercium bau gas, berarti ada kebocoran. Sebaiknya ganti karet merah. 
-Jika sudah merasa aman, tidak terdengar bunyi dan bau gas kemudian coba menyalakan kompor. 
-Jika kompor gas tidak menyala, coba selang digoyang-goyangkan perlahan. 

Kesimpulan
Semoga ada jalan terbaik agar tabung gas 3 kg tetap disubsidi untuk masyakat miskin. Dan ada cara yang tepat agar subsidi ini bisa tepat sasaran. Bagi yang merasa mampu dimohon keikhlasan hatinya tidak menggunakan tabung gas 3 kg. Bagi saya pribadi seandainya nanti harga tabung gas 3 kg naik, yang penting kami selalu dimampukan untuk bisa membeli dan juga selalu diberi kesehatan oleh Allah swt. Supaya keluarga sehat selalu jangan lupa jaga kebersihan dan makan makanan yang bergizi. Jangan lupa juga jaga kebersihan peralatan makan si kecil DISINI

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...