Rabu, 17 Januari 2024

Selamat Tinggal Drama Mata Kering

 

Waktu itu ceritanya hampir seharian menatap layar gadget, mataku sangat gatal semakin dikucek semakin gatal. Penasaran ada apa di bawah kelopak mata dan atas dan bawah. Saat kuambil kaca dan sedikit membuka kelopak mata, terlihat seperti gelembung yang berwarna putih. Seperti akan bernanah. Panik dong kenapa mataku, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. 


Sebelumnya aku mau sebutkan beberapa masalah yang pernah ku alami. Diantaranya mata kering, mata pegal, mata sepet. Paling sering sih mata kering, yang salah satu tandanya mata tiba-tiba berair dan gak bisa berhenti. Tiduran aja airmata bisa mengalir ke samping seperti sedang menangis. 


Mata Kering 

Mata Kering adalah suatu kondisi ketika mata tidak menghasilkan air cukup mata. Umumnya mata kering ditandai dengan mata gatal, perih, berair. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penuaan atau penggunaan obat obatan tertentu seperti anti depresan dan pil KB. 


Berikut tanda tanda mata kering:

✅Mata terasa perih

✅Mata memerah

✅Mata terasa lebih sensitif terhadap cahay

✅Sensasi kesat atau berpasir

Sensasi panas, gatal atau perih menyengat 

✅Terasa ada yang mengganjal

✅Penglihatan kabur

✅Mata terasa lelah dan berair tidak bisa dikontrol


Pantesan mataku sering berair padahal sedang tidak menangis. Tadinya aku pikir hal yang biasa, ternyata itu salah satu gejala mata kering. Keluhan mata gatal ini juga sangat mengganggu. Soalnya semakin dikucek semakin gatal. 




Aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering? 

Mata kering, mata lelah dan gatal juga bisa disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer atau layar ponsel karena:

đŸ‘‰Tuntutan pekerjaan

đŸ‘‰Nonton drakor




Solusi mata kering

Solusi untuk mengatasi mata kering dengan membatasi menatap layar gadget. Jika memang kondisi pekerjaan mengharuskan terus menatap layar gadget lakukan istirahat berkala untuk membantu mengurangi ketegangan mata dan mencegah mata kering. Sekarang aku sudah punya #InstoDryEyes sebagai #SolusiMata Kering


Tips mengatasi mata kering lainnya yaitu dengan cara mengalihkan perhatian dari layar gadget setiap 15 sampai 20 menit dan fokus pada sesuatu yang terdekat, kemudian fokus ke jarang yang agak jauh, dan fokus ke jarak jauh baru kembali lagi ke layar gadget. Mengedip ngedipkan mata juga merupakan salah satu cara untuk melumaskan mata agar tidak kering. 




Apabila mata kering tidak diatasi 

Mata kering yang tidak diatasi dengan baik dapat menurunkan kualitas hidup. Karena tidak dapat beraktivitas dengan optimal. Jika terus dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan mata akibat dari peradangan atau infeksi. 


Obat Mata Kering

Saat mengalami mata seperti, pegel dan perih yang merupakan tanda awal mata kering, teman teman biasanya mengobati mata kering dengan cara apa? Saya pribadi sudah punya solusinya, saya selalu sedia Insto Dry Eyes Alhamdulillah jika keluhan mulai muncul saya langsung teteskan Insto Dry Eyes dan mata kembali nyaman. 


Bagi teman-teman yang suka nonton Drakor seharian pastinya pernah juga mengalami mata sepet dan perih. Gimana cara kalian mengatasinya share yuk di kolom komentar. 


Berikut keluhan mata yang sering dialami anggota keluargaku:


Iritasi 

Biasanya disebabkan oleh asap rokok, asap kendaraan dan bisa juga dari parfum tertentu yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal.


Infeksi 

Mata juga rentan terkena infeksi virus bakteri atau jamur bila tidak dijaga kebersihannya. Infeksi mata juga dapat menimbulkan berbagai gejala seperti mata gatal, nyeri dan pandangan menjadi kabur, juga sensitif terhadap cahaya. 


Jika mengalami masalah mata seperti  mata sepet, perih dan kering, cara mudah untuk cepat mengatasi dengan meneteskan Insto Dry Eyes.


Untuk mengatasi masalah mata merah karena iritasi ringan yang disebabkan  oleh panas dan debu juga tersedia Insto Coll yang memberikan sensasi dingin pada mata. 



Namun pada kondisi tertentu jika masalah mata tidak juga reda, sebaiknya teman mengunjungi dokter. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Nikmatnya Bento Ramadan HokBen

Irma Wulansari Communication Dept Head PT Eka Bogainti Tak terasa puasa sudah sampai hari ke 12, waktu begitu cepat berlalu, sudah khatam ti...