Rabu, 29 November 2023

Digitalisasi BRI untuk Indonesia



Ada yang masih ingat kapan pertama kali ke Bank atau mempunyai tabungan pribadi. Sedikit cerita saya mulai bisa menabung sendiri ke Bank sejak mulai bekerja tahun 2000. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah tempat pertama saya menabung hasil kerja saya. Saya jadi penasaran dengan sejarah Bank Rakyat Indonesia dan perkembangannya saat. 


Sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank Rakyat Indonesia biasa kita singkat BRI. BRI adalah badan usaha milik negara yang menyediakan berbagai jasa keuangan. Saat ini BRI memiliki 400+ unit kantor cabang dan  ribuan unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia. BRI juga mempunyai kantor di New York, Hongkong, Singapura, Cayman Islands, Taiwan dan beberapa negara lainnya. 



BRI didirikan 128 tahun lalu tepatnya di Purwokerto 16 Desember 1895 oleh Raden Bei Aria Wiraatmadja. Saat ini kantor pusat BRI berada di Jakarta Selatan. BRI melayani simpanan, pinjaman, kartu kredit, reksadana, asuransi, surat kredit dan modal ventura. 



Berikut beberapa merek tabungan yang ada di Bank Rakyat Indonesia: 

BritAma

✅Junio

✅Simpedes

✅Kupedes

✅Qlola

✅BRILink

✅BRImo

✅Senyum

✅Provestara


Pahlawan UMKM

BRI sebagai pahlawan UMKM ini sudah terbukti dan dirasakan manfaatnya oleh banyak kalangan. Salah satu tetangga saya yang memiliki usaha dagang di pasar, awalnya mendapatkan pinjaman modal melalui pinjaman di Bank Rakyat Indonesia. 


Saat ini usaha tetangga saya masih terus berjalan, hingga dapat membantu perekonomian keluarga. Modal usaha yang awalnya berupa pinjaman saat ini berubah menjadi tabungan, juga sarana untuk menjalankan bisnisnya. Membeli kebutuhan untuk produksi UMKM dan menerima pembayaran menjadi lebih mudah dengan layanan digitalisasi BRI. 


Saya masih ingat juga saat pandemi lalu, banyak UMKM yang terdampak dan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan pemerintah disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia. Saya juga waktu itu mendapat bantuan UMKM dari pemerintah untuk usaha dagang pakaian yang saya jalankan. Sebagai nasabah saya merasa pelayanan dari Bank Rakyat Indonesia cukup baik, cepat dan ramah. Walaupun kondisi saat itu karena banyaknya penerima manfaat sehingga antrian cukup panjang. 


Transformasi Digital

Seiring perkembangan zaman, semua bertransformasi, begitu juga dengan Bank Rakyat Indonesia. Digitalisasi BRI bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu, sumber daya hingga menciptakan beragam ide inovasi. 


BRI berkomitmen menyediakan layanan perbankan yang cepat, mudah dan aman bagi masyarakat. Berbagai strategi dilakukan dengan melakukan inovasi. Salah satunya inovasi layanan kanal digital BRI. 


Diera modern seperti sekarang digitalisasi BRI sangat diperlukan untuk:

Meningkatkan kemampuan pengolahan data.

Menjawab kebutuhan pasar.

Meningkatkan produktivitas. 

Menciptakan pengalaman pelanggan /nasabah yang memuaskan. 


Layanan Digitalisasi BRI 

Salah satu produk andalan Bank Rakyat Indonesia yaitu BRImo. Pengguna BRImo meningkat dua kali lipat sejak tahun 2022.. 


BRImo 

BRImo adalah aplikasi keuangan Digital Bank Rakyat Indonesia berbasis data internet. BRImo memberikan kemudaha  bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi denag  user interface dan user exprerience terbaru. Fitur login facerecognituin, login fingerprint, top up gopay, pembayaran QR dan fitur-fitur menarik lainnya. 


Dengan pilihan source of fund/sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening giro/ tabungan. 


Tujuan pengembangan aplikasi BRI Mobile BRImo versi terbaru adalah untuk mempersiapkan business model baru ke depan ke depan. Pergeseran habit nasabah yang sebelumnya bertransaksi melalui unit kerja BRI kemudian shifting ke ATM dan SMS banking. Diharapkan kedepan seluruh nasabah mulai bertransaksi melalui internet banking. 


Cara daftar BRImo serta aktivasi aplikasi BRImo Mobile Banking BRI ini sangat mudah bisa dilakukan langsung melalui aplikasi BRImo. Tapi jika merasa kesulitan bisa langsung datang ke unit kerja BRI terdekat. Pastinya akan dibantu oleh petugas yang ada. 


Selain itu transformasi digital  BRI juga dapat dilihat melalui upaya menciptakan BRISPOT yang memangkas waktu pemrosesan kredit dari 2 minggu menjadi 1 hari.


Juga tersedia layanan perbankan melalui API platform BRI. BRIAPI telah melayani lebih dari 475 partners.



Sebagai nasabah BRI kita tetap harus waspada karena saat ini banyak sekali modus penipuan. Saat berselancar di dunia maya pun ada banyak akun yang mengatasnamakan BRI. Berikut ciri-ciri akun palsu:

✅Profil picture menyerupai akun resmi namun dengan kualitas rendah,

✅Username akun palsu menyerupai akun resmi namun biasanya terdapat angka dan tidak memiliki tanda verifikasi.

✅Jumlah followers 0 atau lebih sedikit dari jumlah following.

✅Mengarahkan tweet nasabah dengan mengarahkan ke link live chat WhatsApp palsu. 


Di bawah ini WhatsApp resmi BRI👇


sumber foto @kontakBRI


BRI Untuk Indonesia

BRI sebagai pahlawan UMKM dengan Tabungan Simpedes Usaha untuk mendukung berbagai transaksi yang dilakukan pengusaha mikro. Syarat yang diperlukan untuk membuka tabungan Simpedes Usaha adalah WNI, KTP dan NPWP lalu mengisi formulir pembukaan rekening. Dengan setoran awal Rp 500.000.

Bagaimana apakah teman teman punya rencana untuk memulai usaha? Untuk informasi menarik lainnya jangan lupa follow media sosial Bank Rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Pelepasan Ekspor PT Tata Metal Lestari Ke 3 Negara

  Purwakarta 21 Juni 2024  Suatu kebanggaan bagi saya bisa hadir di acara pelepasan ekspor PT Tata Metal Lestari bersama tim Blomil.