Jumat, 30 September 2016

"Nikmati Citarasa Kari Khas Jepang di A&W Restoran"

AW Japanese Curry 

Seperti biasa setiap libur sabtu dan minggu, biasanya saya beserta keluarga (suami dan anak) berjalan-jalan. Terkadang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau pun ke Kebun Binatang Ragunan. Kebetulan lokasi kedua tempat wisata itu lumayan dekat dari tempat tinggal saya. Tapi berhubung  cuaca Jakarta yang tak menentu kadang panas kadang hujan disertai angin kencang, hari libur kali ini saya memutuskan jalan-jalan ke mall saja.
Pilihan kami kali ini ke Cilandak Town Square, setelah memarkirkan kendaraan kami segera masuk ke dalam mall. Tepat di depan tangga ada promo menu AW Japanese Curry Premium Mixbowls, kebetulin eh kebetulan, memang perut sudah kukuruyuk alias lapar. Kami bertiga segera menuju ke AW yang terletak di lantai dua. Suasana restoran AW yang luas dan nyaman dengan deretan kursi yang rapi, di sudut  ruangan ada air mengalir membuat suasana semakin adem (nyaman).
AW Japanese Curry Chicken
Saya langsung memesan tiga menu sekaligus:
·         Japanese Curry Chicken
·         Japanese Curry  Fillet
·         Japanese Curry Prawn
AW Japanese Curry tersedia dengan harga Rp 35.000 untuk Curry Chicken dan Curry Fish, sedangkan Curry Prawn dengan harga Rp 39.500 sedikit lebih mahal (harga setelah pajak). Dapat dibeli secara ala carte atau combo dengan root bear, dan dapat dimakan di restoran, take away atau melalui A&W Delivery 14061.
Ketiga menu di atas sudah sekalian dengan segelas besar root bear. Kebetulan selera si kecil dan pak suami berbeda, suami suka udang dan si kecil suka ayam, sedangkan saya apa saja doyan (ups keceplosan).
Yuk mari kita coba rasanya, kuah kari yang kental ditambah wortel dan kentang memberi nilai lebih pada menu Japanese Curry ini. Berarti ada variasi karena ada tambahan sayurannya. Rasa kuah karinya yang tidak terlalu pedas sehingga si kecil suka. Sedangkan ayamnya jangan ditanya, sudah pasti kriuknya renyah di mulut dengan rasa yang khas. Si kecil tidak menolak jika disuruh nambah. Untuk yang udang rasanya fresh, dengan warna daging yang masih putih dan terlihat segar. Udangnya juga cukup besar sehingga tidak mengecewakan sesuai dengan harganya yang sedikit lebih mahal.
AW Japanese Curry Fish

Sedangkan yang fillet ikan ini cocok sekali untuk si kecil, apalagi si kecil yang takut akan duri ikan. Dipastikan Japanese Curry Fish bebas dari duri ikan. Selain manfaat dari kandungan ikan yang sangat besar, menu ini cocok untuk si kecil. Setelah semua habis saya baru ingat keponakan yang tadinya mau diajak tapi tidak jadi karena sedang demam. Saya berniat membawakan menu AW Japanese Curry, tapi karena kita masih ada urusan dan tidak mungkin membawa-bawa bungkusan ke sana kemari kami memutuskan untuk Delivery saja nanti dari rumah, tinggal telepon ke nomor 14061.
AW Japanese Curry pesananku
Secara keseluruhan menu AW Japanese Curry Mixbowls sudah pas menurut saya, hanya saja nasinya kurang pulen bagi saya. Sedangkan porsinya sudah pas, dijamin satu porsi membuat perut menjadi kenyang. Jika ingin mencoba tiga menu sekaligus bisa datang bertiga dan saling mencicipi.


Perbedaan AW Japanese Curry yang di luncurkan awal September lalu dari menu-menu sebelumnya adalah kemasan microwaveable yang dapat langsung dihangatkan ke microwave tanpa dipindahkan ke wadah lain. Kemasannya praktis dan tertutup rapat, sehingga kesegarannya dapat terjaga. Setelah kenyang kami segera meninggalkan restoran AW, sebelum pulang putriku bilang kapan-kapan kita kesini lagi ya.

Kreasi2shop Mengutamakan Kebutuhan Pembeli

Semua pasti pernah belanja online, termasuk saya apalagi dengan penawaran diskon yang beragam. Tapi akhir-akhir ini “kehobian” saya berbelanja di online shop agak berkurang. Hal ini disebabkan karena saya pernah kecewa pada pelayanan online shop yang tidak tepat waktu dan tidak sesuai, barang yang saya pesan ada yang datangnya telat dan tidak lengkap.

Mas Rae dan tim Kreasi2shop

Tanggal 28 September 2016 saya hadir di acara grand launching website e-comerce kreasi2 shop bacanya Kreasi Two Shop ya. Setelah menempuh perjalanan selama dua jam akhirnya saya tiba di lokasi acara yang diadakan di Co-working space Tendean Wijaya Intersection, yang berada di jalan Wijaya 1 no 5 Jakarta Selatan.  
 Hadir Mas (masih muda jadi di panggil mas) Rae Narendra Putra selaku Direktur PT Kreasi Dua Indonesia yang menjabarkan seluruh keterangan tentang website www.kreasi2shop.com. PT Kreasi Dua Indonesia meluncurkan website e-commerce kreasi2shop dengan tujuan memudahkan para pembeli  yang cerdas berbelanja online. Kreasi2shop menyediakan berbagai produk spesialis elektronik dan non-elektronik rumah tangga hingga peralatan bayi yang terdiri dari brand nasional dan internasional.


Adapun visi dan misi kreasi2shop untuk menjadi “first specialist e-commerce” di bidang peralatan rumah tangga dan produk bayi. unique customer dan smart buyer untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan mereka. Oleh karena itu kami akan selalu mengembangkan service dan skill kami agar dapat mengakomodir dan mengatasi keraguan customer atas setiap produk, seperti tagline kami “Always There For You”.
Produk kebutuhan rumah tangga yang tersedia di kreasi2shop

Masih mengutip kata Pak Rae “Fokus utama kreasi2shop adalah membantu para
Berbeda dengan e-commerce lainnya, kreasi2shop diciptakan dengan berbagai kelebihan yang memberikan keuntungan pada customer (pembeli). Kelebihan tersebut di antaranya :
·         Kreasi2shop mengutamakan kebutuhan customer dari sisi produk dan service (pelayanan)
·         Garansi resmi disediakan oleh brand yang berkaitan bukan garansi toko
·         Dengan beragam fitur  khusus yang memudahkan customer dalam berbelanja
·         Sistem online yang diaplikasikan secara simple dan sebagai spesialis di bidang peralatan rumah tangga dan produk bayi
·         Website kreasi2shop memberikan kemudahan pada customer saat memilih produk yang dibutuhkan
Bapak Rae juga menambahkan “Kreasi2shop mengutamakan pelayanan fast response and engaging (pelayanan yang cepat dan menyenangkan) untuk memberi kepuasan dan kepercayaan dalam meningkatkan loyalitas customer”. Menjawab kekhawatiran customer dalam bidang  after sales service kreasi2shop bekerja sama dengan PT Citra Kreasi Makmur sebagai service center utamanya.
Brand ternama seperti Philips, Turbo, Graco, dan Corelle adalah produk-produk elektronik yang tersedia di kreasi2shop dan menyediakan garansi resmi. Customer akan merasa lebih terjamin karena produk mereka ditangani langsung oleh profesional dari brand tersebut.
Kreasi2shop dengan beragam fitur yang memudahkan customer dan mempercepat  decision making (membuat keputusan) untuk memilih dan membeli produk. Fitur-fitur tersebut seperti menampilkan produk-produk sejenis yang berbeda tipe dan spesifikasi agar customer lebih mudah menentukan pilihannya.
Kelebihan ini sudah dijalankan sejak tanggal 18 Agustus 2016 saat pertama kali kreasi2shop hadir meramaikan dunia e-commerce.Website ini sudah mendapat respon positif dilihat dengan adanya  kepercayaan customer terhadap pembelian produk dari segala penjuru Indonesia. Dampak dari kepercayaan yang diberikan pembeli menghasilkan perkembangan yang pesat dari sisi traffic and sales  setelah dilakukan soft launching.

Sumber foto fanpage Kreasi2 shop

Kedepannya, kreasi2shop akan terus mengembangkan fitur-fitur lainnya, sistem pembayaran, logistik maupun produk untuk mempermudah customer dengan cara membangun relasi dengan beragam tipe pembayaran dan cicilan, bekerja sama dengan beragam conventional and convertional logistic, membangun logistik internal, menambahkan fitur COD dan pick up on store serta bekerja sama dengan brand lain yang berkualitas di bidang peralatan rumah tangga dan produk bayi. Bagi yang tak sabar ingin segera berbelanja di www.kreasi2shop.com jangan lupa follow fanpage Kreasi2shop
1.       twitter @Kreasi2shop
2.       facebook Kreasi2shop
3.       Instagram @kreasi2shop
Karena ada banyak promo, juga free shipping selama satu bulan ke seluruh Indonesia dan diskon 50% untuk semua produk.
Discon 50% yang ditawarkan

Di akhir acara ternyata ada doorprize untuk lima orang beruntung, ada hadiah berupa rice cooker, kipas angin dan 3 voucher belanja. Sayang sekali saya belum beruntung, yakin banget rejeki  sudah ada yang mengatur. Mereka yang beruntung adalah Mak Amel dan Liswanti dari Kumpulan Emak Blogger dan tiga orang lainnya dari media, selamat ya. Setelah sesi foto bersama saya bergegas pulang ke rumah agar tidak terjebak macet. Saya lihat barisan kendaraan berjalan merayap di depan Conclave.
                                        Mas Rae bersama undangan yang mendapat door prize
                                                Emak Blogger (KEB) foto bersama mas Rae
                                                            (foto by Liswanti Pertiwi)

Sabtu, 24 September 2016

Mengenal Lebih Dekat CERELAC (150 Tahun Cerelac)


Tanggal 22 September 2016 saya dan emak-emak blogger  berkumpul di FX Sudirman, karena rumah saya di Jakarta timur otomatis saya berangkat pagi-pagi agar tidak terjebak macet. Jam 8 setelah semua emak hadir kami berangkat menuju Karawang, salah satu pabrik Nestle. Nestle sendiri mempunyai empat pabrik di Indonesia diantaranya di Kejayan Jawa Timur, Panjang  Lampung, Cikupa Tangerang, dan Karawang yang kami kunjungi. Perjalanan selama 2 jam terasa menyenangkan karena selain Bus Executive nya yang keren banget, emak-emak berbagi pengalaman soal mengurus anak di rumah beserta kendala sekaligus solusinya.

 Sejarah  CERELAC

Pada tahun 1860 sejarah Nestle dimulai, setelah melakukan penelitian selama kurang lebih 7 tahun tepatnya tahun 1867, Pendiri Nestle seorang ahli farmasi dari Jerman yang bernama Henri Nestle dengan produk pertamanya Farine Lactѐe yang artinya tepung dan susu, di Vevey Swiss. Produk ini merupakan kombinasi susu sapi, tepung gandum dan gula. Nestle memproduksi ini untuk bayi-bayi yang tidak mendapatkan ASI dan untuk mengatasi tingginya angka kematian bayi saat itu. Sejak itu pula logo sarang burung masih digunakan hingga saat ini, hanya saja disesuaikan dengan perkembangan zaman. Jika dulu anak burung ada tiga sekarang hanya dua.


Produk makanan bayi ini terus mengalami peningkatan kualitas dari tahun ke tahun dan selalu berinovasi,  hingga pada akhirnya pada tahun 1949 salah satu hasil penelitian dari sereal bayi Nestle diluncurkan dengan nama CERELAC yang merupakan MP-ASI instan yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas dengan tekstur sesuai perkembangan anak.
Salah satunya Nestle Cerelac Bubur Sereal dengan Susu dan Nutrisi tambahan untuk si kecil dengan Iron+ yang kaya akan sumber :
·         Zat Besi dan Zink yang komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh
·         Sumber Vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran pernapasan dan kulit)
·         Sumber Vitamin C berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen
·         Mengandung Omega 3 (Asam Linolenat) 60mg/saji dan Omega 6 (Asam Linoleat) 550mg/saji
·         Dengan Minyak Ikan
·         Nestle Cerelac menggunakan karbohidrat yang telah dihidrolisa dengan enzim

Berfoto Bersama Di Depan Logo Nestle 

Berkunjung ke Pabrik Cerelac yang ada di Karawang sangat menyenangkan karena selain tempatnya yang bersih, berjalan menyusuri ruang-ruang serasa berada di museum. Di dinding lengkap tertulis sejarah berdirinya Nestle. Seandainya pelajaran sejarah difasilitasi dengan cara seperti ini, saya rasa menghafal tahun dan nama kota akan sangat menyenangkan. Dipandu Ibu Amanda dan teman-teman yang menceritakan semua tentang Nestle secara detail. Tentang pengolahan limbah yang sangat baik, juga tentang para peternak tradisional yang bekerja sama dengan Nestle. Nestle tidak mempunyai peternakan sendiri dan susu segar yang didapat benar-benar dari peternak  yang berada di sekitar pabrik yang berada di Jawa Timur. Diselingi dengan suara burung, sapi dan Bo Bear yang mengucapkan “selamat datang”.

Nestle Dukung Pemberian ASI Ekslusif

Kami juga bisa melihat bagian produksi dari jendela kaca, bagian produksi yang kami lihat adalah di bagian terakhir filling dan packaging, sedangkan bagian dapur tidak boleh dikunjungi untuk menjaga sterilisasi. Bagi yang ingin mengetahui sejarah 150 tahun CERELAC bisa klik di sini https://www.awalsehat.nestle.co.id/cerelac150tahun?utm_source=Blog&utm_medium=KOL&utm_content=ria_bilqis&utm_campaign=Cerelac150th

Setelah berkeliling acara dilanjutkan dengan cooking demo bersama Chef Vania Wibisono. Cerelac dengan susu ada delapan rasa pilihan, sedangkan Cerelac dengan harga ekonomis ada empat rasa pilihan.
Ada empat resep yang diajarkan oleh Chef Vania, salah satunya Bubur Ayam Sayuran dengan CERELAC  Tim Ayam Sayur.
Cara membuatnya sangat mudah:
·         Kukus ayam dan wortel
·         Blender bersama dengan air hangat (hangat ya bukan mendidih) kira-kira 40 derajat C
·         Setelah sesuai tekstur yang diinginkan tuang ke mangkuk
·         Tambahkan  2-3 sendok Cerelac Tim Ayam Sayur
·         Aduk-aduk siap disajikan


“Cerelac tersedia untuk anak-anak usia 6-24 bulan. Mengapa Cerelac ada banyak sekali varian rasa? Karena kami ingin menjangkau semua lapisan masyarakat”, kata Ibu Amanda.
Resep kedua dari Chef Vania adalah Bubur Merah Apel Wortel dengan Cerelac Beras Merah.


Cara membuatnya sangat mudah:
·         Kukus wortel dan kupas apel
·         Blender bersama air hangat  
·         Setelah sesuai tekstur yang diinginkan tuang ke mangkuk
·         Tambahkan 2-3 sendok Cerelac  Beras Merah
·         Aduk-aduk siap disajikan

Setelah cooking demo acara dilanjutkan dengan lomba. Emak-emak blogger dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Sebenarnya waktu Chef Vania  demo saya berdiri paling depan dan memperhatikan. Tetapi karena gugup atau apalah, saya, Mak Uli dan Mak Alia melakukan kesalahan karena merebus apel. Menurut para juri, buah-buahan jangan direbus agar vitaminnya tidak hilang. Hehehe ya sudah namanya juga games yang penting seru.

Setelah pengumuman pemenang games yang hadiahnya voucher belanja sebesar Rp 1.500.000, kami melakukan foto bersama dan penyerahan simbolis Hampers cantik untuk Mak Windah. Yang lain tak perlu khawatir karena sudah disediakan di dalam Bus. Senang sekali saya bisa hadir di perayaan 150 tahun Cerelac. Selain ilmu pengetahuan tentang sejarah Nestle, kami juga mendapat Hampers sebagai tanda cinta dari Cerelac untuk si kecil di rumah. Bagi teman-teman dari komunitas lain yang ingin berkunjung ke Pabrik Cerelac di Karawang bisa banget, GRATIS lho. Cukup sediakan untuk transportasi saja. Dan bagi para bunda yang ingin tahu ataupun ada pertanyaaan tentang produk Cerelac bisa menghubungi Nestle Consumer Services bebas pulsa di no 080018-21028.

Kaleng Produk Pertama Nestle Farine Lactee

           
         Foto Henri Nestle

Sebagian sumber foto dari emak-emak Blogger (Mak Windah, Mak Icoel )

Kamis, 15 September 2016

BERSAMA DISSY "TUNJUKAN JATI DIRIMU"


Andhika dan Ussy 

Sebelum bertemu langsung dengan Owner Dissy, saya sudah mendapat kiriman Lip Matte004 Sherly, dan sudah beberapa kali saya gunakan. Alhamdulillah cocok, Dissy Lip Matte tahan hingga delapan jam, asal tidak makan-makanan yang berminyak. Keunggulan dari Lip matte adalah mengandung moisturizer sehingga tidak membuat bibir terlalu kering. Dissy Lipstik  Matte ada sepuluh pilihan warna tinggal pilih sesuai warna yang cocok. Bagi yang penasaran tinggal langsung saja ke instagramnya instagram Andhika  @Andhiiikaa/@ownerdissydhikaussy.

Kemarin tanggal 10 September 2016 acara blogger gathering akhirnya bisa terlaksana di Lippo Kemang Village, tepatnya di Lowville. Suasana restoran bernuansa kayu modern dengan pemandangan yang indah. Oh ya saya ke lokasi diantar menggunakan sepeda motor jadi lumayan jauh jalan dari parkiran, karena yang boleh berhenti di depan lobi hanya mobil saja, jadi tahu saya. Besok kalau ke sini lagi bisa menentukan, enaknya dengan kendaraan apa (yaelah seperti punya mobil aja). Setelah makan siang acara pun dimulai, Ussy dan Dhika bercerita bagaimana awalnya Kosmetik Dissy.

Rangkaian Produk Kosmetik Dissy

Nama Dissy diambil dari nama Andhika dan Ussy, berawal dari kebutuhan mereka akan sabun mandi yang tidak sedikit, sehingga mereka berdua mempunyai ide untuk memproduksi sendiri. Sebelum menjadi seperti sekarang banyak sekali perjuangan yang mereka berdua lakukan. Tahun 2014 awalnya mereka memproduksi  body lotion dan sabun masing-masing 1000 buah. Ussy dan Andhika mencoba menawarkan  ke toko-toko tapi semua menolak karena baru 2 produk dan belum terkenal. Berarti nama besar mereka bukan jaminan bisa langsung sukses, kata Andhika lho bukan kata saya. Akhirnya selama beberapa bulan produk tersebut hanya menumpuk saja di rumah.
Untuk membuat produk baru mereka memikirkan biaya yang tidak sedikit, akhirnya Ussy mencoba memasarkan melalui akun instagram miliknya, yang pengikut mereka berdua adalah fans setia Andhika dan Ussy yang jumlahnya tidak sedikit. Hanya dalam beberapa minggu lotion dan sabun Dissy habis terjual. Ussy dan Dhika kembali bersemangat, dan perlahan mereka berdua mengerti bahwa produk yang diminati adalah produk  dengan visual dan dekoratif yang bisa langsung dilihat hasilnya terutama di bagian wajah, seperti  lipstick, mascara, blush on.

Di bulan ke enam Dhika dan Ussy membuat lipstick dengan warna natural yang biasa dipakai anak sekolah dan ABG. Memang sekarang seperti itu kenyataannya sesuai dengan perkembangan zaman para pelajar suka dandan. Ini juga salah satu alasan mengapa Dhika dan Ussy memilih bisnis kosmetik karena produk kecantikan akan terus dicari terutama oleh wanita.

Sekarang Dissy sudah mempunyai 50 karyawan dan ratusan reseller, juga puluhan distributor hingga ke seluruh Indonesia. Bahkan Dissy telah ada di Hongkong, Singapura, Brunei dan Taiwan. Tenyata Ussy sering berkomunikasi langsung dengan para resellernya melalui grup baik itu di Instagram dan media sosial lainnya. Bahkan sejak pukul setengah 5 pagi pun Ussy sudah mulai menjawab pertanyaan reseller atau pun pelanggan. Pernah ada pelanggan yang bertanya mengapa lipstick matte tidak terlalu kering? Ussy balik bertanya “Mau bibirnya aman atau menjadi hitam. Karena jika terlalu kering dapat mengakibatkan bibir menjadi pecah-pecah dan hitam”. Demikian Ussy menjelaskan.

Sekarang produk Dissy sudah beragam, mulai dari bedak, eye shadow, blush on, bulu mata, body misk, sabun, lulur, mascara dan pembersih wajah untuk pria dan wanita, dan produk kecantikan lainnya.
Dalam waktu dekat, Dissy akan meluncurkan produk baru yaitu BB Cream dan pewarna kuku (kuteks) halal yang bisa dipakai wanita muslim saat beribadah sholat.
Ketika Dissy sudah seperti sekarang banyak yang ingin menjadi investor, tapi Ussy dan Andhika menolak. Sekali lagi Ussy mengatakan “Dissy itu saya, mulai dari pemikiran, marketing, desain, semuanya kami lakukan berdua. Dalam grup WA-nya Ussy memberikan peraturan yang ketat, tidak boleh membahas apapun selain Dissy dan menjaga kerahasiaan nomor HP-nya.
Ussy juga sering mendatangi langsung toko-toko yang menjual produk Dissy yang ada di seluruh Indonesia, seperti di kota Malang dan Medan. Karena sekarang Ussy sedang hamil 4 bulan para reseller lah yang datang ke Jakarta. Sekarang Dissy telah menjangkau semua kalangan, artis, sosialita, ibu rumah tangga, pelajar hingga wanita karir. Untuk artis yang sering membeli produk Dissy terkadang tanpa diminta mereka upload sendiri foto menggunakan Dissy, ini sangat membantu sekali kata Ussy.

Foto Bersama Beauty Blogger & Dhika-Ussy

Selain sesi tanya jawab, ada juga sesi sharing pengalaman menggunakan Dissy. Salah satu peserta ada yang menanyakan tentang cream malam produk Dissy. Untuk cream malam tidak memutihkan tapi mencerahkan ya, penjelasan dari Ussy. Karena yang memutihkan dipastikan mengandung bahan berbahaya “catet”.
Karena waktu yang terbatas akhirnya acara diakhiri dengan pengumuman pemenang foto instagram dan pemenang livetweet, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Senang sekali bisa menjadi salah satu tamu undangan.


Selasa, 06 September 2016

Program Makan Sehat Anak PAUD Bersama Sarihusada

Anak susah makan, lalu para bunda memberikan jamu (cekokan) ternyata itu cara yang tidak tepat dan termasuk kekerasan pada anak. Menurut Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si. yang saya temui saat konferensi pers  PAUD Healthy Eating Habit Program di Hong Kong Cafe, Menteng Jakarta pada tanggal 2 September 2016.
Apa Itu PAUD Healthy Eating Habit Program?
PAUD Healthy Eating Habit Program adalah program yang diselenggarakan oleh PT Sarihusada Generasi Mahardika melalui susu pertumbuhan SGM Eksplor  dengan Buah dan Sayur, program ini bertujuan untuk membiasakan makan sehat bagi anak usia dini.
PAUD Healthy Eating Habit Program akan dilaksanakan secara resmi mulai tanggal 5 September 2016 kepada 300 anak didik di enam PAUD Jabodetabek yakni  PAUD Anggrek Bulan di Jakarta Timur, PAUD Merah Delima di Jakarta Utara, PAUD Nurul  Hilal di Jakarta Barat, PAUD Permata Pesanggrahan di Jakarta Selatan, PAUD Quantum di kota Bekasi dan PAUD At Qiya di kota Depok.
Rangkaian program ini meliputi:
1.       Dukungan penyediaan makanan bergizi
2.       Buah-buahan dan sayur mayur
3.       Susu pertumbuhan SGM Eksplor Buah dan Sayur
Bagi anak-anak didik di enam PAUD daerah Jabodetabek, bahkan menurut MC cantik yang memandu acara program ini juga dilengkapi  dengan aktivitas berkebun bagi anak, seminar dan kelas parenting untuk para orang tua. Dan puncaknya piknik bersama di Taman Buah Mekarsari untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2016. Wah pasti seru nih, saya ga akan menolak jika terpilih ikut serta nantinya hehehe.
Psikolog Anna memberikan banyak tips bagaimana cara membiasakan anak makan dengan cara yang baik, dan bagaimana agar anak terbiasa makan buah dan sayur. Menurut penelitian psikologis  menunjukkan bahwa kurangnya asupan buah dan sayur dipengaruhi oleh kurang tepatnya cara pemberian makan  (feeding styles) oleh orang tua.
Contohnya :
1.       Ada anak yang trauma terhadap buah dan sayur karena prosesnya dicekoki atau dipaksa.
2.       Sebaliknya ada juga (banyak) orang tua terlalu mudah menyerah saat anaknya menolak makan buah dan sayur.
Masih menurut Ibu Anna, “Bukan hanya berpengaruh terhadap pola makan, cara pemberian makan juga dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak. Oleh karena itu penting sekali memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi para orang tua tentang cara pemberian makan yang tepat untuk anak”. Saya juga mau banget nih ikutan kelas parenting, supaya bisa menjadi Ibu yang bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.
Hadir juga Mr. Joris Bernard (Brand Business Unit Director Sarihusada)  yang memberikan sambutan dalam Bahasa Inggris yang setelah diartikan kurang lebih seperti ini “PAUD Healthy Eating Habit Program merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjadi mitra bagi orang tua di Indonesia dalam menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan anak. Kami ingin membantu membangun kebiasaan makan yang baik dan bergizi seimbang sejak usia dini. Kami juga ingin membuktikan bahwa makan buah dan sayur bisa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama  dengan cara yang tepat”.
Ketua Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) Bapak Arist Merdeka Sirait juga hadir, dan menyatakan dukungannya dalam program makan sehat, “Kami di Komnas PA juga sangat mendukung kampanye nyata seperti pemberian asupan  buah dan sayur pada anak-anak PAUD, serta kegiatan-kegiatan edukasi yang melibatkan orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam menjaga proses tumbuh kembang anak dan hak mendapatkan pendidikan bagi anak-anak Indonesia”.

Saat acara berlangsung juga ada lomba livetweet terbanyak, tujuannya untuk berbagi informasi di media sosial. Hadir juga  anak-anak berbakat dari Styliz Studio Bandung , anak-anak ini sangat  lincah dan energik sehingga semua tamu undangan baik blogger maupun media merasa terhibur. Senang sekali saya bisa menjadi salah satu undangan, saya tunggu keseruan selanjutnya.

Kamis, 01 September 2016

Perencanaan Keuangan Untuk Mendukung Kecerdasan Anak

Bu Eliz, Mak Mira & Pak Guntur 
(Suber foto Adiyani Achmad )
  
Paling senang datang ke acara yang banyak sekali manfaatnya, seperti kemarin tanggal 28 Agustus 2016 bertempat di Hongkong Café. Saya bersama teman-teman dari  komunitas Kumpulan Emak-Emak Blogger  (KEB), hadir di acara talk show  dengan tema “Persiapan Pendidikan Anak Menghadapi Persaingan Global”. Tak tanggung-tangung hadir sebagai narasumber: 
1.       Bapak T Guntur Priyonggodo (Kepala Cabang Jiwasraya)
2.       Elizabet T Santoso (Psikolog)
3.       Mira Sahid (Founder  KEB)
Baik Pak Guntur, Bu Eliz dan Mak Mira semuanya ramah dan membuat suasana menyenangkan, ada juga “makmin” lainnya yang baik hati dan tidak sombong  seperti Mak Neng Tanti, Mak Icoel, juga Mak MC cantik Nurul.
Setelah sambutan dari Mak Sumarti Saelan yang menambah  suasana semakin semangat, giliran Mak Mira Sahid bercerita bagaimana ia mendidik putra-putrinya. Mak Mira masih bingung melihat bakat dan minat si kecil yang masih sering berubah-ubah. Waktunya Ibu Eliz menjelaskan bagaimana mengenali bakat pada anak beserta tipsnya.
Sumber RB ( saya sendiri )

Mendapat tambahan ilmu langsung dari ahlinya lengkap dengan tips “sesuatu” sekali bagi saya, berikut saya tulis di sini sebagai catatan untuk saya sendiri, syukur -syukur jika bisa bermanfaat untuk orang lain.   Ibu Eliz mulai dengan cara bagaimana orang tua mendukung cita-cita si kecil:
1.       Mengidentifikasi potensi anak
2.       Mengarahkan dan membina
3.       Memotivasi
Selanjutnya Ibu Eliz juga menjelaskan mengenai 8 “Kecerdasan Majemuk” (Multiple Intelligences) yang dimiliki anak, karena pada dasarnya semua anak cerdas:
1.       Linguistik
2.       Matematis-Logis
3.       Visual Spasial
4.       Kinestetik-Jasmani
5.       Musikal
6.       Intepersonal
7.       Intrapersonal
8.       Naturalis
Ini penting sekali bagi saya untuk bisa mengarahkan putri saya, jangan sampai kejadian seperti saya dulu, saya paling malas berhitung tapi ambil jurusan Akuntansi hanya karena ikut-ikutan. Akhirnya lulus dengan nilai pas-pasan.
Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan menggunakan kata- kata secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Untuk anak yang memiliki Kecerdasan Linguistik bisa diarahkan atau cocok dengan profesi pembaca berita, pendongeng, pembicara, orator, editor, wartawan, aktor/aktris.
Kecerdasan Matematis-Logis
Kecerdasan Matematis Logis adalah kemampuan mengolah angka dan menggunakan logika. Profesi yang cocok untuk anak yang memiliki kecerdasan ini adalah pengolah data, insiyur, ahli matematik, ahli statistik, peneliti, ahli logika, programer.
Kecerdasan Spasial
Kecerdasan Spasial adalah kemampuan mempersepsi dunia spasial-visual secara akurat. Profesi yang cocok untuk anak yang memiliki kecerdasan ini perancang, pilot, pencipta, arsitek, penemu, ahli bedah, pemandu, pelukis/ seniman.
Kecerdasan Kinestetik -Jasmani
Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekpresikan ide dan perasaaan, misalnya di rumah anak suka sekali menari dan cepat menguasai gerakan. Profesi yang cocok untuk anak dengan kecerdasan ini  penari, pengukir, ahli bedah.
Kecerdasan Musikal
Kecerdasan Musikal adalah kemampuan menangani berbagai bentuk musik dengan cara mempersepsi , membedakan dan mengubah juga mengekspresikan. Profesi yang cocok untuk anak yang memiliki kecerdasan ini  kritikus musik (komentator), composer, penyanyi dan produser.
Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, perasaan orang lain. Profesi yang cocok seperti Public Relation, Negosiator, Marketing, Entertainer, Pekerja sosial, Counselor.
Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Biasanya anak dengan kecerdasan ini cocok dengan profesi  filsuf, peneliti, psikolog, penulis.
 Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan Naturalis adalah keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies flora fauna di lingkungan sekitar . Anak yang suka kupu-kupu, tidak takut dengan cacing adalah contoh anak yang memiliki kecerdasan naturalis . Profesi yang cocok untuk anak dengan kecerdasan naturalis adalah ahli biologi, aktivis lingkungan hidup, dokter hewan, hortikulturis.
Sumber www.jiwasraya.co.id

Setelah mengetahui kecerdan apa yang dimiliki putra-putri kita, waktunya mempersiapkan pendidikan anak menghadapi persaingan global. Pastinya pendidikan anak membutuhkan biaya yang tidak sedikit, baik persiapan pendidikan formal maupun non formal. Apa persiapan kita (saya)?.
Sumber foto www.jiwasraya.co.id
Apa itu JS Prestasi?
JS Prestasi merupakan produk yang menjamin kepastian jenjang pendidikan masa depan bagi putra-putri nasabah Jiwasraya. Dengan pertambahan nilai sebesar 5% secara majemuk selama masa pembayaran premi dan kemudahan pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah. Produk JS Prestasi menjadi produk yang memahami kebutuhan nasabah. Adapun syarat dan ketentuan seperti pada gambar di bawah ini.
Pak Guntur  menceritakan Jiwasraya sebagai salah satu Perusahaan Asuransi  yang sudah 156 tahun bersama  Indonesia  dan 100% perusahaan milik pemerintah, bertujuan membantu para orang tua merencanakan keuangan untuk pendidikan anak di masa yang akan datang.
Penanya Terbaik Mendapat Hadiah 
(Sumber Foto Andiyani Achmad)   


Setelah pemaparan dari Pak Guntur ada sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh pak Guntur dan Ibu Eliz . Ada banyak hadiah yang dibagikan berupa voucher belanja untuk penanya terbaik dan live tweet terbaik. Acara pun diakhiri dengan penyerahan plakat  Jiwasraya kepada founder KEB mak Mira Sahid. Terakhir foto bersama ini nih yang paling seru, bahkan pak Guntur pun ikut terbawa kehebohan emak-emak blogger. Pokoknya sukses acara KEB kali ini, nilai secara keseluruhan  saya kasih angka 9 hehehe. Sampai jumpa lagi di acara selanjutnya.

Rencanakan Dana Pendidikan Si Kecil



Setiap kali di tanya apa cita-cita Bilqis? Aku ingin menjadi guru jawabnya. Tapi sesusia Bilqis terkadang masih bisa berubah-ubah, sama seperti saya waktu kecil. Apapun cita-citanya sebagai orang tua saya akan selalu memotivasi, dan pastinya mempersiapkan dana pendidikan untuknya. Dana yang dipersiapan tidak hanya untuk pendidikan formal, karena butuh pendidikan non formal juga. Seperti les bahasa Inggris, matematika dan lain-lain.

Sekarang Bilqis duduk di kelas 3 SD, saya sudah harus memperkirakan biaya pendidikan sembilan tahun yang akan datang. Survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Dengan demikian, mari siasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk Ayah dan Bunda. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut. Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, Ayah dan Bunda sebaiknya sudah harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan.

Kedua, berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.

Ketiga, sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.

Keempat, periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.

Dari obrolan saya dengan orang tua teman-teman Bilqis mereka sudah mengasuransikan putra-putrinya sejak lahir, sehingga dana saat akan masuk sekolah TK-SD-SLTP SMU dana bisa cair. Saya masih nyaman dengan tabungan saja, tapi mengingat kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang biaya pendidikan semakin hari semakin meningkat rasanya saya perlu juga asuransi pendidikan.
Beruntung sekali ada program BMD morinaga Chil-Go Morinaga Chil-Go! juga meyadari bahwa biaya pendidikan tidaklah murah, dan seiring berjalannya waktu biaya pendidikan akan terus naik. Sadar akan hal tersebut, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu Ayah dan Bunda untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan Si Kecil yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.
Kalkulator Financial tersebut dapat Ayah dan Bunda akses dipendidikan 
Ilustrasi Perencanaan Dana Pendidikan Si Kecil

Dalam mempersiapkan dana pendidikan Si kecil, Ayah dan Bunda dapat melihat ilustrasi agar mempunyai gambaran lebih jelas bagaimana menghitung dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Mari simak ilustrasi dana pendidikan di bawah ini.
Chila adalah anak berusia 1 tahun yang sangat lucu. Ayah dan Bunda Chila ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk jenjang taman kanak-kanak hingga Universitas. Dengan asumsi tingkat inflasi pendidikan sebesar 15% per tahun untuk biaya sekolah dan biaya kuliah. Berikut perhitungan kebutuhan dana pendidikan Chila. (asumsi Ayah dan Bunda hanya mempersiapkan dana untuk membayar uang pangkal sekolah).


*Sumber: ZAP Finance Research Division

Ayah dan Bunda dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!.

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, Ayah dan Bunda berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!  

Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :
a.       Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
b.      Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
c.       Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun

Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. Live a beautiful life!




Ayo Ayah Bunda kita Ikutan program BMD Chil-Go semoga kita menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan hadiahnya. Adapun cara-caranya bisa dilihat di artikel saya sebelumnya http://www.riabilqis.com/2016/07/bekal-masa-depan-dimulai-dari-sekarang.html atau melalui vidio di atas.

Sumber Tulisan
Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP
Perencana keuangan independen dari ZAP Finance
Penulis buku Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya
Penulis buku Make It Happen!

Nara sumber keuangan di media cetak, televisi, dan radio nasional.

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

  Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah ke...