Rabu, 13 Oktober 2021

Memanfaatkan Media Sosial di Masa Pandemi

                                           

Sumber foto Pixabay


Selama masa pandemi tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan. Sedangkan kebutuhan hidup terus berjalan. Apa yang harus kita lakukan? Kita harus pandai melihat peluang agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. 


Media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter maupun Tik Tok bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan, tinggal pilih mana yang cocok untuk kita. Saya pribadi lebih suka Facebook dan Instagram karena lebih mudah. 


Sebagai ibu rumah tangga saya juga memanfaatkan media sosial untuk menambah penghasilan. Bagaimana cara memanfaatkan media sosial, yuk kita bahas bersama. 

                                          

Sumber foto Pixabay


Media Sosial sebagai Media Promosi

Jika kalian punya usaha dagang, baik itu makanan atau produk bisa dipromosikan melalui media sosial. Contohnya teman saya dia punya keahlian membuat kue. Melalui media sosial Facebook, Instagram, atau bisa juga melalui status WhatsApp teman saya mempromosikan dagangannya. 


Ada juga teman saya lainnya yang menjual beraneka macam seprai. Setiap hari status di Facebook atau WhatsAppnya memposting motif seprai yang sangat bagus. Tak jarang dengan status yang dibuatnya ada saja yang memesan untuk kado maupun dipakai sendiri.


Melalui media sosial lebih banyak kerabat atau teman yang mengetahui produk dagangannya. Ini memberikan dampak positif sehingga banyak yang memesan kue pada teman saya sehingga ekonomi keluarganya bisa terus berlanjut. 


Mendapatkan Hadiah dari Media Sosial 

Bagi kalian yang punya kreativitas bisa banget mengikuti berbagai giveaway yang diadakan di media sosial baik Instagram, Tik tok atau Twitter, tinggal pilih sesuai keahlian masing-masing. Hadiah giveaway dari media sosial bukan kaleng-kaleng dari ratusan ribu hingga jutaan bisa kita dapatkan tergantung kreativitas yang kita buat. 


Media Sosial sebagai Hiburan

Untuk mengisi waktu selama masa pandemi kita juga bisa memanfaatkan media sosial. Bagi yang hobi membaca cerpen atau cerbung bisa juga melalui media sosial. Bahkan kita bisa berkontribusi sebagai penulis. Menjadi penulis yang profesional pastinya akan mendapatkan keuntungan tersendiri.


Jadilah Pengguna Media Sosial yang Cerdas

Meskipun media sosial memberikan dampak positif. Sebagai pengguna kita harus cerdas karena saat berselancar di media sosial ada saja info atau berita hoax yang beredar.


Apa saja yang harus kita hindari saat menggunakan media sosial? 

- Mengunggah informasi pribadi seperti  Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga ataupun Kartu Identitas Anak (KIA).

- Tidak semua kegiatan kita harus dipublish di media sosial,  karena ini rawan menjadi sasaran kejahatan. Misalnya nama anak, sekolah anak. Banyak penculik yang memanfaatkan media sosial. 

- Jangan mengambil foto orang lain saat kita ingin mempromosikan produk dagangan kita  usahakan menggunakan foto milik pribadi agar tidak menimbulkan masalah. Menggunakan foto milik orang lain dapat dikenakan pasal. 

- Jangan mudah percaya berita hoax, budayakan membaca dan tabayyun (mencari kebenaran). 


                              



Indozone dot id

Bicara tentang berita, saya punya rekomendasi nih supaya kamu bisa update berita setiap hari. Namanya indozone dot id di sini ada banyak pilihan yang bisa kita baca seperti News, Fakta dan Mitos, Tech, Food, Soccer, Beauty, FYI, Videografik, Infografik, Otomotif, Sport, Life, Health, Travel, Movie, Music, Youtube, Indeks.


Berita terkini bisa kita baca di Indozone.id mulai dari perkembangan virus corona hingga berita selebriti, dan berita menarik lainnya bisa kita baca di Indozone.id. Jika ketinggalan berita minggu ini, kita bisa baca di tab "Viral Sepekan".


Sesuai dengan tag line Indozone.id "The Most Engaging Media for Millennials and GEN Z" semua bisa kita akses di sini. Kita juga bisa beriklan, dan bagi yang ingin mencari lowongan pekerjaan juga bisa melihat peluang karir di Indozone. 


Jadi gimana gais, keputusan ada di tangan kita. Kalian ingin memanfaatkan media sosial untuk hal positif atau menyerap berita negatif dari media sosial? Mending yang positif saja kan. 


3 komentar:

  1. Harus pintar dalam bersosial media ya, lebih baik lagi kalau bisa bermanfaat untuk banyak orang

    BalasHapus
  2. Amazing! I know nothing about traveling all over the country, what a wonderful looking place to explore.
    Visit website: "https://www.ridetransferdirect.com/sv/taxi/transfers/malaga-flygplats/marbella/.

    BalasHapus
  3. Naah pakai medsos memang harus bijak :). Kalo buatku pribadi medsos itu hiburan, untuk menambah pertemanan, mencari info2 ttg hal2 yg aku suka. Makanya kalo ada orang2 yg suka menyebar hoaks di list pertemanan, aku biasanya LGS block. Ga suka dengan orang begini.

    Bagus banget kalo bisa dijadiin tempat menambah pundi2 Rp. Tapi kalo ga mau pun, janganlah dijadiin sebagai tempat debat kusir ATO meneybarkan berita yg kita sendiri belum tahu. Takut jatuhnya fitnah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Rayakan Hari Anak Hebat Nasional

Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Pas banget bertepatan dengan hari Sabtu, saya mengajak si kecil ke Kebun Bina...